Artikel Pilihan

Persiapan Dalam Menanam Pohon Mangga di Pekarangan Rumah

Pohon Jeruk
Pohon mangga merupakan salah satu tanaman yang paling sering ditanam di pekarang rumah. Alasan pohon mangga lebih sering ditanam dibandingkan pohon buah lainnya adalah karena tanaman ini lebih mudah untuk dirawat. Pemilik tanaman ini biasanya jarang menyiram secara rutin. Namun, buahnya tetap bisa tumbuh. 

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum menanam pohon mangga di pekarangan rumah. Tanpa persiapan yang matang, tanaman ini tidak akan bisa tumbuh dengan benar. Bukan hanya tidak bisa menghasilkan buah yang anda harapkan, pohon ini bisa saja malah merugikan bagi anda. 

Persiapan Jika Ingin Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: Kabartani.com

1. Memilih Bibit Pohon Mangga 

Cara pertama yang harus segera anda lakukan ketika ingin menanam pohon mangga adalah memilih bibit yang terbaik. Bibit yang bagus tentu saja akan membuahkan hasil yang bagus juga. 

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan ketika ingin memilih bibit yang bagus. Biasanya, bibit mangga didapatkan dengan cara mengambil beberapa bagian dari pohon induknya. Bagian yang diambil biasanya adalah bagian batang. 

Namun, hal yang harus anda perhatikan dari tanaman induk bukan hanya bagian batangnya saja. Ada bagian lain yang harus anda perhatikan selain batang, yaitu akar, daun, dan buah. 

Pertama, perhatikan bagian batangnya karena bagian ini merupakan bagian yang penting dan bertugas untuk menyangga pohon. Tanpa adanya batang yang sehat dan kuat, pohon mangga tidak akan bisa tumbuh dengan baik. 

Kondisi batang pohon mangga yang baik adalah tidak bengkok, tidak ada bekas luka, serta bebas dari gangguan hama serta organisme lain, seperti jamur dan bakteri. Sebaiknya anda segera mencari pohon yang lain sebagai bakal bibit jika salah satu pohon telah terinfeksi jamur. 

Kedua, perhatikan bagian akarnya. Akar merupakan bagian yang berfungsi untuk menyerap semua nutrisi yang dibutuhkan pohon ini untuk tumbuh dan menghasilkan buah. 

Salah satu ciri akar pohon mangga yang baik adalah memiliki serabut yang banyak. Kalau anda membeli bibitnya langsung, cobalah lihat pada bagian polybag. Bibit yang baik biasanya memiliki akar yang sudah keluar dari plastik tersebut. 

Perhatikan juga kalau bagian akar ini tidak terserang penyakit atau hama. Jika bagian akar sudah terserang penyakit, pohon mangga tidak akan bisa tumbuh dengan baik. 

Ketiga, pilihlah pohon dengan daun yang segar dan cerah. Daun mangga merupakan bagian yang penting dan paling mudah diperhatikan. Daun juga merupakan salah satu bagian penting yang akan membantu proses pernapasan dari tumbuhan ini. 

Dari proses pernapasan tersebut, tanaman ini akan mendapatkan banyak nutrisi hingga bisa tumbuh dengan sehat. Daun mangga yang sehat berwarna hijau terang dengan warna merah di bagian ujungnya. Pastikan juga kalau daun tersebut tidak menjadi tempat tinggal bagi hama. 

Terakhir, perhatikan buah pada pohon yang menjadi bakal bibit. Pastikan pohon tersebut menghasilkan buah mangga yang sehat dan berkualitas. Bibit pasti akan langsung mewariskan sifat dari pohonnya. 

2. Atur Jarak Tanam 

Persiapan yang harus anda lakukan selanjutnya, dan yang menjadi terakhir adalah mengatur jarak antar pohon mangga dengan yang lainnya atau dengan barang di sekitarnya. 

Kalau anda ingin menanam pohon mangga dalam jumlah yang banyak, anda harus mengatur setiap pohon yang akan anda tanam agar tidak terlalu berdekatan. Pohon yang ditanam terlalu berdekatan akan sulit tumbuh dengan subur karena saling tabrak. Namun, lahan akan menjadi sempit jika anda menanamnya terlalu jauh pula. 

Atur jarak setidaknya 2 meter untuk setiap tempat menanamnya agar pohon tidak saling bertabrakan hingga daunnya menjadi gugur. Selain itu, pengaturan jarak ini juga berguna agar setiap pohon mendapatkan sinar matahari yang sesuai tanpa tertutupi dengan tanaman yang lainnya. 

Selain mengatur jarak antar setiap pohon, anda juga harus mengaturnya dengan beberapa benda di sekitar lahan anda menanamnya. Jika anda menanam di pekarangan rumah, perhatikan agar memiliki jarak yang cukup. 

Jangan sampai rumah anda malah tertabrak dengan pohon ini hingga menyebabkan kerugian. Selain rumah, perhatikan juga tiang listrik atau kabel listrik agar tidak terkena pohon ini saat sudah tumbuh nanti. 


Cara Menanam Pohon Mangga yang Baik 

Setelah anda mempersiapkan berbagai hal di atas, anda juga harus mempelajari cara menanam pohon mangga yang baik. Pada langkah pertama, anda bisa menaburkan dolomit pada tanah agar media tanam bisa menjadi tempat yang cocok untuk pohon ini. Pemberian dolomit harus disesuaikan dengan kondisi tanah. 

Jika tanah memiliki kerusakan, anda bisa langsung menebarkan dolomit di atas tanah tersebut. dolomit bisa membuat tanah menjadi lebih baik lagi. Anda harus segera menebar dolomit 10 hari sebelum menanam bibit ini jika tanahnya asam. Dalam kurun waktu tersebut, dolomit bisa menetralkan tanah. 

Setelah itu, berikan zat pengatur tumbuh atau ZPT pada bibit pohon mangga sebelum ditanamkan. Setelah proses penanaman selesai, anda juga harus segera memberikan ZPT agar tanaman ini mendapatkan nutrisi yang cukup. 
Pohon Mangga
Sumber: Satuharapan.com

Itulah persiapan yang harus anda lakukan jika ingin menanam pohon mangga di pekarangan rumah. Apakah anda sudah mempersiapkannya?

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Dalam Menanam Pohon Mangga di Pekarangan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel