Artikel Pilihan

5 Spesies Pohon Untuk Membuat Bonsai Bagi Pemula

Bougainvillea Bonsai

Sebagian besar bonsai terbuat dari pohon-pohon berkayu yang memiliki usia panjang dan dapat beradaptasi dengan berbagai tanah. Pada zama kuno, bonsai dibuat dari pohon-pohon liar yang tumbuh di hutan seperti Pinus, Cemara, dan beragam pohon berkayu keras lainnya.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak seniman bonsai menggunakan spesies tanaman lain yang sebelumnya tidak digunakan seperti pohon penghasil buah dan bunga.

Pohon bonsai yang digunakan seniman bonsai pun bukan pohon sembarang, itu biasanya pohon yang memiliki filosofi dalam, pohon langka, dan pohon sakral yang digunakan pada acara adat atau keagamaan. Pohon-pohon tersebut dipilih seniman untuk mendapatkan nilai seni yang lebih tinggi.



Seperti yang sudah CCP posting pada artikel sebelumnya dengan judul Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya juga 22 Spesies Pohon Bonsai Dengan Daun Berwarna Cerah. Pohon-pohon yang digunakan tersebut umumnya pohon yang jarang kita jumpai di sekitar atau pohon endemik negara tertentu yang hanya tumbuh di iklim terpilih.

Artinya bonsai memang bukan sekedar mengerdilkan pohon akan tetapi menciptakan keunikan dan perbedaan. Itulah yang akan membuat orang-orang terpana dan kagum melihatnya.

Tapi tentu saja, bonsai yang dibuat dari pohon yang tidak umum mengharuskan seniman untuk mengetahui karakteristik dari pohon tersebut. Mulai dari apa-apa yang disukai dan bagimana pertumbuhannya di alam liar (meliputi cuaca, kandungan pH tanah, jenis tanah, ketinggian tanah dari laut, dan banyak hal lainnya).

Jika kamu tertarik dan baru saja terjun ke dunia bonsai, pohon-pohon yang tidak umum bukanlah pilihan yang tepat. Sulitnya memelihara dan faktor pengetahuan pemeliharaan dapat memperlambat proses perawatan dan pembentukan pohon tersebut menjadi bonsai yang indah.

Dibawah ini, CCP telah mengumpulkan spesies-spesies pohon yang terbukti bisa dibuat menjadi bonsai. Pohon-pohon ini sangat mudah ditemukan di hutan sekunder, kebun kering, membelinya dari toko penjual tanaman hias, atau meminta cangkok/stek batang dari tetangga yang memiliki.

Nah inilah 5 Spesies Pohon Untuk Membuat Bonsai Bagi Pemula :


1. Beringin


Bonsai Beringin (Ficus benjamina)
Source : flickr.com/Scott Schryvers (Omaha Botanical Society - in training since 2008)

Nama latin : Ficus benjamina
Penyebaran : Asia beriklim tropis
Pemeliharaan : Mudah
Kebutuhan : Sinar matahari sepanjang hari & penyiraman sehari sekali

Beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Pohonnya dapat tumbuh besar dan ia sering kali dianggap memiliki penghuni atau 'demit' dari mitos masyarakat lokal.

Tapi tahukah kamu bahwa pohon beringin sering digunakan oleh seniman bonsai di seluruh dunia?

Ya, pohon ini disebut "Weeping Fig" dalam bahasa Inggris, menjadi primadona pebonsai profesional maupun pemula yang baru belajar. Itu karena pemeliharaan pohon beringin sangat mudah dan pertumbuhannya yang terbilang cepat. Pohon beringin juga toleran terhadap kekeringan, lembap, dan berbagai macam tanah, juga ia bisa tumbuh dengan sedikit tanah atau pada kondisi tanah yang buruk.
Back to Content



2. Lantana


Bonsai Lantana (Lantana camara)
Source : flickr.com/thisfeministrox (Courtesy of Bowie Bonsai Club - in training since 2007)

Nama latin : Lantana camara
Penyebaran : Seluruh dunia beriklim tropis
Pemeliharaan : Mudah
Kebutuhan : Sinar matahari sepanjang hari & penyiraman sehari sekali

Lantana adalah spesies tanaman berbunga dari famili Verbenaceae, yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini tumbuh liar di daerah dengan ketinggian 1.500 m dpl dan memiliki banyak percabangan hingga membuatnya tampak menjadi semak dengan tinggi rata-rata 1-5 meter.

Di negara kita, Lantana disebut dengan nama "Tahi Ayam atau Tembelekan" dan ia tumbuh hampir diseluruh daratan nusantara. Saking liarnya tanaman ini, sampai-sampai dianggap gulma yang mengganggu lahan pertanian.
Back to Content



3. Hokianti


Bonsai Hokianti (Carmona retusa)
Source : flickr.com/yellowcabbit (Chinese Collection 122 - in training since 1916)

Nama latin : Carmona retusa
Penyebaran : Asia beriklim tropis
Pemeliharaan : Mudah
Kebutuhan : Sinar matahari sepanjang hari & penyiraman sehari sekali

Tanaman yang satu ini juga sering digunakan oleh seniman bonsai profesional seperti halnya beringin. Hokianti adalah tanaman asli Asia timur dan tenggara mulai dari India, Indonesia, Cina, Taiwan, Jepang, Malaysia, Australia, Papua, dan Kepulauan Solomon.

Pertumbuhannya di belantara konsisten, karena ia hanya menempati lahan-lahan kering dan jarang tumbuh di hutan yang lembap. Tanaman yang disebut dengan nama "Fukien Tea" ini juga seringkali diambil dari alam untuk menjadi bonsai seperti gambar diatas.
Back to Content



4. Bungur


Bonsai Bungur (Lagerstroemia indica)
Source : flickr.com/Tangled Bank (Heathcote Botanical Gardens - Florida)

Nama latin : Lagerstroemia indica
Penyebaran : Seluruh dunia beriklim tropis
Pemeliharaan : Mudah
Kebutuhan : Sinar matahari sepanjang hari & penyiraman sehari sekali




Bungur atau Sakura Lokal juga dikenal sebagai "Crape Myrtle" dalam bahasa Inggris adalah spesies tanaman berbunga dari genus Lagerstroemia dalam keluarga Lythraceae. Tanaman ini berasal dari anak benua India, dan telah dibudidayakan di hampir seluruh negara di dunia dengan iklim tropis dan subtropis.

Dalam dunia bonsai, pohon ini cukup terkenal dan banyak digunakan oleh seniman bonsai. Di Inggris, bungur telah memperoleh Penghargaan Perkebunan dari Royal Horticultural Society.
Back to Content



5. Bunga Kertas


Bonsai Bunga Kertas (Bougainvillea)
Source : flickr.com/M.V. Jantzen (North American Pavilion in training since 1985)

Nama latin : Bougainvillea glabra
Penyebaran : Seluruh dunia
Pemeliharaan : Mudah
Kebutuhan : Sinar matahari sepanjang hari & penyiraman sehari sekali

Berasal dari Amerika Selatan, pohon bunga kertas sering ditanam di taman, halaman rumah, kawasan kompleks, dan banyak tempat lainnya. Pada saat berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan daunnya. Bugenvil disebut bunga kertas karena bentuk bunganya yang tipis dan mempunyai kertas.

Ada banyak kultivar dari bunga kertas yang terus dibudidayakan sebagai tanaman hias karena memiliki warna-warni yang indah seperti ungu, merah, oranye, kuning, hingga putih.
Back to Content



Ke 5 Spesies Pohon Untuk Membuat Bonsai Bagi Pemula diatas adalah pohon-pohon yang bisa kita jumpai di kebun liar disekitar rumah atau di lahan-lahan terbuka seperti persawahan juga tepi rawa dan sungai. Kesemuanya sangat mudah dipelihara, bahkan saat cuaca musim kemarau pohon-pohon tersebut masih bisa hidup subur.



Menariknya lagi, kesemua pohon diatas bisa diperbanyak dengan cara stek batang, yang dapat mempermudah kamu mendapatkan bahannya dari alam liar atau memintanya dari tetangga. Media tanam atau tanah untuk penanamannya pun tidak pilih-pilih seperti halnya pohon-pohon tak umum, 5 Spesies Pohon Untuk Membuat Bonsai Bagi Pemula diatas bisa ditanam hanya menggunakan tanah kebun biasa.

Akan tetapi, penempatan perlu diperhatikan agar pohon bisa subur dan berdaun lebar. Semua yang ada dalam daftar diatas adalah tanaman yang sangat cocok ditempatkan dibawah sinar matahari langsung. Ia akan subur jika tumbuh dibawah matahari tanpa terhalang naungan.

Btw, mana pohon yang jadi pilihan kamu?

Belum ada Komentar untuk "5 Spesies Pohon Untuk Membuat Bonsai Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel