Artikel Pilihan

Ini Kelebihan dan Kekurangan Pupuk Phonska yang Wajib Diketahui

Tanaman tentunya membutuhkan asupan nutrisi agar bisa tumbuh kembang dengan baik. Salah satu cara untuk membantu pertumbuhan tanaman adalah dengan pupuk. Nah, ada banyak macam pupuk sehingga harus dipilih pupuk yang tepat.

Salah satu jenis pupuk yang kerap dipakai oleh petani adalah pupuk Phonska. Sebelum kamu memutuskan untuk memakai pupuk ini sebaiknya kamu mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari pemakaian pupuk ini.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska

Kelebihan Pupuk Phonska

Pupuk Phonska memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pupuk lainnya. Pastinya banyak petani yang memilih Pupuk Phonska karena berbagai alasan. Salah satunya karena memang cocok untuk tanaman yang sedang dibudidaya.



Memang pupuk satu ini sangat cocok untuk banyak jenis tanaman. Mulai dari tanaman hias, buah, holtikultura hingga tanaman pangan sangat cocok jika diberi pupuk satu ini. Selain itu, pupuk ini juga mudah terlarut dalam air sehingga mudah untuk diserap oleh tanaman.

Tak sampai situ saja, pemakaian pupuk ini bisa dibilang sangat efisien karena daya serapnya tinggi. Kandungan pupuk ini juga membuat tanaman tumbuh subur karena jenis pupuknya majemuk. Artinya di dalamnya terdapat berbagai usnur hara.

Risiko keracunan tanaman juga dapat ditekan karena takaran pupuk ini sudah pas. Kandungannya memang benar-benar unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Apalagi kandungan unsur hara dalam pupuk Phonska merata pada setiap butirnya.

Unsur hara yang terkandung dalam pupuk juga membuat proses pemupukan jadi lebih sederhana. Kamu cukup melarutkannya dalam air sehingga bisa terserap dengan baik oleh tanaman. Kondisi ini akan membuat tenaga kamu juga jadi lebih hemat.

Tak sampai di situ saja, jenis pupuk ini memiliki kandungan yang lengkap sehingga kamu tak perlu lagi membeli banyak jenis pupuk. Tanaman berbagai jenis bisa tumbuh subur dengan asupan nutrisi dari pupuk Phonska.

Selain itu, kamu tak perlu lagi melakukan pembelian pupuk yang banyak untuk meningkatkan kualitas panen. Dengan kata lain, pemakaian pupuk ini bisa menurunkan risiko rugi akibat gagal panen. Apalagi pupuk ini punya manfaat untuk meningkatkan daya tahan tanaman.

Dengan begitu tanaman yang disiram dengan pupuk Phonska akan tahan terhadap gangguan penyakit, hama dan juga kekeringan. Daun yang tumbuh dari tanaman juga lebih segar dan hijau karena kandugan Phonska yang tinggi butir hijau daun.

Tak hanya daun saja, pupuk Phonska juga dapat membantu pertumbuhan akar sehingga memiliki sistem perakaran baik. Pada tanaman bunga, pupuk Phonska juga dapat membantu pembentukan bunga jadi lebih berkualitas.

Selain itu, pupuk Phonska bisa mempercepat masa panen serta menambahkan kandungan protein pada tanaman. Wah ternyata banyak juga manfaat pupuk Phonska yang baik untuk tumbuh kembang tanaman.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska
Sumber: belajartani.com


Kekurangan Pupuk Phonska

Pupuk Phonska tak melulu bermanfaat untuk tanaman sebab ada beberapa kekurangan yang ia miliki. Salah satunya jika pemakaiannya terlalu berlebihan. Sifat asam tanah akan semakin berkurang jika dipakai berlebihan. Lama kelamaan tanah bisa menjadi basa.

Kondisi ini juga bisa terjadi apabila pupuk Phonska dipakai terus menerus dalam kurun waktu yang lama. Kemampuan tanah untuk menyerap air juga bisa menurun bila memakai pupuk ini terus menerus. Maka banyak orang yang menganjurkan untuk mencampurnya dengan pupuk organik.

Tanah bisa saja menjadi tandus dan kering karena kemampuan tanah untuk menyerap air menjadi berkurang. Lama kelamaan unsur hara di dalam tanah juga menjadi berkurang. Lahan yang sudah dalam kondisi ini tentu saja akan sulit menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Kondisi ini menjadi salah satu masalah umum yang sering dialami para petani. Banyak sekali kondisi lahan yang dalam kondisi miskin hara. Pupuk organik tetap dibutuhkan dalam dunia pertanian untuk menjaga kualitas tanah.



Tak hanya dari segi pemakaian, pupuk ini juga tidak bisa didapatkan dengan sembarangan. Hanya petani yang memang sudah tergabung dalam kelompok tani yang bisa mendapatkannya karena pupuk ini termasuk pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Wah ternyata di balik kelebihan pupuk Phonska, ada pula kekurangan yang perlu diperhatikan. Pemakaian yang berlebihan memang tidak ada yang berdampak baik. Jadi betapa pentingnya memperhatikan kondisi tanah pada saat bertani.

Belum ada Komentar untuk "Ini Kelebihan dan Kekurangan Pupuk Phonska yang Wajib Diketahui "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel