Artikel Pilihan

Hal yang Membuat Pertumbuhan Pohon Mangga Jadi Terhambat

Pohon Mangga
Salah satu tanaman yang paling banyak di tanam di Indonesia ini adalah pohon mangga. Buah mangga memang merupakan buah yang lezat dan disenangi oleh masyarat Indonesia sehingga wajar saja anda banyak menemui pohon mangga, bahkan di pekarangan rumah. Apalagi pohon yang satu ini lebih cocok tinggal di Iklim yang tropis. 

Kalau anda memiliki pohon mangga, pastilah anda pernah mendapatkan masalah. Salah satu masalah yang paling sering dihadapi adalah pertumbuhan pohon yang tidak terlalu subur. Ada banyak sekali penyebab tanaman ini tidak tumbuh dengan subur. Hal pertama yang harus anda tahu adalah penyebab yang membuat pertumbuhan pohon ini jadi terhambat. 

Hal yang Menghambat Pertumbuhan Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: Tokotanaman.com

1. Hama 

Ada banyak hal yang menyebabkan pohon mangga tidak bisa tumbuh dengan optimal. Salah satu hal yang pasti menghambat pertumbuhan tanaman ini adalah hama. Organisme yang sering kali memakan bagian dari tanaman ini bisa membuat pohon menjadi kering, layu, hingga akhirnya mati. 

Beberapa hama yang sering kali menyerang pohon dengan nama latin Mangifera indica ini adalah kutu putih, lalat buah, wereng mangga, ulat penggerek, dan kumbang. Setiap hama menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada tanaman ini. 

Contohnya adalah lalat buah. Hewan yang berwarna agak kuning dengan sayap yang transparan ini akan hingga di buah mangga dan membuat buah tersebut menjadi busuk. Jika anda membelah buah tersebut, ada larva karena buah tersebut sudah dijadikan sarang bagi lalat buah. 

Beberapa hama bahkan bisa membuat timbulnya jamur dan penyakit pada tanaman ini sehingga membuat masalah yang semakin parah. Kalau tanaman telah menunjukkan gejala diserang hama, anda bisa menggunakan insektisida untuk mengusir hama. Sesuaikan jenis insektisida yang anda gunakan dengan hama yang menyerang. 

2. Gulma 

Selain hama, masih ada organisme lain yang sering merugikan pohon mangga. Salah satunya adalah sesama jenis tumbuhan, yaitu gulma. Tanaman liar ini sering tumbuh di sekitar tanah yang subur untuk mengambil nutrisi yang seharusnya diperuntukkan untuk tanaman anda. 

Pohon mangga akan melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan karbohidrat. Zat tersebut digunakan untuk membentuk buah mangga. Namun, tanaman gulma akan mencuri karbohidrat tersebut sehingga buah mangga sulit tumbuh. 

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa melakukan menyiangan dan pengemburan tanah. Cara melakukan penyiangan pada gulma cukup gampang, anda hanya perlu mencabut tanaman gulma tersebut menggunakan cangkul. Kumpulkan di dalam ember yang tidak bolong agar tidak ada bibit dari gulma yang jatuh. 

Kalau sudah selesai mengumpulkan gulmanya, bawalah ke tanah yang kosong dan bakar gulma tersebut. Sambil melakukan penyiangan, gembur tanah tempat gulma tumbuh untuk memastikan kalau akarnya sudah tercabut semua. Selain itu, pengemburan juga berguna untuk menyuburkan tanah. 

3. Penyakit 

Seperti layaknya makhluk hidup lainnya, tanaman juga bisa terkena penyakit. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang pohon mangga. Umumnya disebabkan oleh jamur dan bakteri. 

Beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah munculnya bercak hitam pada daun, batang, bunga, dan buah. Pada kasus yang parah, daun akan menghitam secara keseluruhan, kering, hingga akhirnya menjadi layu. 

Jika penyakit baru menginfeksi beberapa bagian saja, anda bisa memotong bagian tersebut akan jamur atau bakteri tidak menyebar ke bagian yang lain. Namun, akan lebih sulit mengatasinya jika sudah banyak bagian yang terinfeksi. 

Fungisida merupakan zat kimia yang bisa anda gunakan kalau jamur sudah menyebar di pohon mangga dan membuat sebagian besar tubuh pohon menjadi terserang penyakit. 

4. Perawatan yang Salah 

Selain hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga hal yang mungkin disebabkan oleh anda sebagai pemiliknya. Jika anda melakukan perawatan yang salah, pohon mangga akan sulit tumbuh dengan maksimal. 

Karena itu, anda harus melakukan perawatan dengan benar. Jika anda belum tahu perawatan yang benar untuk pohon mangga, anda harus mencari pengetahuan soal perawatan ini terlebih dahulu. 

Selain perawatan yang benar, anda juga harus tahu cara menanam pohon mangga yang benar. Tanah yang digunakan juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Kalau anda menggunakan tanah yang kurang baik, pohon yang satu ini akan sulit berkembang. Pengaruh cuaca dan iklim juga sangat berpengaruh. 


Cara Agar Pohon Mangga Tumbuh Dengan Optimal 

Setelah mengetahui beberapa penyebab pohon mangga tidak bisa tumbuh dengan optimal, anda lebih tahu apa yang harus dilakukan. Jika penyebabnya adalah hama, gulma, dan penyakit, anda sudah tahu cara mengatasinya. 

Selain ketiga hal tersebut, ada beberapa syarat lain agar pohon mangga bisa tumbuh dengan optimal. Sebagai bentuk perawatan, siramlah air setiap hari dan berikan pupuk setiap bulannya. Berikan air dan pupuk dalam dosis yang tepat, jangan sampai kelebihan atau kekurangan. 
Pohon Mangga
Sumber: Pikiran-rakyat.com

Perhatikan juga tanah dan iklim tempat anda menanam pohon mangga. Tanah yang terbaik untuk menanam pohon ini adalah tanah yang gembur dengan campuran pupuk kandang. Sedangkan iklim yang baik adalah iklim tropis dengan ketinggian 500 meter dari permukaan laut. 

Apakah yang membuat pertumbuhan pohon mangga anda jadi terhambat? Pastikan kalau bukan perawatan anda yang salah adalah penyebabnya.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Membuat Pertumbuhan Pohon Mangga Jadi Terhambat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel