Artikel Pilihan

Fakta Tentang Batang Pohon Pisang yang Harus Anda Ketahui

Pohon Pisang
Pohon pisang bisa dibilang sebagai pohon yang paling bermanfaat dibandingkan pohon lainnya. Hampir semua bagian dari pohon pisang bisa dimanfaatkan, mulai dari buah pisang, daun, hingga batangnya. Buah pisang bisa dimakan dan diolah menjadi berbagai olahan makanan, sedangkan daun pisang digunakan sebagai pembungkus makanan. 

Batang pohon pisang merupakan bagian yang jarang dimanfaatkan. Padahal bagian ini juga cukup penting bagi manusia. Meski jarang digunakan, banyak sekali fakta unik dari batang tanaman satu ini yang harus anda ketahui. Fakta seperti apa saja yang berasal dari pohon pisang? Berikut adalah fakta dari batang pisang. 

Fakta Menarik Tentang Batang Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Nama Lain Batang Pohon Pisang 

Batang pohon pisang memang jarang sekali dimanfaatkan di Indonesia sehingga namanya juga jarang dikenal. Ternyata batang pisang memiliki nama lain, yaitu gedebog. Nama ini diambil dari Bahasa Jawa. 

Gedebog sendiri dalam Bahasa Jawa bisa diartikan sebagai kulit batang pisang yang telah kering. Arti lainnya, batang pisang yang digunakan untuk menancapkan wayang. 

2. Kaya Akan Nutrisi 

Setiap orang berlomba-lomba mencari obat atau memakan makanan yang sehat, seperti buah-buahan, termasuk buah pisang. Buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap, bahkan sering menjadi sumber utama untuk tubuh karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. 

Kandungan yang tinggi pada buah pisang membuat orang lupa pada batangnya, yang sebenarnya tidak kalah bernutrisi dibandingkan buah pisang. 

Dalam 100 gram batang pohon pisang, terdapat nutrisi yang cukup lengkap. Kalium, saponin, zat tepung, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta serat. Dari banyaknya nutrisi tersebut, anda pasti akan langsung merasakan manfaatnya untuk tubuh anda. 

Vitamin A berguna untuk memperbaiki penglihatan anda, vitamin B untuk menjaga kesehatan sel dalam tubuh, sedangkan vitamin C berguna untuk meningkatkan daya imun tubuh. 

Selain nutrisi tersebut, batang pohon pisang juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk tubuh anda sehingga memakan batang pisang bisa membuat anda sedikit lebih bertenaga. 

Meski tidak terlalu banyak, batang pohon pisang juga mengandung lemak dan protein. Kedua nutrisi tersebut, bersama karbohidrat merupakan makronutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak. 

3. Harganya Mahal di Amerika 

Di Indonesia, batang pohon pisang jarang sekali digunakan sebagai olahan makanan. Itu karena kebanyakan orang Indonesia belum mengerti tentang khasiat dari batang ini. Kebanyakan warga Indonesia lebih menyukai buah pisang yang bisa langsung dimakan. 

Meski jarang dijual di Indonesia, batang pisang dihargai sangat mahal di Amerika Serikat. Disana, batang ini bisa dijual dengan harga 5,95 Dollar atau setara dengan 90 ribu Rupiah. 

Harga tersebut hanya untuk batang pisang yang masih mentah, dalam ukuran yang kecil. Biasanya batang pisang dijual di supermarket. Harganya pasti akan lebih mahal kalau dimasak lagi. 

4. Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit 

Dengan kandungannya yang kaya gizi, batang pohon pisang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. 

Batang pisang dipercaya dapat rngobati berbagai penyakit, muali dari yang ringan sampai penyakit yang berat. Batang pisang bisa menjadi obat alternatif bagi anda yang tengah mengalami penyakit batu ginjal. Ada beberapa kandungan dari batang ini yang bisa membuat kantung kemih jadi lebih rileks. 

Selain mengobati batu ginjal, batang pohon pisang juga dipercaya mampu mencegah hipertensi atau tegangan darah yang terlampau tinggi. Kandungan zat besi dari batang ini juga dipercaya mampu mengobati kolesterol hingga asam lambung. 

5. Bisa Diolah Menjadi Makanan dan Minuman 

Jika anda memiliki pohon pisang yang tidak bisa berbuah lagi, jangan langsung membuang batangnya karena batang tanaman ini masih bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. 

Batang pisang bahkan menjadi bahan baku makanan khas dari Lombok, yaitu sayur ares. Ada juga ayam batang pisang atau pa piong bura yang berasal dari Toraja. Berbagai makanan khas yang terbuat dari batang ini akan terasa sangat lezat. 

Selain makanan, batang pohon pisang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis minuman. Salah satunya adalah jus batang pisang. Cara mengolahnya sama seperti membuat jus buah pisang. Rasa jus batang pisang juga tidak kalah segar dengan jus pisang. 

Makanan dan minuman dari buah pisang juga dipercaya bisa mengobati penyakit yang telah disebutkan sebelumnya, terutama jus pisang. Minuman ini bisa mengatasi asam lambung sampai digunakan untuk membuang racun dalam tubuh. 


Cara Menanam Pohon Pisang 

Anda mungkin saja tergoda untuk memakan batang pisang. Namun, sebelum mendapatkan batang pisang, anda harus tahu cara menanam pohon pisang terlebih dahulu. 

Cara menanam pohon pisang tidaklah sulit, anda hanya perlu menyiapkan lahan yang sesuai dengan kriteria tanaman ini. Beberapa kriteria lahan yang baik adalah netral, memiliki unsur hara yang banyak, serta memiliki lapisan humus yang tebal. 

Pemilihan tunas yang bagus juga penting bagi pertumbuham pohon pisang. Pilihlah tunas anakan dewasa yang sudah memiliki calon bunga. Tunas tersebut juga memiliki cadangan makanan yang lebih banyak sehingga lebih siap untuk ditanam agar bisa tumbuh dengan baik. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Itulah beberapa fakta tentang batang pohon pisang yang mungkin belum anda ketahui. Fakta manakah yang membuat anda terkejut?

Belum ada Komentar untuk "Fakta Tentang Batang Pohon Pisang yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel