Artikel Pilihan

Berbagai Cara Membuat Jus Batang Pohon Pisang

Pohon Pisang
Batang pohon pisang adalah salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan, selain buah pisang dan daun pisang. Ada dua jenis batang pohon pisang, yaitu batang asli dan batang semu. Batan asli terdapat di bawah tanah, sedangkan batang semua adalah batang yang sering kita lihat. Disebut sebagai batang semu karena terdiri atas hati pisang yang dilapisi banyak pelepah. 

Sama seperti buah dan daun pisang, batang pohon pisang juga bisa dikonsumsi. Batang pisang bahkan dibuat menjadi berbagai jenis olahan makanan. Di Thailand, ada rujak batang pisang yang dibuat dengan rasa yang pedas. Indonesia sendiri ada sayur ares dan ayam batang pisang yang berasal dari Lombok dan Toraja. Selain itu, batang pisang juga bisa dibuat menjadi jus. 

Cara Membuat Jus Batang Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Dengan Mentega 

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mencampur jus batang pohon pisang dengan mentega. Tambahan rasa asin dari mentega akan membuat jus ini terasa lebih gurih dan enak. 

Untuk membuat jus ini, anda membutuhkan batang pisang yang telah dicincang sebanyak satu gelas, satu cangkir mentega, kayu manis, dan satu sendok gula. Cara pembuatannya bukan anda mencampurkan air jus dengan mentega. Namun, dengan merendam batang pisang dengan mentega. 

Siapkanlah mentega dan rendam batang pisang pada mentega tersebut selama semalaman. Jangan lupa masukkan ke dalam lemari es. Keesokan harinya, campurkan kayu manis dan gula pada mentega yang telah anda rendam tersebut dan jus yang satu ini siap untuk dikonsumsi. 

Setelah dicampur dengan kayu manis dan gula, rasa yang dihasilkan pasti lebih manis dibandingkan sebelumnya. 

2. Jus Batang Pohon Pisang Polos 

Selain memasukkan tambahan lainnya, seperti mentega, anda juga bisa menikmati just batang pisang polos tanpa tambahan apapun. Rasanya akan terasa manis, seperti buah pisang yang dibuat menjadi jus. 

Untuk membuat jus batang pohon pisang yang polos, anda hanya membutuhkan batang pohon pisang yang telah dipotong menjadi kecil, air, dan gula secukupnya. Jika anda merasa kurang manis, anda bisa menambahkan gula. 

Cara membuatnya sangat mudah, rendamlah pisang terlebih dahulu dalam air agar batang ini bisa menjadi lebih lunak. Kemudian blender batang pisang tersebut dan tuang airnya ke dalam gelas memalui saringan. Setelah itu, tambahkan gula sesuai dengan selera anda dan aduk rata. 

Anda juga bisa menambahkan es batu untuk menambah rasa segar pada jus tersebut. Jus ini cocok diminum saat siang hari saat sedang panas atau pagi hari agar anda semakin kuat menjalani hari sampai malam. 

3. Campur Dengan Jeruk Nipis 

Kalau kurang suka dengan jus jeruk batang pohon pisang yang polos atau dicampur mentega, anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk menambah rasa asam dan segar pada jus yang satu ini. 

Cara membuatnya juga sangat mudah, sama eperti jus batang pohon pisang polos. Siapkan satu batang pisang, air, gula, dan jeruk nipis terlebih dahulu. Buat batang menjadi agak lunak dengan cara merendamnya dalam air. 

Setelah direndam, blender batang pisang tersebut hingga menjadi halus. Tuangkan ke gelas dengan membuang ampasnya. Setelah itu, campurkan jeruk nipis terlebih dahulu dan aduk rata. Setelah mencampur jeruk nipis, barulah campurkan gula secukupnya hingga terasa manis. 

4. Jus Batang Pohon Pisang Bersoda 

Kalau anda suka dengan minuman yang mengandung soda. Namun, tetap ingin minum minuman yang sehat, jus batang pohon pisang dengan cmapuran soda jaljeera sangat cocok bagi anda. 

Pertama, buatlah jus batang pisang seperti biasanya. Setelah itu, buat pasta dari bubuk jaljeera, gula, dan campuran jeruk nipis. Campurkan pasta tersebut ke dalam jus batang pisang yang telah anda buat sebelumnya. Biar semakin segar, campurkan es batu. 

5. Jus Batang Pohon Pisang dan Apel 

Jus kombinasi dari dua buah sudah sangat umum. Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk membuat jus batang pohon pisang. Anda bisa mencampurnya dengan jus apel. Kombinasi keduanya akan menciptakan rasa yang unik. 

Cukup siapkan jus batang pohon pisang dan jus apel. Campurkan kedua jus tersebut dan tambahkan gula sesuai selera anda. Tambahkan juga es batu agar semakin segar. 

6. Buat Jadi Milkshake 

Milkshake bisa terbuat dari berbagai macam rasa, seperti cokelat, vanila, dan pisang. Kalau anda bosan dengan rasa tersebut, anda bisa coba membuat milkshake rasa batang pisang. 

Siapkan jus batang pisang seperti biasanya. Siapkan juga yogurt, pemanis buatan, dan beberapa buah yang memiliki daging. Campurkan jus batang pisang bersama dengan buah dan hancurkan. 

Setelah itu, campurkan yogurt dan pemanis buatan untuk membuat rasa milkshake menjadi manis. 


Khasiat Jus Batang Pohon Pisang 

Minum jus batang pohon pisang secara rutin ternyata membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan anda. 

Penyakit yang bisa disembuhkan oleh jus batang pohon pisang adalah asam lambung yang terlalu tinggi, melancarkan pencernaan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Kalau anda ingin pencernaan anda sehat, rajinlah minum jus yang satu ini. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Apakah anda tertarik untuk mencoba salah satu dari resep membuat jus batang pohon pisang tersebut? Rasanya pasti akan sangat lezat.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Cara Membuat Jus Batang Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel