Artikel Pilihan

Mengenal Berbagai Jenis Pohon Apel yang Biasa Ditanam

Pohon Apel
Pohon apel memiliki sejarah panjang di Indonesia. Pohon apel telah masuk dan ditanam di Indonesia sejak tahun 1934 dan mengalami banyak perkembangan selama itu. Sejauh ini, hanya ada 10 provinsi yang menjadi daerah penghasil buah apel, yaitu Aceh, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan. 

Tempat penanaman pohon apel yang terbatas disebabkan karena daerah lainnya tidak cocok sebagai tempat tinggal bagi pohon ini. Jenis apel yang ditanam juga semakin beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga asam. Jika anda ingin menanam apel, anda harus memilih beberapa jenisnya terlebih dahulu. 

Berbagai Jenis Pohon Apel 

Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

1. Pohon Apel Manalagi 

Jenis apel yang pertama adalah pohon apel manalagi. Jenis apel yang satu ini dikenal karena rasanya yang manis. Karena rasanya tersebut, buah ini menjadi buah yang paling laku di pasar dan cocok untuk dimakan langsung. 

Apel manalagi memiliki daging yang agak keras sehingga lebih baik anda memotongnya terlebih dahulu sebelum memakannya. Daging apel manalagi berwarna putih, sedangkan warna kulitnya hijau dan agak kuning. 

Anda dapat membedakan apel ini dengan apel jenis lainnya dari aromanya harum. Kandungan air dari apel ini terbilang sedikit dibandingkan jenis apel lainnya. 

Ciri-ciri pohon apel manalagi secara umum sama dengan jenis apel lainnya. Namun, anda dapat membedakannya dari daunnya yang sangat lebar. Apel yang satu ini banyak ditanam di Kota Batu. Buah apel juga terkenal lama busuk, yaitu sekitar 1 bulan. 

2. Apel Rome Beauty 

Kalau anda pernah melihat sebuah apel yang memiliki warna hijau dan sedikit merah, kemungkinan apel tersebut adalah apel rome beauty. Warna asli dari apel ini adalah hijau. Warna merah tersebut didapatkan dari pancaran sinar matahari yang terus menyinari buah ini. 

Berbeda dengan apel manalagi, jenis apel yang satu ini memiliki rasa yang sedikit asam. Namun, bentuknya yang bulat hampir mirip dengan apel manalagi. Jika warnanya tidak berbeda, akan sangat sulit membedakan keduanya. Lekukan bagian ujung pada apel rome beauty juga sedikit lebih dalam. 

Apel rome beauty memiliki daging yang sangat empuk bila sudah masak. Apel yang satu ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat sari apel. Jenis apel ini yang dipilih untuk membuat sari apel karena rasanya yang sangat kuat dan khas. 

3. Apel Green Smith 

Apakah anda sering minum jus apel yang sudah diolah dalam kemasan? Kemungkinan jus tersebut menggunakan apel green smith. Apel yang satu ini memang sangat cocok untuk jus karena kandungan airnya yang baik. 

Apel ini memiliki warna yang hijau cerah dengan munculnya bintik putih. Apel yang memiliki rasa asam ini dapat anda temui dengan mudah di Desa Tulungrejo. 

4. Apel Anna 

Jika anda sedang mengunjungi Kota Batu, pastikan anda memakan buah apel anna karena buah ini sangat terkenal di kota tersebut. Warnanya yang merah sangat merona merupakan alasan apel ini sangat disukai. 

Dibandingkan jenis apel lainnya, sebenarnya apel anna baru berkembang di Indonesia. Apel yang satu ini juga memiliki rasa yang unik, yaitu kombinasi dari asam dan manis. Dagingnya agak lunak. Namun, mengeras ketika anda menggigit bagian agak dalamnya. 

Bentuk apel anna seperti trapesium yang terbaik sehingga mudah dibedakan dengan buah apel lainnya. 

Kulit apel anna sangat tipis dan cepat membusuk. Anda harus segera memakan apel ini ketika memetiknya dari pohon. Apel ini juga memiliki aroma yang tajam. Ciri-ciri pohon apel anna tidak jauh berbeda seperti apel lainnya. 

5. Apel Wanglin 

Kota Batu memang terkenal dengan berbagai jenis pohon apel. Satu lagi apel yang berasal Kota Batu, tepatnya dari Desa Tulungrejo, yaitu apel wanglin. 

Apel yang satu ini hampir mirip dengan apel green smith karena warnanya yang hijau. Perbedaannya dapat anda lihat dari bintik pada kulitnya. Apel wanglin memiliki bintik hitam pada kulitnya yang berwarna hijau. 

Apel wangling memiliki rasa yang manis dan segar. Banyak orang mengatakan kalau buah ini seperti buah pear karena kandungan airnya yang begitu tinggi. Karena tingginya kandungan air, buah ini akan terasa sangat renyah. 

Sayangnya, pohon apel wangling sangat sulit ditemui, bahkan di Kota Batu sendiri karena hanya sedikit petani yang menanamnya. Apel ini juga lebih sering dikonsumsi sendiri oleh para petani. 


Syarat Menanam Pohon Apel 

Ada beberapa alasan kenapa Kota Batu menjadi sentra pertumbuhan bagi pohon apel, yaitu karena tempat tersebut memenuhi syarat untuk menanam pohon ini. Kalau anda juga ingin menanamnya, anda harus memperhatikan beberapa syarat terlebih dahulu. 

Pohon apel dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 700 sampai 1.200 meter dari permukaan laut. Curah hujan yang ideal untuk pohon ini sekitar 1.000 sampai 2.600 mm per tahun, sedangkan kebutuhan cahaya matahari adalah sekitar 50 sampai 60%. Suhu yang tepat untuk pohon apel adalah sekitar 16 sampai 27 derajat celcius. 
Pohon Apel
Sumber: Pixabay.com

Apakah anda sudah pernah mencoba semua jenis apel tersebut? Menurut anda, jenis apel manakah yang paling enak? Anda tertarik untuk menanam pohon apel yang mana?

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Berbagai Jenis Pohon Apel yang Biasa Ditanam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel