Artikel Pilihan

Fakta Unik Tentang Pohon Apel yang Mungkin Anda Belum Ketahui

Pohon Apel
Jika berbicara tentang pohon apel, pastilah anda teringat dengan buahnya yang bulat dan berwarna merah. Pohon apel terdapat di 10 provinsi di Indonesia, beberapa diantaranya adalah Aceh, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan. 

Pohon apel hanya dapat tumbuh dengan optimal jika ditanam dengan cuaca dan iklim yang dingin dengan kelembapan yang tinggi. Buah apel memiliki rasa yang manis karena kandungan gula yang cukup tinggi. Selain itu, masih banyak fakta unik lainnya yang pasti belum anda ketahui. 

Fakta Unik Pohon Apel 

Pohon Apel
Sumber: Unsplash.com

1. Buah Apel Bisa Mengapung 

Pohon apel akan panen sekitar 4 sampai 5 bulan setelah ditanam atau sekitar 120 hari setelah bunga mekar. Setiap jenis apel memiliki waktu panen yang berbeda-beda. Setelah panen yang pertama, anda harus menunggu selama 6 bulan sampai panen lagi. 

Setiap pohon dapat menghasilkan sekitar 6 sampai 15 kg buah apel, tergantung dari cara perawatan dan jenis apel yang anda tanam. Kalau ingin memetik buah apel, petiklah secara serempak. 

Setelah anda memetik buah apel, coba masukkan ke dalam ember berisi air. Buah apel akan mengapung di atas air. Hal ini disebabkan karena hampir 25% komposisi dari buah yang satu ini adalah udara. 

2. Butuh Energi yang Cukup Besar 

Sebagai seseorang yang menanam, anda hanya perlu tahu proses mulai dari menanam, merawat, menunggu pohon tumbuh, menunggu bunga mekar, hingga tumbuh buah apel untuk dipanen. 

Merawat pohon ini merupakan bagian yang paling menentukan lama dan kualitas buah yang dihasilkan. Pohon apel sendiri membutuhkan energi dari 50 daun untuk menghasilkan satu buah apel. 

Energi tersebut didapatkan dari unsur hara dan nutrisi yang diambil dari tanah. Karena energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu buah apel sangat besar, makanya anda harus membantu pohon ini dengan memberikan nutrisi yang cukup. 

3. Ada Banyak Jenis Apel 

Ada berapa banyak jenis apel di dunia ini? Jawabannya adalah lebih dari 7.500 jenis apel yang tersebar di seluruh dunia. Namun, hanya sedikit yang bisa anda temukan di negara anda. 

Di Indonesia sendiri hanya terdapat pohon apel anna, rome beauty, manalagi, manalagi ceri, dan granny smith. Hampir semuanya terdapat di Kota Batu, Malang. 

Semua jenis apel tersebut terbesar hampir di seluruh pelosok dunia, ada dari Jepang yang terkenal dengan apel Fuji, Amerika dengan apel McIntosh, atau Selandia Baru dengan apel Gala. Dari sekian banyak banyak jenis apel, hanya beberapa yang terkenal. 

4. Kandungan Buah Apel 

Mungkin anda sering memakan buah apel. Namun, tahukah anda komposisi dari buah apel itu sendiri? Sebelumnya sudah dijelaskan kalau buah apel terdiri dari 25% udara. Selain itu, masih ada kandungan lain dari buah yang satu ini. 

Apel mengandung fruktosa, yaitu sebuah gula alami. Kalau anda pecinta makanan manis, baiknya anda mengganti konsumsi gula olahan dengan gula alami, seperti buah apel. 

Buah ini juga bebas lemak dan bebas natrium sehingga aman bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol. Selain itu, buah apel mengnadung 5 gram serat. Jumlah yang sangat tinggi, atau sekitar 20% dari rekomendasi serat harian. 

Setiap anda memakan buah apel, apakah anda pernah memperhatikan berapa banyak biji di dalamnya? Dalam satu buah apel, rata-rata terdapat 5 biji apel. Biji ini dapat anda gunakan lagi untuk menanam pohon apel yang baru. 

5. Telah Ada Ribuan Tahun 

Tahukan anda kalau buah apel pertama kali ditanam di Indonesia sejak tahun 1934. Sejarah panjang apel di Indonesia membuat pohon ini terus berkembang sehingga buah apel dapat anda nikmati sekarang ini. 

Meski baru masuk ke Indonesia sejak tahun 1934, nyatanya pohon apel sudah dinikmati oleh manusia sejak 8.500 tahun silam. Para arkeolog menemukan bukti kalau pohon apel sudah ditanam sejak lama. 

Tidak aneh kalau buah ini menjadi buah favorit di seluruh dunia karena memiliki sejarah panjang. Di Amerika Serikat sendiri, tepatnya Negara Bagian Washington saja, terdapat 175 ribu hektar perkebunan apel. Jika dihitung negara bagian tersebut dapat menghasilkan sekitar 6 sampai 10 apel setiap harinya. 

Dengan luasnya perkebunan apel yang dimiliki, negara tersebut dapat menghasilkan sekitar 2,5 juta ton apel setiap tahunnya. 


Syarat Pertumbuhan Pohon Apel 

Pohon apel merupakan tanaman yang sedikit ribet soal cuaca dan iklim. Inilah yang menyebabkan pohon ini hanya terdapat di 10 provinsi di Indonesia. 

Curah hujan yang disarankan untuk pohon ini sekitar 1.000 sampai 2.600 mm setiap tahun. Merupakan jumlah yang cukup besar. Namun, tetap harus ada bulan tanpa hujan sama sekali, sekitar 3 sampai 4 bulan. 

Pohon apel juga membutuhkan cukup cahaya matahari untuk proses fotosintensis. Butuh sekitar 50 sampai 60% cahaya matahari setiap harinya, terutama saat akan berbunga. Suhu yang tepat antara lain sekitar 16 sampai 27 derajat Ceclius. 
Pohon Apel
Sumber: Unsplash.com

Fakta tentang pohon apel mana yang baru anda ketahui dan membuat kaget? Ternyata buah apel memang memiliki sejarah yang panjang dan jenis yang sangat banyak.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Tentang Pohon Apel yang Mungkin Anda Belum Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel