Artikel Pilihan

10 Tanaman Bonsai Paling Unik

Ada banyak sekali tanaman yang bisa Anda tanam di rumah Anda untuk mempercantik halaman dan juga ruangan. Salah satunya adalah Tanaman Bonsai Serut, tanaman seperti ini memang cukup bagus dan recommended untuk dijadikan tanaman hias. Anda tidak perlu bingung mengatur letaknya karena tanaman hias ini bisa Anda letakkan di luar maupun di dalam ruangan.

Cara perawatannya pun sangat mudah, bahkan beberapa jenis bonsai ada yang tidak memerlukan banyak air sehingga sangat aman jika Anda lupa tidak menyiramnya dalam beberapa hari. Anda juga tidak perlu kawatir untuk lokasi penyimpanannya karena beberapa jenis bonsai bisa diletakkan dalam sebuah pot. Sehingga Anda tidak perlu menyiapkan lahan yang luas.

Tidak ada salahnya sebelum membeli tanaman bonsai, Anda harus mencari informasi berkaitan dengan apa saja kebutuhannya, cara merawat, hingga menentukan hal lainnya kepada yang lebih berpengalaman. Karena tanaman yang istimewa juga butuh penanganan yang istimewa.



Tanaman bonsai serut ini memiliki banyak jenis, dan beberapa lainnya sudah dijelaskan di artikel sebelumnya, kali ini 10 jenis bonsai yang paling unik Kami rangkum di bawah ini:

1.Waru (Hibiscus tiliaceus)

waru
Sumber : nusabudidaya.com

Waru atau nama lainnya Sea Hibiscus (Hibiscus tiliaceus) merupakan tanaman yang unik dengan warnanya yang putih dan biasa ditanam di tepi jalan sebagai peneduh. Meski pohonnya terlihat tebal tapi ternyata akarnya tidak terlalu dalam sehingga tidak merusak bangunan maupun jalan aspal di sekitarnya.


2.Kacapiring (Gardenia jasminoides)

kaca piring
Sumber : sobatbonsai.blogspot.com

Bonsai Kacapiring (Gardenia jasminoides) banyak yang mengenalnya dengan nama Gardenia, tanaman ini merupakan salah satu tanaman perdu suku kopi-kopian. Memiliki bunga yang berwarna putih dan aroma yang harum. Jika dilihat dengan lebih detail bunga ini sangat mirip dengan bunga melati.


3.Phusu (Celtis nervosa)

Tanaman bonsai Phusu atau nama lainnya adalah Celtis nervosa ini merupakan salah satu spesies pohon gugur yang biasa dikenal sebagai pohon Hackberry atau Jelatang. Pohon phusu banyak sekali ditemukan di belahan bumi utara, seperti Eropa selatan, Asia Selatan dan Asia Timur, ada juga di Amerika Utara, Afrika Tengah, hingga Amerika Selatan di bagian Utara dan juga Tengah.
Tanaman Celtis ini muncul pertama kalinya dalam catatan fosil, saat zaman Miosen di Eropa, dan juga zaman Paleosen di Amerika Utara dan Asia Timur.

Baca Juga :


4.Randu Alas (Bombax ceiba)

Pohon Randu Alas merupakan salah satu bonsai serut yang mampu tumbuh hingga ukuran yang sangat besar. Pohon yang dianggap suci oleh umat Hindu ini sering ditanam di dekat bangunan-bangunan suci. Seperti sejarahnya dahulu saat ditemukannya Candi Pawon ternyata pohon Randu Alas ini juga tumbuh di reruntuhan sekitar bangunan tersebut.


5.Kamelia (Camellia)

Bonsai yang paling unik kelima adalah Kamelia, tanaman yang masih keluarga Theaceae ini merupakan tanaman berbunga yang pertama kali ditemukam di daerah Asia Timur dan Selatan, juga Himalaya Timur, Jepang, dan juga Indonesia. Memiliki jumlah spesies sekitar 100 hingga 300 yang sudah dideskripsikan dan ada sekitar 3.000 hibrida yang sempat tercatat.


6.Cucur Atap (Baeckea frutescens)

Selanjutnya adalah tanaman Cucur Atap atau Baeckea frutescens, tanaman ini biasa digunakan sebagai obat tradisional di Indonesia. Olahan dari bagian kayunya sudah sering digunakan sebagai bahan untuk membuat obat gosok, bedak, dan juga jamu. Banyak sekali manfaat dari tanaman ini, karena selain mampu mengatasi penyakit juga bagus sebagai objek bonsai. Biasanya objek bonsai ada di Asia dan Australia karena keindahan bonsai nya.


7.Sikat Botol (Callistemon citrinus)

Namanya sangat unik, Sikat Botol. Ini merupakan salah satu tanaman endemik yang ada di New South Wales dan Victoria Australia. Pohonnya terbilang sangat kuat dan juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar, saat ini keberadaannya sudah mulai semakin banyak karena banyaknya yang membudidayakan tanaman ini. Awalnya,  pohon ini memiliki nama latin Callistemon citrinus, namun sekarang namanya menjadi Melaleuca citrina.


8.Anggur Brazil (Plinia cauliflora)

Namanya saja Anggur, Anda pasti sudah membayangkan anggur yang segar dimakan bukan? Benar sekali, tanaman bonsai jenis ini memang salah satu spesies pohon buah yang buahnya bisa dimakan.



Anggur Brazil (Plinia cauliflora) atau nama lainnya Jaboticaba, ini berasal dari negara bagian Minas Gerais, Goiás dan São Paulo yang ada di Brazil. Mirip dengan spesies Myrciaria, dan namanya hampir sama.


9.Wareng (Gmelina elliptica)

Bonsai yang satu ini sering dianggap sebagai semak belukar yang mengganggu di Queensland, Australia, padahal sangat bagus jika dimanfaatkan sebagai tanaman pagar, tanmaan hias, dan juga bonsai.


10.Kaliage (Maclura cochinchinensis)

Kaliage atau Pohon Sisir (Maclura cochinchinensis) lebih dikenal sebagai semak berduri liar yang banyak tersebar di Cina, Indonesia, Malaysia, dan Australia. Kaliage banyak sekali ditemukan di Negara tropis atau hutan hujan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik ingin memiliki salah satu dari bonsai di atas?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "10 Tanaman Bonsai Paling Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel