Artikel Pilihan

Manfaat Daun Pohon Pisang yang Telah Kering

Pohon Pisang
Pohon pisang memang memiliki banyak sekali manfaat. Hampir semua bagian dari pohon pisang bisa anda manfaatkan. Manfaat pertama tentu saja memakan buahnya secara langsung atau diolah menjadi berbagai makanan. Batang pisang juga bisa diolah menjadi makanan, bahkan ada makanan khas daerah Lombok dan Toraja yang menggunakan batang pisang. 

Bagian daun pohon pisang merupakan bagian yang paling jarang dimanfaatkan untuk tubuh manusia. Kebanyakan daun pisang hanya digunakan sebagai pembungkus makanan. Selain pembungkus makanan, daun yang lebar dan panjang ini juga bisa dijadikan payung. Sebenarnya manfaat daun pisang, terutama yang sudah kering sangat banyak bagi tubuh. 

Manfaat Daun Pohon Pisang Kering 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Redakan Demam 

Salah satu khasiat dari daun pohon pisang kering yang telah terbukti ampuh adalah menurunkan suhu tubuh yang tinggi saat demam. Daun pisang bisa menjadi obat alternatif kalau anda sedang demam. 

Rebus air daun pisang kering dan minum airnya secara rutin selama demam. Cukup konsumsi sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari, didukung dengan makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Jika demam tidak kunjung turun, anda bisa menambahkan dosis daun pisang dalam air rebusan yang akan anda minum. 

2. Redakan Sakit Tenggorokan 

Sakit tenggorokan juga merupakan salah satu penyakit yang sering menyering manusia. Penyakit ini juga terkadang datang saat demam. Selain demam, beberapa penyebab sakit tenggorokan adalah makan makanan yang berminyak, terlalu sering berteriak. Jika sudah semakin parah, bisa terjadi radang tenggorokan. 

Untungnya, daun pohon pisang kering juga ampuh untuk meredakan tenggorokan yang sakit. Cara pengobatannya juga sama, yaitu dengan direbus. Minum air rebusan daun pisang sampai sakit tenggorokan menghilang sebanyak dua kali dalam sehari. Air rebusan yang masih panas lebih direkomendasikan. 

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Banyak makanan atau minuman yang dikatakan bisa meningkatkan imunitas tubuh, daun pohon pisang kering adalah salah satunya. Daun pisang kering bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh karena mengandung zat polifenol. 

Zat polifenol merupakan senyawa antioksidan yang membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Selain zat polifenol, ada juga allantolin. Fungsi senyawa yang satu ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan baru. Allantolin juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Kedua senyawa tersebut akan saling membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Karena itu, konsumsilah daun pisang kering secara rutin. 

4. Sembuhkan Disentri 

Disentri umumnya disebabkan oleh bakteri yang saat anda berada di lingkungan yang kurang bersih. Ada beberapa tingkat serangan disentri bakteri, mulai dari yang ringan sampai berat. 

Untuk disentri bakteri ringan, bisa sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun, anda bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan meminum air rebusan daun pohon pisang. 

Daun pisang kering mengandung zat yang dapat membunuh bakteri, terutama yang sudah berada dalam usus anda. Namun, pada kasus yang sudah semakin parah, misalnya keluar darah saat buang air besar, lebih baik segera menghubungi dokter. 

5. Makanan Ternak 

Kalau anda memiliki pohon pisang yang tidak bisa berbuah lagi, saat menebangnya, jangan langsung membuang daun pisang. Lebih baik keringkan terlebih dahulu daun pisang tersebut karena daun pisang kering dapat dijadikan bahan makanan untuk ternak. 

Jika anda juga memiliki ternak ayam, daun pisang kering bisa membuat pertumbuhan ayam menjadi lebih sehat. Kalau anda tidak punya ternak ayam, anda bisa menjual daun pisang kering ke peternak ayam. Harganya cukup bisa menguntungkan. 

6. Dijadikan Media Tanam 

Kalau anda suka membudidayakan tanaman atau berbisnis budidaya tanaman, pastilah membutuhkan media tanam yang tidak sedikit. Media tanam bisa terdiri dari berbagai macam benda, seperti tanah hingga daun kering. Pemilihan media tanam sendiri harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang ingin anda tanam. 

Daun pohon pisang yang kering sendiri bisa digunakan sebagai media tanam bagi berbagai tumbuhan karena memiliki protein, lignin, serta hemiselulosa yang sangat baik bagi akar tumbuhan. Cukup campurkan daun pisang kering dengan tanah dan siapkan dalam plastik hitam. Media tanam dari daun pisang sudah siap digunakan. 

7. Makanan Ikan 

Selain digunakan untuk makanan ternak, berupa ayam, daun pohon pisang yang telah kering juga bisa digunakan sebagai makanan ikan. Beberapa ikan yang sering diberikan daun pisang kering adalah ikan cupang dan berbagai ikan hias air tawar. 

Daun pohon pisang kering sebenarnya merupakan pengganti daun ketapang. Namun, memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk membuat ikan menjadi lebih sehat, membuat ikan lebih subur, serta membuat ikan jadi lebih kuat. 


Fakta Tentang Daun Pohon Pisang 

Salah satu fungsi utama dari daun pohon pisang adalah untuk membungkus makanan. Meski kertas nasi sudah banyak diproduksi, tetapi daun pisang tetap saja digunakan. 

Alasannya karena daun pohon pisang bisa menghindari makanan dari bakteri serta membuat makanan memiliki aroma yang lebih harum. Selain itu, daun pisang dipercaya membuat makanan jadi lebih sehat dibandingkan dibungkus menggunakan kertas nasi. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Apakah anda sudah pernah mencoba memakai daun pohon pisang kering untuk mengobati penyakit atau untuk pakan ternak? Kalau belum, mungkin anda harus mencobanya.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Daun Pohon Pisang yang Telah Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel