Artikel Pilihan

Ciri Ciri Tanaman Bonsai Serut yang Ada di Alam Liar

Bonsai Serut
Sumber: medium.com
Tahukah Anda bahwa ternyata pohon serut memiliki banyak sekali manfaat untuk Kita? Di Thailand, pohon seperti ini dianggap memiliki kepentingan tersendiri, sangat berperan penting dalam proses pembuatan kertas, bahkan hal ini sudah berlangsung cukup lama sejak 700 tahun yang lalu. Semua dokumen penting pada jaman dahulu, di Thailand semuan menggunakan kertas yang terbuat dari serat kulit pohon serut.

Ini membuktikan begitu pentingnya tanaman bonsai serut kala itu. Teks Buddhis dan juga catatan lainnya yang ditulis sebelum abad ke-20 dinamakan sebagai Khoi. Ternyata alasan utama kenapa menggunakan kulit tanaman serut dalam catatan kuno karena teksturnya yang kuat dan tahan lama, bisa bertahan meski di cuaca yang lembab maupun panas. Buktinya tidak mudah terbakar dan juga tidak mudah terkena jamur serta terserang serangga.

Sementara itu di Vietnam, untuk menghaluskan kayu mereka memanfaatkan daun tanaman serut yang bertekstur sedikit kasar dan dijadikan sebagai amplas alami meski hasilnya tidak seperti amplas pada umumnya namun amplas jenis ini lebih aman dan ramah lingkungan.



Pohon serut yang berukuran sedang ini banyak berasal dari daerah tropis seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, Kamboja, India, dan Sri Lanka.Nama lain dari pohon serut ini cukup banyak seperti Serut, Khoi, Toothbrush Tree, hingga Siamese Rough Bush. Sementara di Filipina dikenal dengan nama Bogta-e, Kalyos, dan Bogtalay. Di India pula Daheya, Dahia, Rusa, Sahora, Sihora, dan Karchanna. Di Sansekerta juga memiliki nama lain seperti Akshadhara, Bhutavasa, Bhutavriksha, Dhukavasa, Gavakshi, dan Karkashachhada.

Tanaman bonsai serut ini berbeda dari tanaman lainnya. Ada banyak ciri-ciri yang bisa Anda lihat dari pohon serut seperti:

1.Bunga

Bunga dari tanaman serut berbeda dengan tanaman lainnya, bunganya berbentuk bulat, dan berwarna hijau kekuningan. Namun, terkadang ada juga yang berwarna putih, munculnya tidak di ujung tangkai maupun ranting, tapi justru muncul di slempitan di antara dedaunan.

2.Daun

bonsai serut
Sumber: dekoruma.com
Daun dari tanaman serut ini memiliki tekstur sedikit kasar dan berbentuk lonjong hingga bulat tergantung jenisnya. Daunnya ada yang kecil ada juga yang besar, tergantung jenis tanamannya. Runcing di bagian ujungnya dengan tepi daun yang bergerigi, tebal dengan panjang lebih kurang 3 hingga 7 cm, dan diameter 1,5 hingga 2,5 cm.

Baca Juga :


3.Buah

Tanaman serut juga memiliki buah, buahnya berbentuk bulat dengan besar hanya 8 hingga 10 mm saja. Warnanya hijau saat masih muda dan berubah menjadi kuning keorenan saat mulai matang. Rasanya manis saat buah sudah matang.

4.Pohon Serut

Umumnya pohon serut ini mampu mencapai ketinggian sekitar 4 hingga 8 meter, daunnnya cukup lebat dan memiliki cabang yang cukup banyak dengan berbengkok-bengkok. Pohon serut banyak ditemukan dan biasanya lebih banyak ada di lahan terbuka yang sedikit kering seperti perkebunan, sabana, dan lainnya.

5.Manfaat Pohon Serut

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pohon serut, berbagai masalah dari masalah kesehatan ringan hingga yang berat bisa dibantu dengan memanfaatkan pohon serut. Contohnya:

  • Mampu mengobati penyakit filiarisis dan kusta
  • Mampu mengatasi masalah sakit gigi
  • Mampu mengatasi masalah diare
  • Mampu mengatasi kanker





Inilah asal muasal kenapa tanaman serut dijuluki sebagai Pohon Sikat Gigi (Toothbrush Tree) di Thailand, karena di abad ke-20 banyak yang menggunakan bahan baku pohon serut sebagai pasta gigi herbal.

Kandungan yang terdapat pada pasta gigi tanaman serut ini mampu mematikan bakteri dan bisa membunuh mikroorganisme perusak gigi yang melibatkan infeksi oral dan nasofaring dan terutama Streptococcus mutans.

Ekstrak dari daun serutnya juga menunjukkan memiliki aktivitas bakterisidal selektif terhadap Streptococcus, terutama untuk Streptococcus mutans yang telah terbukti sangat terkait dengan karies gigi.

Di Asia Tenggara pula, kayu dari pohon serut ini digunakan sebagai campuran dari cannabis yang dipercaya mampu mengurangi terjadinya iritasi tenggorokan. Selain itu, kandungan protease pada pohon serut juga mampu digunakan sebagai enzim pembekuan susu.

Banyak sekali ciri-cirinya bukan? Selain bisa sebagai penghias ruangan dan taman, ternyata pohon serut juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Tanaman Bonsai Serut yang Ada di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel