Artikel Pilihan

10 Varietas Tanaman Bonsai yang Tak Kalah Unik

Anda masih bingung memilih jenis Tanaman Bonsai Serut yang akan Anda gunakan sebagai penghias ruangan Anda? Memang jika dilihat sekilas semuanya memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Namun sebenarnya mereka juga memiliki keistimewaan yang berbeda-beda sehingga Anda bisa menilainya dari poin ini.

Namun sebelum membeli tanaman bonsai sebaiknya Anda ketahui dahulu karakteristik, habitat, kandungan pH tanahnya, cuaca , hingga bagaimana cara perawatan yang benar. Tentu saja karena tanaman bonsai tanaman unik dan istimewa.




Beberapa Tanaman bonsai serut yang sangat cocok untuk ruangan Anda adalah:

1.Bodhi (Ficus religiosa)

Bodhi
gramho.com
Bodhi Tree atau Bo Tree (Ficus religiosa) merupakan salah satu spesies pohon yang berasal dari sub-benua India, Barat Daya Tiongkok, dan juga Indochina. Tanaman ini masuk dalam spesies Moraceae, keluarga Ara dan Mulberi. Selain Bodhi Tree ternyata tanaman ini dikenal dengan banyak nama seperti Bodhi, Bo, Pippala, Peepal, Ashwattha, Ara Suci, dan banyak lagi di daerah lainnya.

2.Kawista (Limonia acidissima)

kawista
Sumber : tamanbonsai.com
Pohon Kawista ini merupakan pohon dari kerabat pohon maja (Aegle marmelos), pohon yang kuat dan tahan terhadap hama ini sangat mudah beradaptasi meski hidu pdi lingkungan tanah yang kurang memadai. Pohon ini termasuk dalam suku jeruk-jerukan.

Baca Juga :


3.Pacar Cina (Aglaia odorata)

Tanaman yang satu ini memiliki banyak nama selain Pacar Cina ada juga yang menyebutnya Pacar Culan, Kemuning Cina, atau Bhangear Cina. Tanaman ini merupakan tanaman perdu yang berasal dari keluarga Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini biasa disamakan dengan pohon Kemuning meski sebenarnya keduanya ini sangat berbeda..

4.Walisongo (Schefflera arboricola)

Anda pasti sedikit terkejut dengan namanya bukan? Nama Walisongo ini sepertinya hanya ada di Indonesia karena nama umumnya adalah Dwarf Umbrella Tree. Merupakan tanaman keluarga Araliaceae yang berasal dari Taiwan dan juga Hainan. Daunnya lebih kecil dibanding kembarannya yaitu pohon Payung Australia (Schefflera actinophylla).

5.Kayu Putih (Melaleuca linariifolia)

Tanaman bonsai selanjutnya adalah Kayu Putih atau nama lainnya Snow-in-summer, dengan nama latin Melaleuca linariifolia. Merupakan tanaman yang masih dalam kerabat Myrtaceae yang banyak tersebar di daerah New South Wales dan Queensland, Australia.

6.Sikas (Cycas)

Selanjutnya adalah bonsai yang berbentuk palem. Palem Sikas atau Pakis Haji, tanaman ini merupakan tumbuhan dengan biji terbuka yang masih keluarga Cycas dengan suku Cycadaceae. Di Indonesia, tanaman cycas yang paling banyak dijumpai adalah Cycas rumphii, Cycas javana, dan juga Cycas revoluta (Sikas Jepang).

7.Dedalu Tangis (Salix babylonica)

Tanaman bonsai yang menarik selanjutnya adalah Dedalu Tangis, memiliki daun yang menjuntai membuatnya semakin indah, dikenal sebagai salah satu spesies pohon willow yang berasal dari Cina Utara. Namun negara di daerah lain seperti Asia sudah mulai membudidayakannya selama lebih dari ribuan tahun. Juga sudah diperdagangkan di banyak negara.

8.Yew (Taxus)

Bonsai yang memiliki usia cukup panjang ini dikenal dengan nama Yew atau Taxus. Merupakan tanaman genus conifer, bisa tumbuh hingga usia lebih dari 1000 tahun. Tingginya bisa mencapai 20 meter dan diameter batang 5 meter.

Namun perlu diperhatikan karena tanaman bonsai yang satu ini ternyata sangat beracun bisa menyebabkan kematian dan hingga saat ini belum ada penawar untuk racun dari bonsai Yew. Jadi sepertinya Anda tidak perlu menanam bonsai yang satu ini ya.




9.Cedar atau Tsugi (Cryptomeria)

Bonsai dengan nama Cedar atau Tsugi ini merupakan salah satu genus conifer yang termasuk dalam keluarga Cupressaceae. Banyak yang menganggap bahwa pohon ini merupakan pohon endemic Jepang.

10.Arborvitaes (Thuja)

Tanaman bonsai yang terakhir adalah Arborvitaes atau lebih mudah dengan sebutan pohon Thuja, salah satu genus pohon konifer yang memiliki lima spesies, dua spesies diantaranya berasal dari Amerika Utara dan yang tiga lainnya berasal dari Asia timur.

Banyak sekali pilihannya bukan? Apakah Anda tertarik dari salah satu bonsai di atas? Jangan lupa perhatikan juga anggaran yang Anda miliki untuk membeli bonsai karena bonsai jenis ini terkenal memiliki harga yang tinggi. Jadi bijaklah dalam membeli.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "10 Varietas Tanaman Bonsai yang Tak Kalah Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel