Artikel Pilihan

10 Jenis Tanaman Bonsai yang Recommended

Tanaman Bonsai Serut memang tanaman yang cukup bagus dan recommended untuk dijadikan tanaman hias. Bisa Anda letakkan di luar maupun dalam ruangan. Cara perawatannya pun tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda tidak perlu kawatir karena beberapa jenis bonsai ada yang berukuran kecil sehingga Anda hanya perlu meletakannya di dalam pot saja.

Namun sebelum membeli tanaman bonsai sebaiknya Anda ketahui dahulu karakteristik, habitat, kandungan pH tanahnya, cuaca , hingga bagaimana cara perawatan yang benar. Tentu saja karena tanaman bonsai tanaman unik dan istimewa.

Tanaman bonsai serut ini memiliki keunikan tersendiri. Ada banyak jenisnya seperti:

1.Santigi (Phempis acidula)

santigi
Sumber : rodoireng.blogspot.com

Santigi merupakan salah satu tanaman bonsai yang berbentuk semak belukar. Meskipun begitu, tanaman ini cukup populer karena bentuknya yang indah dan menarik. Tanaman jenis ini sangat banyak ditemukan di pesisir pantai daerah tropis Indonesia. Tanaman Santigi biasa tumbuh di tanah yang berpasir, berkapur, dan tak jarang juga tumbuh di sela-sela karang.



2.Fukien Tea (Carmona retusa)

fukien tea
Sumber : pinterest.com

Fukien Tea atau biasa di sebut sebagai Pohon Hokianti merupakan tanaman liar yang tumbuh di Asia timur dan Tenggara, penyebarannya cukup luas, mulai dari India, Indonesia, Cina, Taiwan, hingga ke Negara Jepang, Malaysia, dan juga Australia. Pohon yang menyukai kawasan lahan kering ini biasanya menyerap lebih banyak sinar matahari bahkan selama seharian penuh.

3.Jade (Portulacaria afra)

Tanaman bonsai selanjutnya adalah Jade (Portulacaria afra) tanaman yang dikenal sebagai Elephant Food atau Spekboom ini merupakan tanaman skulen yang berasal dari Afrika Selatan dan karena spesiesnya yang tidak banyak maka kini mulai dibudidayakan dibanyak daerah tropis dan juga subtropics yang ada di seluruh dunia.

Baca Juga :

4.Beringin (Ficus)

Selanjutnya jenis bonsai yang keempat adalah Ficus, ini adalah genus tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis. Dan sudah ada sekitar 850 spesies Ficus yang telah di deskripsikan.

Spesiesnya ini memiliki banyak ciri diantaranya berupa pohon kayu, semak, tumbuhan menjalar hingga epifit serta hemi-epifit. Di Indonesia sendiri, yang termasuk dalam spesies Ficus adalah Beringin Lokal, Beringin Kimeng, Ampelas, Loa, Beringin Dolar, dan juga Bodhi.

5.Cemara (Juniperus)

Bonsai yang kelima adalah Cemara atau nama latinnya Juniperus, merupakan tumbuhan runjung dengan total sekitar 50-70 spesies dan sudah tersebar hingga ke seluruh dunia. Pohon ini memiliki karakteristik yang cukup kuat dan berusia cukup panjang, itulah kenapa pohon ini sangat cocok sebagai tanaman bonsai bahkan sudah sejak dahulu.

6.Pinus (Pine)

Pohon pinus merupakan genus pohon yang sama seperti Juniperus. Memiliki sekitar 35 spesies dan sebagian besarnya banyak tumbuh di belahan bumi Utara. Tanaman Pinus ini memiliki kemampuan hidup di kondisi yang panas kering dan juga dingin, bahkan usianya juga bisa sampai ribuan tahun tergantung spesiesnya.

7.Maple (Acer)

Tanaman Maple atau Acer sangat banyak tumbuh di wilayah Asia subtropis. Banyak di Negara Jepang, China, dan juga Korea. Banyak spesiesnya beberapa ada yang berbentuk kecil hingga semak belukar. Ketinggiannya mencapai 5 hingga 10 meter. Bonsai jenis ini memiliki daun dengan warna yang terang, sangat unik dan menarik sehingga membuat banyak orang tertarik menanamnya di halaman rumah.

8.Azalea (Rhododendron)

Tanaman bonsai Azalea atau dikenal dengan Saliyah merupakan jenis bonsai yang tumbuh di wilayah beriklim sedang seperti di Asia Timur dan juga Amerika Utara. Namun karena keindahan bunganya, saat ini sudah banyak yang membudidayakannya hampir di seluruh dunia. Anda bisa melihat ada banyak sekali variasi bunga yang dihasilkannya.




9.Anting Putri (Wrightia religiosa)

Tanaman bonsai yang recommended selanjutnya adalah Anting Putri dengan nama latinnya Wrightia religiosa. Tanaman bonsai ini memiliki penyebaran dari Indonesia, Cina, hingga ke Vietnam. Sepertinya banyak daerah yang menjadi habitat bagi bonsai satu ini.

10.Kesemek (Diospyros kaki)

Kesemek merupakan salah satu tanaman yang cukup dihargai di Tiongkok, memiliki nama lain Diospyros kaki dan dalam bahasa inggrisnya dikenal sebagai Oriental Japanese Persimmon atau Oriental Chinese Persimmon.

Itulah tadi 10 jenis bonsai yang sangat banyak dicari di kalangan masyarakat saat ini. Ada banyak lagi jenis bonsai yang harus Anda ketahui. Simak di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "10 Jenis Tanaman Bonsai yang Recommended"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel