Artikel Pilihan

Ternyata, Ini Sederet Manfaat Menanam Bonsai di Rumah

Bonsai merupakan jenis tanaman atau pohon yang dikerdilkan. Kemudian tanaman tersebut ditanam di dalam pot dangkal. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat miniatur dari bentuk asli pohon yang umumnya sudah tua di alam bebas.   

Ciri Ciri Pohon Bonsai

Bonsai sendiri dikenal sebagai seni tradisional asal jepang. Proses yang membutuhkan tangan-tangan seni ini merupakan bentuk apresiasi dari keindahan bentuk pohon, akar, daun hingga batang. Orang Jepang menyebutnya sebagai “penzai”. Namun demi pelafalan yang lebih mudah maka disebut dengan bonsai.

  

Siapa sangka kegiatan ini ternyata membawa manfaat tersendiri bagi siapapun yang melakukannya. Bonsai disebut dengan seni karena membutuhkan proses yang tidak sebentar. Perawatan bonsai tidak hanya hobi belaka tetapi membawa manfaat bagi jiwa dan raga. Meski bentuknya kecil, bonsai sendiri juga punya manfaat untuk membersihkan polusi di area rumah. 

Nah, sekarang kamu perlu mengetahui bahwa bonsai juga bermanfaat bagi orang yang senang melakukannya. Pastinya teknik membentuk tanaman inilah yang membuat seseorang akan merasakan manfaat besar ketika melakukan hobi satu ini. Penasaran apa saja manfaatnya?  

Membantu Sisi Kejiwaan  

Tanaman bonsai sangat bisa dirasakan seseorang dari sisi kejiwaan. Kamu akan merasakan sensasi yang rileks dan juga damai. Saat mulai merawat dan merancang bonsai, seseorang akan jadi lebih hati-hati dan juga teliti. Apalagi ketika pertumbuhan bonsai mulai mengikuti pola dan membentuknya jadi sesuatu yang indah. Pastinya akan memberikan dampak kebahagiaan yang tidak ternilai harganya.   

Pembuatan bonsai juga membutuhkan waktu lama dan membuat kamu melakukan berbagai jenis pekerjaan misalnya memberikan pupuk, membentuk tanaman, penyiraman, pemangkasan hingga mengganti pot dan juga tanah. Bonsai adalah pohon yang hidup sehingga seseorang harus memotong ranting dan juga akarnya.   

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: jabarekspres.com

Proses yang panjang ini akan membuat seseorang jadi lebih sabar. Apalagi proses pembuatan bonsai ini tidak bisa dibilang sebentar. Untuk membuat sebuah bonsai kamu tak hanya membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bisa bertahun-tahun sampai membentuk semua tanaman yang sempurna. Rasa bahagia yang muncul setelah selesai menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesabaran

Melatih Otak

Otak perlu diasah agar tetap berkembang dan memiliki kreativitas. Misalnya pada otot, tentu kamu harus berolahraga untuk melatihnya. Sementara untuk otak, perlu ada cara-cara yang menyenangkan untuk merangsang dan melatihnya. Salah satu cara melatih otak adalah memakai seni.

Bonsai menjadi salah satu teknik yang bisa kamu lakukan untuk merangsang otak melalui kreativitas. Sebab, bonsai bisa disebut ke dalam seni. Misalnya saat kamu ingin membuat bonsai baru. Tentu kamu jadi berpikir kreatif kira-kira bentuk apa yang ingin dibuat. Kamu pasti akan berpikir  terus menerus mengenai cara agar membentuk seni terbaik.

Selain mengasah kreativitas, bonsai juga bisa melatih kesadaran  kamu. Dengan begitu, otak bisa terlatih dengan bantuan bonsai. Kamu bisa menganggap bonsai sebagai ‘anak’ sendiri. Dengan begitu, kamu jadi lebih sensitif untuk mengetahui apakah bonsai kekurangan air, nutrisi, ventilasi bahkan pencahayaan.  

Bonsai akan membuat kamu jadi lebih sensitif dan menyadari kebutuhan tanaman secara keseluruhan. Apalagi ketika tanaman mengalami masalah. Dengan insting sensitivitas tadi, kamu jadi mengetahui bagian mana yang mungkin perlu dipotong entah pada cabang, akar maupun daun. Respons otak terhadap tanaman inilah yang membantu untuk mengasah otak. 

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: bennisobekti.com


Membuat Energi Positif  

Siapa sangka ternyata bonsai bisa memberikan energi positif baik untukmu maupun lingkungan di sekitar rumah. Dalam seni kuno Feng Shui telah dipercaya bahwa bonsai memiliki kemampuan untuk menarik energi dari kehidupan ke dalam ruangan.

  

Selain itu, energi itu akan turut menyebar ke seluruh antero rumah. Menurut ilmu feng shui, bonsai bisa dengan mudah menyebarkan kebahagiaan serta kepuasan terhadap orang yang melihatnya, Maka, bonsai tidak hanya menjadi penyeimbang di ruangan rumah maupun kantor. Tetapi dapat pula memberikan energi positif kepada orang yang ada di dalamnya.   

Siapa sangka manfaat menanam bonsai banyak jenis dan bentuk nya. Tak hanya mempercantik ruangan, bonsai sendiri mampu memberikan manfaat tersendiri bagi si pemiliknya untuk mendapatkan energi positif serta untuk mengasah kemampuan otak.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata, Ini Sederet Manfaat Menanam Bonsai di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel