Artikel Pilihan

5 Jenis Pohon Kaktus Hias yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah

ciri ciri pohon kaktus

Habitat utama dari pohon kaktus adalah gurun pasir. Namun bukan berarti pohon kaktus tidak bisa hidup di tempat lain. Tanaman ini tetap bisa berkembang di area selain gurun namun tidak di area yang terlalu banyak air. Sebab pohon kaktus adalah tumbuhan yang hanya membutuhkan sedikit air untuk hidup.

Pohon kaktus termasuk spesies tumbuhan Mammillaria Xantina yakni tumbuhan yang memerlukan cahaya matahari dan air yang sedikit agar bisa tumbuh. Akan tetapi jika Anda menanam kaktus jangan terlalu sering menjemurnya. Karena hal ini justru bisa mendatangkan berbagai macam hama dan penyakit ke pohon kaktus.


Morfologi Dari Pohon Kaktus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: harga.web.id
Bakteri dan cendana merupakan penyakit yang seringkali menyerang pohon kaktus. Dimana kedua hama ini sangat cepat sekali persebarannya dan harus segera di hilangkan. Untuk menghilangkan bakteri dan cendana cukup dengan memotong bagian pohon kaktus yang sudah terinfeksi.

Sedangkan hama yang sering ada di pohon kaktus adalah kutu dan tungau. Biasanya kutu dan tungau muncul karena proses stek batang yang kurang sempurna. Adapun morfologi pada pohon kaktus yaitu:

1. Batang pohon kaktus

Bentuk batang pohon kaktus umumnya bulat atau silinder dengan panjang mencapai 20 meter lebih. Batang pohon kaktus di lindungi lapisan lilin agar air tidak cepat menguap saat di dalamnya. Sedangkan air yang sudah masuk ke batang pohon kaktus bentuknya berubah menjadi lendir.

2. Daun, bunga, dan buah pohon kaktus

Daun pohon kaktus berfungsi sebagai media fotosintesis. Namun tidak semua pohon kaktus memiliki daun dan bunga jadi proses fotosintesis terjadi pada batang. Biasanya bunga pohon kaktus memiliki berbagai macam warna yang menarik. Sedangkan buah pohon kaktus umumnya berbentuk lonjong atau bulat memanjang.

3. Akar pohon kaktus

Pohon kaktus memiliki tiga jenis akar yakni akar serabut, akar tunggang, dan akar bercabang. Uniknya ukuran akar pohon kaktus mini lebih besar daripada pohon kaktus biasa.

Jenis-Jenis Pohon Kaktus Hias Untuk Tanaman Halaman Rumah

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: thegorbalsla.com 
Rumah yang bersih dan indah pasti nyaman untuk ditinggali. Tanaman hias yang paling cocok di tanam pada area perkotaan adalah pohon kaktus. Adapun jenis-jenis pohon kaktus yang cocok untuk tanaman halaman rumah adalah:

Baca Juga :

1. Pohon kaktus mamillariea fraileana

Pohon kaktus mamillariea fraileana cocok ditanam di sekitar pagar rumah. Tampilannya yang sangat ramai dan cukup mencolok akan membuat tampilan pagar rumah Anda lebih bewarna. Seluruh bagian pohon kaktus mamillariea fraileana di tutupi oleh duri dan bunga serta beberapa batang yang tumbuh keluar.

2. Pohon kaktus melocactus

Melocactus juga sering di sebut sebagai kaktus mahkota. Ini karena pada bagian atas batangnya terdapat mahkota yang terbentuk dari susunan batang. Sedangkan pada keempat sisinya ditumbuhi duri dengan ukuran kecil dan tersusun sangat rapi.

3. Pohon kaktus mammillaria elongata var. intertexta

Apabila Anda mencari jenis kaktus yang cepat berbunga maka mammillaria elongata var. intertexta jawabannya. Keunikan utama yang dimiliki oleh pohon kaktus ini adalah duri merah yang tumbuh di seluruh bagian batang pohon kaktus. Ada dua ukuran pohon kaktus ini yakni besar dan kecil.

4. Pohon kaktus mammillaria elongata

Masih dari keluarga kaktus mamillaria, ada pohon kaktus mammillaria elongata yang cocok di tanam pada halam rumah dengan sinar matahari yang tidak begitu intens. Ya, pohon kaktus ini tidak bisa hidup di area yang terlalu panas. Ukuran pohon kaktus mammillaria elongata sekitar 20 cm dengan duri kuning di seluruh batangnya.

5. Pohon kaktus haworthia attenuata

Sekilas pohon kaktus haworthia attenuata ini mirip dengan tanaman lidah buaya. Bentuknya memang hampir sama, namun ada motif garis belang di bagian batang kaktus ini. Selain itu pohon kaktus haworthia attenuata juga memiliki duri dipinggir batangnya dan merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Selatan.

Pohon kaktus memang mudah untuk dirawat dan dibudidayakan. Jadi tidak heran apabila banyak pecinta tanaman yang menjadikan kaktus sebagai tanaman hias. Bahkan kini pohon kaktus hias sudah menjadi ladang bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Apalagi bentuknya sudah mulai bervariasi dan beraneka macam.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Pohon Kaktus Hias yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel