Artikel Pilihan

7 Info Menarik Seputar Pohon Kaktus yang Harus Anda Tahu

ciri ciri pohon kaktus

Informasi tentang pohon kaktus sepertinya tidak akan habis untuk di ulik. Tanaman padang pasir ini memang memiliki banyak sekali informasi yang menarik. Apalagi pohon kaktus tidak hanya bisa menjadi tanaman hias namun juga bisa menjadi obat. Salah satu jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan pohon kaktus adalah penyakit kolesterol.

Tidak hanya bisa obat untuk penyakit ringan saja, namun pohon kaktus juga bisa menjadi obat untuk penyakit serius seperti kanker. Jadi tidak heran jika banyak orang yang mulai menanam pohon kaktus untuk di konsumsi ataupun dijadikan tanaman hias. Bagian pohon kaktus yang bisa dikonsumsi yaitu daun dan buahnya.

Info Menarik Seputar Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: jualplastikuv.blogspot.com
Pohon kaktus termasuk jenis tanaman yang mudah untuk dirawat sekaligus mudah untuk dibudidayakan. Banyak pecinta tanaman yang mulai membuat jenis pohon kaktus baru untuk di jadikan tanaman hias. Adapun info menarik seputar pohon kaktus yang harus Anda ketahui adalah:

1. Merupakan tanaman sukulen

Pohon kaktus sering disebut sebagai tanaman sukulen karena kemampuannya dalam menyimpan air. Bahkan hampir semua bagian tubuh pohon kaktus memiliki kemampuan ini. Sehingga ketika musim kemarau panjang pohon kaktus tetap bisa hidup tanpa asupan air karena masih memiliki cadangan air di batangnya.

2. Memiliki lebih dari 2000 varietas

Sering dianggap sebagai tanaman gurun pasir namun ternyata pohon kaktus memiliki lebih dari 2000 varietas yang terdiri dari berbagai macam warna dan bentuk. Pohon kaktus termasuk kedalam keluarga cactaceae dan habitatnya tidak hanya di gurun pasir. Banyak jenis pohon kaktus yang berhabitat di area tropis dan juga sub tropis.


3. Sistem perakaran yang sangat rumit

Akar pada pohon kaktus tidak hanya berfungsi untuk menyerap air namun juga berperan sebagai penahan tanaman agar tidak mudah roboh. Meski akarnya tidak menancap terlalu dalam yakni sekitar 10 cm namun panjangnya bisa mencapai 2 meter. Uniknya sistem perakaran di pohon kaktus sangatlah rumit.


4. Duri pohon kaktus adalah daunnya

Mungkin sebagian pembaca disini masih penasaran dengan daun pohon kaktus. Sama seperti tanaman yang lain, pohon kaktus memiliki daun. Dimana daun pada pohon kaktus itu adalah durinya. Biasanya kecil atau besar duri pohon kaktus tergantung dari jenis pohon kaktus itu sendiri. Ukuran maksimal duri kaktus adalah 15 cm.

Baca Juga :

5. Usia pohon kaktus relatif lama

Jika Anda benar dalam hal merawat pohon kaktus maka tanaman Anda bisa mempunyai umur panjang. Sebab rata-rata pohon kaktus bisa hidup 25 sampai 300 tahun lamanya. Uniknya pohon kaktus memiliki fase tumbuh yang artinya memerlukan sinar matahari secara intens. Dan fase istirahat, dimana pohon kaktus tidak membutuhkan asupan air.

6. Ukuran bunga yang besar

Rata-rata pohon kaktus memiliki bunga yang ukurannya lebih besar daripada batang pohonnya. Biasanya hal ini terjadi pada jenis kaktus hias yang ukurannya kecil. Bunga pohon kaktus biasa mekar pada siang hari dan malam hari. Sedangkan warna dari bunga pohon kaktus sangatlah beragam dan tampak menarik.


7. Bisa berfungsi sebagai reservoir air alami

Pohon kaktus tidak hanya bermanfaat untuk hewan dan manusia namun juga memiliki manfaat untuk lingkungan disekitar ia tinggal. Dimana pohon kaktus bisa menjadi resevoir air alami. Sehingga ketika air sudah masuk ke dalam tubuh pohon kaktus akan berubah menjadi lebih kental dan sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

Tanaman Terbesar dan Terkecil Dari Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: cnnindonesia.com
Sampai saat ini pohon kaktus terbesar masih dipegang oleh pohon kaktus pachycereus yang tingginya mencapai 20 meter. Sedangkan pohon kaktus terkecil adalah pohon kaktus blossfeldia liliputiana yang tingginya hanya beberapa centimeter saja. Pohon kaktus memiliki beberapa bentuk seperti bulat, memanjang, dan juga melingkar.

Nah, itu tadi 7 keunikan yang dimiliki oleh pohon kaktus dan tidak dimiliki oleh tanaman yang lain. Anda bisa menjadikan pohon kaktus sebagai tanaman hias maupun Anda olah menjadi makanan. Sebab mau menjadi tanaman atau makanan, pohon kaktus tetap memberikan manfaat yang positif untuk makhluk di sekitarnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "7 Info Menarik Seputar Pohon Kaktus yang Harus Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel