Artikel Pilihan

Ini Kandungan Serta Manfaat Pupuk NPK Mahkota untuk Tanaman

Pupuk memainkan peran penting dalam tumbuh kembang tanaman. Kandungan nutrisi dalam pupuk akan membantu tanaman tumbuh subur dan kelak hasil panennya maksimal. Salah satu jenis pupuk yang banyak dipakai adalah pupuk NPK.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Pupuk satu ini mengandung tiga unsur hara yang penting bagi tanaman. Maka dari itu, banyak orang yang sangat senang memakai pupuk ini. Selain itu, pupuk NPK juga memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan fungsinya bagi tanaman. Nah, salah satu jenisnya adalah pupuk NPK Mahkota. Sebenarnya apa saja manfaat pupuk NPK Mahkota?

Mengenal Pupuk NPK Mahkota

Jenis pupuk ini biasa disebut NPK 16-16-16. Artinya kandungan dari tiga unsur hara ada di 16%. Sesuai namanya tiga unsur hara yang dimaksud adalah Nitrogen, Fosfat dan Kalium. Dengan kandungan di dalamnya, pupuk NPK Mahkota merupakan jenis pupuk berkualitas super yang dapat meningkatkan hasil produksi dan juga kualitas seimbang.



Bentuknya granul membuat pupuk NPK mudah diserap oleh tanaman. Formulasinya yang lengkap dan seimbang juga mencukupi unsur hara di dalam tanaman. Maka dari itu, pupuk NPK Mahkota sangat baik untuk semua tanaman mulai dari perkebunan, buah-buahan, pangan, hortikultura hingga palawija.


Kandungan Pupuk NPK Mahkota

Pastinya kandungan pupuk NPK Mahkota yang lengkap membuatnya jadi pupuk favorit. Jelas saja karena kandungan Nitrogen, Phospat dan Kalium masing-masing 16%. Ketiga unsur ini sangat penting untuk tumbuh kembang tanaman. Tak sampai situ saja, ada beberapa jenis nutrisi lain yang baik untuk tanaman dan ada di kandungan pupuk.

Pertama adalah nitrate yang ada di pupuk sebanyak 5,5%. Selain itu, ada pula kandungan kalsium Florida sebanyak 2,9%. Kandungan ini semakin diperkaya dengan granul warna merah mudah dengan ukuran kurang lebih 1 sampai 4 milimeter.

Keunggulan Pupuk NPK Mahkota

Tak hanya dari segi kandungan yang lengkap, ternyata ada banyak keunggulan pupuk NPK Mahkota. Salah satunya adalah pupuk yang cepat larut dalam tanaman. Selain itu, pupuk ini juga porsinya pas untuk pembentukan daun dan batang. Pupuk ini juga memainkan peran penting dalam pembentukan buah dan bunga.

Pupuk ini juga termasuk jenis pupuk yang disubsidi oleh pemerintah. Maka dari itu, banyak petani senang sekali memakai pupuk ini karena dapat menekan biaya produksi. Apalagi unsur hara ini sangat mudah diserap oleh tanaman sehingga sangat mudah mengaplikasikannya. Petani bisa melakukannya dengan cara ditabur atau dikocor.

Petani juga sangat senang menggunakan pupuk ini karena sangat cocok untuk berbagai jenis tanaman. Jadi tak perlu lagi repot membeli berbagai pupuk saat menanam banyak jenis tanaman. Selain itu, dapat pula dipakai ke seluruh jenis tanah karena sifatnya tidak asam alias netral.

Dengan begitu unsur makro dan mikro di dalam tanah akan tetap seimbang dan terjaga. Keunggulan pupuk yang mudah larut juga membantu pertumbuhan akar dengan cepat karena sifatnya yang higroskopis. Akar tanaman jadi jauh lebih sehat dan prima dengan bantuan pupuk ini.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: paktanidigital.com

Manfaat Pupuk NPK Mahkota

Kandungan unsur hara yang seimbang pastinya bermanfaat bagi tumbuh kembang tanaman. Lalu, bagian apa saja yang diuntungkan dengan pemakaian pupuk satu ini? Ternyata pupuk bermanfaat untuk perkembangan tunas, daun, batang hingga akar.

Selain itu, pupuk bisa meningkatkan produksi protein, pati dan karbohidrat dalam tanaman. Kandungan enzim dalam tanaman sangat penting untuk laju pertumbuhannya. Tak sampai situ, batang tanaman menjadi lebih kokoh dan kuat. Ia juga berfungsi memacu zat hijau daun sehingga tak heran jika daunnya jauh lebih segar dan hijau. Pada tanaman padi, pupuk ini bisa memacu pertumbuhan anakan.



Apalagi unsur Kalium juga ternyata bisa meningkatkan daya tahan tanaman. Salah satu penyebab gagal panen adalah adanya serangan hama penyakit. Pupuk ini sangat berfungsi untuk melindungi tanaman sehingga dapat meningkatkan kualitas dari hasil panen.

Nah itu dia sederet manfaat pupuk NPK Mahkota serta kandungan di dalamnya. Petani cukup menaburkan pupuk pada permukaan tanah pada sekitar daerah akar tanaman. Dengan cara sederhana itu saja, tanaman bisa mendapatkan manfaat pupuk NPK Mahkota.

Belum ada Komentar untuk "Ini Kandungan Serta Manfaat Pupuk NPK Mahkota untuk Tanaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel