Artikel Pilihan

Penyakit yang Menyerang Pohon Apel dan Cara Mengatasinya

Pohon Apel
Di Indonesia, anda akan sangat sulit menemukan pohon apel karena iklim dan cuaca sebagian besar daerah di Indonesia tidak cocok untuk tanaman tersebut. Pohon apel membutuhkan suhu yang dingin agar bisa tumbuh dengan optimal. Provinsi yang menjadi komoditas apel adalah Aceh, sebagian jawa, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan. 

Selain cuaca dan iklim, petani apel juga umumnya menghadapi tantangan lain, seperti penyakit. Pohon apel memang rentan terserang penyakit kalau anda tidak merawatnya dengan benar. Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang pohon dengan nama latin Malus domestica ini, yang umumnya disebabkan oleh jamur, bakteri, dan virus. 

Pohon Apel Rentan Terhadap Penyakit Ini 

Pohon Apel
Sumber: Unsplash.com

1. Penyakit Embun Tepung 

Penyakit pertama yang dapat menjangkiti pohon apel adalah penyakit embun tepung atau lebih dikenal dengan nama poewdery mildew. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur yang bernama Padosphaera dan Stadia. 

Kedua jamur tersebut akan membuat bagian daun apel terlihat putih. Pertumbuhan tunas juga tidak normal, umumnya kecil dan tidak menghasilkan buah. Kalaupun berbuah, ada bercak cokelat pada buah. 

Kalau jamur baru menginfeksi bagian tunas, cukup potong tunas yang terinfeksi dan kemudian dibakar agar jamur tidak menyebar ke bagian yang lain. Namun, anda dapat menggunakan fungisida kalau sudah parah. 

Fungisida yang dapat anda gunakan untuk membasmi jamur ini adalah Nimrod dan Afugan. 

2. Penyakit Bercak Duan 

Penyakit bercak daun dikenal juga dengan nama Marssonina coronaria J.J. Davis. Seperti namanya, penyakit ini menibulkan gejala bercak pada daun. Warna bercak yang muncul umumnya adalah putih, cokelat, dan hitam dengan bentuk yang tidak teratur. 

Penyakit ini biasanya menyerang daun yang berumur 4 sampai 6 minggu. Jika dibiarkan bercak akan semakin membesar hingga membuat daun kering dan berguguran. 

Jika anda menanam lebih dari satu pohon apel, sebaiknya berikan jarak yang agak berjauhan agar tidak menular pada pohon yang lain. Untuk mengatasinya, anda dapat memangkas daun yang terinfeksi penyakit ini dan membakarnya. 

Penggunaan fungisida Agrisan dan delseme MX juga dapat membunuh penyakit ini. Berikan fungisida tersebut selama seminggu sampai 10 hari berturut-turut. 

3. Jamur Upas 

Seperti namanya, penyakit yang satu ini juga disebabkan oleh jamur. Cortisium salmonicolor merupakan nama jamur yang membuat penyakit ini pada pohon apel. Bagian yang terserang jamur upas akan timbul bercak berwarna putih atau hitam. 

Untuk mengatasinya, anda dapat mengurangi kelembapan. Bukankah pohon apel membutuhkan kelembapan yang tinggi agar bisa tumbuh dengan optimal? Memang benar. Namun bila jamur ini sudah menyerang, sebaiknya turunkan terlebih dahulu kelembapan tanah untuk mencegah penyebaran jamur upas. 

Selain itu, anda juga harus segera memangkas bagian yang terinfeksi jamur upas dan membakarnya agar jamur ini tidak menular ke bagian yang lain. 

4. Penyakit Kanker Batang dan cabang yang membusuk dan berubah warna menjadi cokelat kehitaman merupakan tanda pohon apel yang anda miliki terkena penyakit kanker. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur bernama Botryosphaeria. 

Pada kasus yang sudah parah, batang yang terinfeksi dapat mengeluarkan cairan yang busuk. Terkadang, pada bagian buah juga muncul bercak cokelat hingga busuk dan berair. 

Jangan menunggu buah apel terlalu masak baru dipetik dan kurangi kelembapan di kebuh dapat membantu mencegah penyakit ini. Pangkas bagian yang sudah terinfeksi dan bakar. 

Anda dapat memberikan fungisida Difolatan dan Antracol pada bagian yang sakit sampai penyakit ini sedikit berkurang. 

5. Buah Busuk 

Seperti buah lainnya, buah apel juga berisiko untuk busuk. Buah yang busuk juga dapat menjadi penyakit. Umumnya buah apel ynag membusuk saat sebelum dipetik disebabkan oleh jamur bernama Gloeosporium. 

Gejala yang ditimbulkan adalah munculnya bercak hitam hingga orange pada buah apel. Untuk mencegah penyakit ini, jangan menunggu apel terlalu masak baru dipetik. Berikan fungisida Benomyl juga dapat mencegah penyakit yang satu ini. 

6. Akar Membusuk 

Jika anda mendapati tanaman apel menjadi basah dan banyak daun yang layu hingga gugur, kemungkinan pohon apel yang anda miliki terserang penyakit akar membusuk atau Armilliara Melea. 

Pohon apel yang sudah terinfeksi penyakit ini akan mengeluarkan bau busuk yang menyengat, terutama pada bagian akar. Untuk mengatasinya, anda harus mencabut tanaman ini hingga ke akarnya. 

Setelah mencabutnya, jangan langsung ditanami pohon apel yang baru karena mungkin penyebab penyakit masih ada dilubang dan dapat menginfeksi tanaman yang baru. Anda harus menunggu minimal 1 tahun. 


Hama yang Menyerang Pohon Apel 

Hama merupakan tantangan lain yang harus anda hadapi kalau ingin menanam pohon apel selain penyakit. 

Ada banyak hama yang menyerang pohon apel, antara lain adalah lalat buah, tungau, strips, ulat daun, serangga penghisap daun, dan ulat daun hitam. 

Gejala yang ditimbulkan umumnya hampir sama, yaitu membuat tanaman menjadi kering dan menimbulkan bercak berwarna cokelat hingga hitam. 

Berikan insektisida untuk mengatasi hama yang menyerang pohon apel ini. Sesuaikan penggunaan insektisida untuk setiap jenis hama. 
Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

Apakah pohon apel yang anda miliki pernah terserang penyakit di atas? Semoga tidak pernah karena akan sangat sulit merawatnya.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit yang Menyerang Pohon Apel dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel