Artikel Pilihan

Inilah Manfaat Dan Fakta Tentang Pohon Kaktus yang Belum Diketahui Banyak Orang

ciri ciri pohon kaktus

Kuat dan bisa hidup dimana saja merupakan salah satu ciri dari pohon kaktus. Tanaman yang lebih sering dikenal sebagai tanaman gurun pasir ini memang tidak mudah mati dan bisa beradaptasi dengan tempat dimana ia hidup. Pohon kaktus tidak membutuhkan tempat berair untuk hidup.

Justru pohon kaktus harus di tanam pada tempat yang kering dengan komposisi tanah yang mudah menyerap air. Kebanyakan orang lebih memilih pohon kaktus sebagai tanaman hias karena pohon kaktus mudah sekali di rawat. Bahkan kini mulai banyak jenis kaktus hias yang di perjualbelikan secara bebas secara online.

Manfaat Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: sukabumiupdate.com
Tidak peduli sebanyak apa orang yang membenci pohon kaktus namun tanaman ini tetap memberikan manfaat yang banyak kepada manusia. Dulu pohon kaktus hanya sebuah pohon berduri yang menakutkan. Namun kini pohon kaktus udah berubah menjadi tanaman hias. Sedangkan manfaat yang dimiliki oleh pohon kaktus, yaitu:

1. Bisa menjadi ladang bisnis

Manfaat pertama yang dimiliki oleh pohon kaktus adalah bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Banyak pecinta tanaman yang mulai melirik pohon kaktus untuk di budidayakan lalu dijual kembali dengan harga tinggi. Uniknya bentuk pohon kaktus khususnya tipe kaktus hias membuat bisnis pohon kaktus sangat menguntungkan.

2. Berbagai macam manfaat untuk kesehatan

Pohon kaktus memiliki kandungan hordenine dan tyramine. Dimana kedua senyawa ini berfungsi sebagai penawar racun pada tubuh. Sehingga kebanyakan para ilmuwan mengubah ekstrak pohon kaktus menjadi obat untuk diabetes, tumor, kanker, dan masih banyak lagi. Bahkan jus pohon kaktus bisa menjadi obat penurun berat badan.

3. Bisa dijadikan tanaman hias

Tahukah Anda jika pohon kaktus mini bisa sangat indah ketika di letakkan di dalam ruangan? Ya, kini banyak orang yang menjadikan pohon kaktus mini sebagai tanaman hias. Pohon kaktus mini bisa dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruang tamu, ruang kerja, atau mungkin sebagai tanaman hias di dalam kamar tidur Anda.

Baca Juga :

Fakta Tentang Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: medium.com
Selain memiliki manfaat untuk kehidupan makhluk lain, pohon kaktus juga menyimpan beberapa fakta yang belum di ketahui oleh banyak orang. Mitosnya mungkin sudah pernah Anda dengar, seperti tanaman penolak bala hingga bisa mengangkat derajat seseorang. Sedangkan fakta tentang pohon kaktus adalah:

1. Air dalam pohon kaktus lebih padat

Saat akar menyerap air dari dalam tanah maka air ini akan di teruskan ke bagian batang pohon kaktus. Kemudian air yang semula bentuknya cair dirubah menjadi lebih padat dan berbentuk lendir. Alhasil air yang ada di batang pohon kaktus tidak akan menguap ketika suhu cuaca sudah semakin panas.

2. Warna kaktus tidak hanya hijau

Jika Anda beranggapan jika pohon kaktus selalu berwarna hijau maka anggapan Anda ini salah. Sebab faktanya pohon kaktus memiliki tiga warna yakni hijau, coklat hijau, dan hijau kebiru-biruan. Biasanya pigmen warna pohon kaktus tergantung dimana tanaman ini tumbuh dan berkembang.


3. Memiliki lebih dari 1000 spesies

Di Indonesia hanya ada sekitar 50 jenis pohon kaktus hias dan pohon kaktus biasa. Namun ternyata ini bukan jumlah dari keseluruhan jenis pohon kaktus. Sebab faktanya di seluruh dunia ada sekitar 1.750 spesies pohon kaktus. Dan kebanyakan pohon kaktus ini berasal dari Amerika lalu menyebar ke seluruh dunia.

4. Ukuran pohon kaktus beragam

Mungkin dulu pohon kaktus hanya memiliki satu kuran saja. Namun kini pohon kaktus sudah memiliki beberapa macam ukuran baik itu kecil dan besar. Beragamnya ukuran pohon kaktus ini tergantung dengan jenis pohon kaktus yang Anda miliki. Maksimal panjang pohon kaktus yakni 20 meter dengan berat sekitar 2.000 kg.

Nah, itu tadi empat fakta yang dimiliki oleh pohon kaktus namun belum diketahui oleh banyak orang. Selain menyimpan fakta yang menarik, pohon kaktus juga memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia dan makhluk hidup lain.

Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menanam pohon kaktus di halaman rumah Anda agar udara di lingkungan Anda bisa lebih bersih dan terlindung dari radiasi.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Inilah Manfaat Dan Fakta Tentang Pohon Kaktus yang Belum Diketahui Banyak Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel