Artikel Pilihan

Jenis Pupuk Urea yang Dipasarkan PT Pupuk Kujang

Jenis Pupuk Urea

PT Pupuk Kujang adalah salah satu perusahaan pupuk yang mulai berdiri pada tanggal 9 juni 1975 dan awal pembangunannya melibatkan banyak modal pinjaman dari luar negeri. Pembangunan PT Pupuk Kujang yang pertama diberi nama pabrik kujang A1 dan kapasitas produksi ureanya sekitar 570.000 ton per tahun, sedangkan amoniak 330.000 ton per tahun.

Pembangunan awal dilakukan dengan mengandalkan 2 kontraktor sekaligus yaitu kontraktor Kellogg Overseas Corporation yang berasal dari amerika serikat dan Toyo Engineering Corporation yang berasal dari Jepang.

Pembangunan pabrik kujang 1 berhasil selesai dalam waktu 36 bulan dan pada tanggal 12 Desember 1978 diresmikan langsung oleh presiden Indonesia.

Baca juga : Mengenal Pupuk NPK Mutiara, Mulai Dari Kandungan Hingga Dosisnya

PT Pupuk Kujang adalah anak perusahaan BUMN Indonesia ialah PT Pupuk Indonesia Holding Company. Bangunan pabrik yang semakin tua, maka konsekuensi pembebanan muncul biaya muncul dan biaya pemeliharaan bangunan pabrik semakin tinggi.

Berbagai peralatan harus direkondisi, namun biayanya sangatlah besar dan untuk mengatasi semua permasalahan, maka PT Pupuk Kujang menyusun sebuah rencana jangka panjang.




Tepat pada tanggal 4 Januari 2011, PT Pupuk Kujang melakukan kredit dengan melibatkan beberapa pihak perbankan dan kredit dilakukan untuk membangun pabrik kujang 1B, hal ini dilakukan untuk menghindari fluktuasi utang terhadap pihak luar negeri. Dengan kredit ini juga PT Pupuk Kujang berhasil membayar hutang ke pihak luar negeri.

Secara umum bahan baku utama pembuatan pupuk urea adalah udara, gas bumi dengan air. Ketiga bahan baku utama akan diolah menjadi amonia dan akhirnya akan dibentuk menjadi pupuk urea. Persediaan gas bumi dihasilkan oleh pertamina yang berkolaborasi dengan perusahaan gas swasta dan air berasal dari waduk jatiluhur Purwakarta.

PT Pupuk Kujang juga membawahi beberapa anak perusahaan dan setiap anak perusahaan PT Pupuk Kujang memiliki tugas yang berbeda-beda. Dengan perkembangan dunia pertanian yang semakin pesat dan banyaknya petani yang membutuhkan pupuk, maka pemerintah memberikan bantuan untuk menghasilkan pupuk urea bersubsidi.

Jenis Pupuk Urea yang Dipasarkan PT Pupuk Kujang



PT Pupuk Kujang menyediakan 2 jenis pupuk urea yaitu pupuk urea subsidi dan pupuk urea non subsidi. Pupuk urea bersubsidi yang biasanya memiliki warna merah muda cerah, namun untuk pupuk urea nonsubsidi biasanya memiliki warna yang putih bersih. Penentuan harga pupuk bersubsidi yang dikeluarkan PT pupuk kujang diatur langsung oleh pihak pemerintah.

Baca juga : Peraturan Tepat Dalam Memberikan Pupuk Kepada Bibit Pohon Bidara

Pupuk urea yang diproduksi oleh PT Pupuk Kujang dibuat dengan merek nitrea dan pengemasannya pun berbeda. Untuk pupuk urea bersubsidi hanya disediakan dalam kemasan 50 kg dan 5 kg. Sedangkan untuk pupuk urea non subsidi dibuat dengan berbagai varian kemasan yang banyak. Produksi pupuk urea bersubsidi tentu lebih banyak diproduksi, karena harganya lebih murah.

Kegiatan PT Pupuk Kujang

Jenis Pupuk Urea
Sumber: id-test-11.slatic.net

1. Produksi

Kegiatan produksi pupuk yang dilakukan oleh PT Pupuk Kujang sangatlah aktif, karena PT Pupuk Kujang mengolah bahan mentah yang akan dihasilkan pupuk dan dicampurkan dengan berbagai bahan kimia yang dibutuhkan. Bahan pembuatan pupuk yang sama dijadikan berbagai jenis pupuk yang berbeda dan pengolahan dilakukan dengan sangat modern.

2. Perdagangan

PT Pupuk Kujang juga melakukan kegiatan distribusi dengan sangat profesional dan juga melakukan kegiatan perdagangan domestik maupun luar negeri. PT Pupuk Kujang melakukan impor barang untuk dijadikan bahan baku, bahan kimia dan berbagai peralatan untuk kegiatan produksi. Kegiatan perdagangan PT Pupuk Kujang terbilang sangat stabil.

3. Pelayanan Jasa

PT Pupuk Kujang juga memberikan pelayanan jasa yang berkaitan dengan pupuk seperti melakukan studi untuk kegiatan penelitian, jasa pengembangan produk pupuk, jasa pengelolaan manajemen pabrik, jasa untuk memberikan pengetahuan tentang pengoperasian suatu pabrik, konsultasi di bidang hukum dan berbagai jasa yang berkaitan dengan industri kimia.




4. Usaha Jenis Lain

PT Pupuk Kujang juga melakukan usaha lain yang sangat menguntungkan seperti menyediakan jasa angkutan, menyediakan lokasi pergudangan, penyediaan berbagai perlengkapan untuk usaha dan membantu dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan PT Pupuk Kujang, tak heran perusahaan ini selalu stabil.

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis pupuk urea yang dipasarkan PT Pupuk Kujang dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Jenis Pupuk Urea yang Dipasarkan PT Pupuk Kujang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel