Artikel Pilihan

Syarat Sukses Menanam Pohon Jeruk yang Harus Anda Tahu

Pohon Jeruk

Jeruk merupakan buah yang paling mudah ditemukan dan banyak sajian dalam berbagai acara. Buah yang satu ini hampir selalu ada dalam setiap acara, misalnya kawinan. Meski buah jeruk selalu mudah ditemukan, tetapi menanam pohon jeruk tidaklah mudah karena ada beberapa syarat yang harus anda penuhi.

Jika anda tidak memenuhi syaratnya, pohon jeruk tidak akan berbuah. Pada kasus yang parah, tanaman yang satu ini tidak akan tumbuh. Ada banyak hal yang harus anda perhatikan agar buah yang dihasilkan berkualitas. Selain buahnya, daun jeruk juga bisa dimanfaatkan sehingga harus diperhatikan kualitasnya. 

Syarat Menanam Pohon Jeruk 

Pohon Jeruk
Sumber: mitalom.com

1. Suhu dan Ketinggian 

Salah satu syarat agar pohon jeruk bisa tumbuh dengan baik adalah suhu dan ketinggian tempat anda menamannya. Jika suhu di sekitar tanaman ini terlalu lembap, maka buah akan cepat busuk. Sedangkan kalau terlalu kering, jeruk juga tidak akan bisa berbuah. 

Suhu yang baik agar jeruk bisa tumbuh dengan baik adalah sekitar 20 derajat celcius sampai 30 derajat celcius dengan kelembapan udara 50% sampai 85%. Anda harus memastikan kalau dalam 3 bulan, udara akan kering agar tanaman ini tidak terus merasakan udara lembap. 

Selain suhu, ketinggian juga menjadi syarat agar pohon jeruk bisa tumbuh. Tanaman yang memiliki nama latin Citrus ini tidak bisa tumbuh di dataran yang terlalu tinggi. Ketinggian 0 - 400 meter dari permukaan laut merupakan tempat ideal untuk menanamnya. Pastikan juga kalau curah hujan di tempat anda menanam tanaman ini berkisar antara 100 mm sampai 1200 mm setiap bulannya. 

2. Terkena Sinar Matahari 

Saat akan menanam biji pohon jeruk, pastikan anda sudah memilih lokasi yang tempat agar pohon yang satu ini dapat tumbuh dengan subur. Syarat lainnya agar jeruk bisa berbuah dan berkualitas adalah terkena sinar matahari yang cukup. 

Sinar matahari dapat membantu proses pernapasan sehingga pohon ini mendapatkan unsur hara yang diperlukan, terutama oksigen dan karbon oksida. Saat Pohon jeruk mendapatkan kedua unsur hara tersebut, maka buah jeruk akan berbuah dengan baik dan berkualitas. 

Jangan khawatir jika anda tinggal di daerah dengan curah hujan yang tinggi. Tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan sinar matahari yang banyak. Setidaknya tanaman ini hanya cukup mendapatkan udara yang hangat dan cukup sinar matahari selama 3 bulan dalam setahun. 

3. Pemupukan 

Agar tanaman ini bisa menghasilkan buah yang berkualitas, anda harus memberikan pupuk secara rutin. Berikan pupuk yang mengandung nitrogen, phospor, dan kalium atau yang biasa disebut pupuk NPK. 

Ketiga unsur tersebut merupakan unsur hara makro yang dibutuhkan pohon jeruk dalam jumlah yang banyak. Ketiga unsur tersebut bisa membantu pohon tumbuh subur serta menghasilkan buah dan daun yang bagus. 

Pemberian dosis pupuk juga harus tepat karena jika kekurangan atau kelebihan dapat membuat tanaman jadi tumbuh dengan kelainan. 

Berikan pupuk sebanyak 25 gram setiap 4 bulan sekali. Saat umurnya bertambah, tambahkan dosisnya dua kali lipat karena kebutuhan akan unsur hara juga semakin banyak. 

4. Jangan Lupa Dipangkas 

Biasanya tanaman yang paling sering dipangkas untuk merawat penampilannya adalah tanaman bonsai. Namun, anda juga harus sering memangkas pohon jeruk. Bukan hanya untuk menjaga penampilannya, tetapi juga menjaga kesehatannya. 

Bagian yang harus anda pangkas adalah rantingnya yang telah terserang penyakit. Ranting tersebut harus segera dipangkas agar penyakit tidak menyebar ke bagian yang lainnya. 

Ada sistem pemangkasan ranting yang harus anda ketahui, yaitu sistem 1-3-9. Maksudnya adalah 1 batang utama dengan hanya 3 cabang. Setiap 3 cabang tersebut memiliki 9 ranting lagi. 

9 Ranting ini disebut sebagai ranting premier. Selain ranting primer, ada juga ranting tersier yang sebaiknya berjumlah 3. Untuk ranting primer, usahakan untuk berjarak 10 cm agar ada jarak untuk pertumbuhan buah jeruk. 

5. Perhatikan Hama 

Kutu merupakan hama yang sering merusak daun jeruk. Biasanya, daun jeruk akan menggulung ketika dihinggapi oleh kutu yang berwarna hitam dan hidup berkelompok ini. 

Kutu ini bisa mengeluarkan cairan manis yang membuat semut datang. Semut yang datang dan kutu tersebut bisa membuat buah jeruk jadi gagal panen. 

Kalau terdapat hama-hama tersebut, coba gunakan pestisida. Anda bisa menggunakan pestisida Curacon 500EC dan Desic 2,5EC yang sudah terbukti ampuh mengusir hama. 

Ketentuan Panen Pada Pohon Jeruk 

Saat-saat yang paling ditunggu saat anda menanam pohon jeruk adalah waktunya panen. Ada pula beberapa ketentuan panen yang harus anda ikuti agar hasil panen jadi optimal dan buah yang dihasilkan berkualitas. 

Panenlah buah jeruk saat buah ini sudah masak secara sempurna. Anda dapat menghitung semenjak benih jeruk ditanam. Biasanya buah akan segera masak saat 28 sampai 36 minggu jika pertumbuhannya normal. 

Setiap tahunnya, pohon jeruk bisa menghasilkan 300 sampai 500 buah jeruk setiap tahunnya atau seberat 40 ton setiap tahunnya. 

Setelah panen, anda harus memilih jeruk yang layak dimakan dan tidak. Simpan dalam ruangan dengan suhu 8 derajat celcius sampai 10 derajat celcius. 
Pohon Jeruk
Sumber: suara.com
Apakah anda sudah mengikuti syarat menanam pohon jeruk serta penanganan saat panen dan setelah panen di atas? Semoga berhasil ya!

Belum ada Komentar untuk "Syarat Sukses Menanam Pohon Jeruk yang Harus Anda Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel