Artikel Pilihan

Penyakit yang Dapat Disembuhkan Dengan Batang Pohon Pisang

Pohon pisang
Apa yang anda pikirkan ketika kali membahas pohon pisang? Sebagian orang pasti berpikir buah pisang dengan cita rasa yang sangat enak atau daun pisang yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Kedua bagian dari pohon pisang tersebut memang sering digunakan. Namun, ada satu bagian lagi yang sebenarnya masih berfungsi. 

Bagian tersebut adalah batang pohon pisang. Bagian batang ini sebenarnya terbagi atas dua jenis, yaitu batang asli dan batang semu. Batang yang bisa dikonsumsi adalah batang semu yang terdiri atas hati pisang dan pelepah pisang. Kandungan nutrisi dari batang pisang cukup tinggi sehingga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

Konsumsi Batang Pohon Pisang untuk Menyembuhkan Penyakit 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Luka Luar 

Penyakit pertama yang bisa disembuhkan oleh batang pohon pisang adalah luka luar, yaitu luka yang terjadi karena goresan atau bakar. Batang pohon ini mengandung berbagai vitamin dan kandungan yang cocok membunuh bakteri sehingga mencegah infeksi sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka. 

Ambil getah pisang terlebih dahulu dan oleskan di luka untuk dibersihkan, lalu ambil batang pohon pisang. Tumbuk batang tersebut sampai halus dan oleskan ke luka anda. 

2. Penyakit Kulit 

Batang pohon pisang juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit kulit, salah satunya adalah kutil. Ambil bagian hati pisang, kemudian oleskan ke bagian kutil. Biasanya kutil akan mengelupas sendiri. Jika belum berhasil, ulangi terus menggosokkannya. 

Penyakit kulit juga biasa disebabkan oleh gigitan serangga. Untuk mengatasi bekas gigitan serangga, anda bisa menggunakan hati pisang yang diparut. Bekas parutan bisa dioles ke bekas gigitan serangga. Air hasil perasan hati pisang bisa anda minum untuk mempercepat penyembuhannya. 

3. Batu Ginjal 

Batu ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh penumpukan bahan kimia di ginjal. Orang yang terkena batu ginjal bisa menunjukkan gejala ataupun tidak. 

Gejala orang yang terkena batu ginjal biasanya nyeri pada bagian dekat ginjal, selangkangan, serta mual. Pada kasus yang parah, kencing akan terasa perih dan berdarah. 

Ada berbagai metode pengobatan untuk mengbati batu ginjal, salah satunya adalah meminum jus batang pohon pisang. Jus ini bisa membuat kandung kemih menjadi lebih rileks. 

4. Mencegah Diabetes 

Diabetes disebabkan lonjakan gula dalam darah yang terlalu tinggi karena anda terlalu sering makan yang mengandung gula yang tinggi, termasuk buah-buahan. Pada kasus yang semakin parah, kadar gula yang terlalu tinggi bisa membuat anda lemas. 

Batang pohon pisang mengandung gula yang terlalu tinggi, bahkan kandungan glikemik yang agak rendah sehingga bisa mengontrol lonjakan gula darah ketika anda memakan gula yang tinggi. 

5. Cacar Air 

Cacar air disebabkan oleh virus bernama Varicella Zoster yang membuat tubuh terasa demam serta gatal di sekujur badan ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah yang biasanya berisi cairan. 

Singkatnya, penyakit yang satu ini bisa terjadi karena daya tahan tubuh yang kurang baik. Seseorang juga bisa terserang penyakit cacar lebih dari sekali, tergantung dari kekebalan daya tahan tubuh. 

Meminum air yang berasal dari batang pohon pisang bisa membantu membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kebal sekaligus mengobati penyakit cacar air. Minumlah air dari batang pisang yang telah mendidih. 

6. Demam Nifas 

Untuk para wanita, yang pasti akan melahirkan nanti besar kemungkinan untuk mengalami demam nifas. Demam ini disebabkan oleh infeski nifas, kuman atau bakteri yang masuk ke dalam organ intim ketika proses persalinan terjadi. 

Seperti demam pada umumnya, demam yang satu ini juga bisa menyebabkan suhu badan menjadi tinggi, sekitar 38 derajat celcius. Lama demam juga beragam antar 2 sampai 10 hari. 

Anda bisa mempercepat penyembuhannya dengan menggunakan hati pisang sebagai bahan kompres. Parut hati pisang terlebih dahulu, lalu rendam dengan air panas dan tempelkan di kepala. 

7. Mengatasi Maag 

Maag merupakan penyakit yang menghantui sebagian orang. Biasanya disebabkan oleh telat makan atau kelebihan makan. Maag juga disebabkan oleh asam lambung yang sangat tinggi. 

Orang terserang penyakit maag akan merasakan sakit yang sangat perih dibagian perut. Biasanya orang yang terkena maag akan langsung buru-buru makan. 

Anda bisa menggunakan batang pohon pisang sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit ini. Caranya adalah dengan menjadikan batang pohon ini sebagai jus. Anda bisa juga mencampurnya dengan jeruk nipis. 

Beberapa kandungan pada batang pohon pisang bisa membantu menurunkan dan mengatur kadar asam lambung. 


Nutrisi Dalam Batang Pohon Pisang 

Dalam satu batang pohon pisang terkandung banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Nutrisi untuk manusia terbagi dua berdasarkan kebutuhannya, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. 

Makronutrisi dari batang pohon pisang adalah karbohidrat, lemak, dan protein, yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak. 

Sedangkan mikronutrisi dari batang pohon ini adalah potassium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, dan serat, yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. 

Dengan kandungan gizi yang begitu lengkap, wajar saja batang pohon pisang bisa mengatasi berbagai penyakit. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Itulah penyakit yang dapat disembuhkan dengan batang pohon pisang. Jika anda terkena salah satu penyakit di atas, anda bisa mencoba mengonsumsinya.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit yang Dapat Disembuhkan Dengan Batang Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel