Artikel Pilihan

Tips Mudah Menanam Pohon Jeruk Dalam Pot

Pohon Jeruk

Pohon jeruk merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Wajar saja, karena buah jeruk memang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pohon jeruk, yang memiliki nama latin Citrus ini memiliki setidaknya 15 jenis yang berbeda-beda bila dilihat dari warna, ukuran, dan bentuknya.

Kebanyakan orang mengira bahwa butuh lahan yang luas untuk menanam pohon jeruk. Sebenarnya, ada juga bisa menanam tanaman ini di dalam pot sehingga bisa menghemat tempat. Jika ingin menanamnya dalam sebuat pot, ada beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan agar pohon sukses berbuah. 

Tips Menanam Pohon Jeruk Dalam Pot 

Pohon Jeruk
Sumber: kebun.co.id

1. Komposisi Media Tanam 

Tips pertama yang harus anda perhatikan agar penanaman pohon jeruk dalam sebuat pot bisa sukses adalah media tanamnya. Media tanam seperti tempat tinggal untuk tanaman sehingga harus dibuat sebagus mungkin. 

Komposisi media tanam yang bagus untuk pohon jeruk terdiri atas tanah, pasir, dan pupuk. Gunakan pupuk hara yang mengandung kalium, nitrogen, dan phospor. Ketiga unsur hara ini dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. 

Berikan perbandingan 2:2:1 antara tanah, pasir, dan pupuk kandang. Anda juga harus memastikan kalau media tanam dalam keadaan yang lembap saat akan memasukkan bibit agar pertumbuhan semakin maksimal. 

2. Proses Penanaman Bibit 

Proses penanaman bibit merupakan langkah yang paling menentukan dalam pertumbuhan tanaman. Anda harus memastikan beberapa hal agar tanaman bisa tumbuh dengan subur. 

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah lubang yang anda buat pada tanah untuk meletakkan bibit tersebut. Jangan terlalu besar ketika membuat lubang tersebut. Kalau terlalu besar, anda bisa menutupi lubang tersebut dengan pecahan batu. 

Sebelum menanam, potong bagian akar terlebih dahulu agar akar baru lebih cepat tumbuh. Setelah siap, masukkan bibit ke dalam tanah hingga seluruh bagian bibit tertutupi. 

Jika sudah, segera siram dengan air hingga tanah menjadi lembap. Namun, jangan menyiram secara berlebihan karena dapat menyebabkan bibit menjadi busuk dan malah mati. 

3. Berikan Pupuk Secara Rutin 

Salah satu kebutuhan pohon jeruk adalah unsur hara yang seimbang. Memberikan pupuk merupakan salah satu cara agar tanaman ini mendapatkan unsur hara secara seimbang. 

Waktu pemupukan juga harus dilakukan dengan rutin, yaitu setiap 3 bulan setelah berumur 6 bulan. Jadi, tanaman ini perlu diberikan pupuk saat berumur 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan. 

Cara pemberian pupuk juga harus tepat agar unsur hara dari pupuk diserap oleh tanaman dengan optimal. Taburi pupuk di sekitar pohon jeruk sampai tanah tertutupi setebal 10 cm. 

4. Pengairan yang Tepat 

Mungkin anda merasa kalau memberikan air untuk pohon jeruk sangat gampang, hanya perlu menyiram setiap hari. Namun, sebenarnya proses pemberian air untuk tanaman ini tidak boleh sembarangan dilakukan. 

Ada beberapa keadaan yang mengharuskan anda untuk melakukan penyiraman lebih sering, yaitu pada saat awal penanaman dan saat musim kemarau berlangsung. 

Saat awal penanaman, karena masih sangat membutuhkan nutrisi dan kelembapan, anda harus menyiram pohon jeruk sebanyak 2 kali dalam sehari. Anda bisa menyiram pada pagi hari dan sore hari. 

Sedangkan musim kemarau akan membuat tanah jadi kering sehingga anda harus menyiram tanaman ini sesering mungkin. Tanah yang kering bisa membuat pohon jeruk cepat mati. 

5. Pengendalian Hama dan Gulma 

Pohon jeruk juga memiliki musuh alami yang merugikan, yaitu hama dan gulma. Hama merupakan hewan yang sering memakan daun atau buah jeruk serta membuat sarang disekitar bagian pohon. Gulma adalah tanaman penganggu yang sering mengambil nutrisi. 

Kalau pohon jeruk yang anda miliki dipenuhi gulma dan hama, maka daun akan cepat berguguran dan buah kemungkinan tidak akan tumbuh. Kalau buah jeruk tumbuh, pasti cepat busuk. 

Gulma bisa dibasmi dengan cara melakukan penyiangan atau disinari dengan sinar matahari. Selain untuk mengusir gulma, pohon jeruk memang membutuhkan sinar matahari. 

Berikan pohon jeruk sinar matahari setidaknya 5 jam dalam sehari. Sinar matahari dapat membantu proses pernapasan tanaman ini. 

Ada beberapa hama yang senang menyerang pohon jeruk, yaitu kutu dan lalat buah. Kutu akan membuat buah jeruk cepat membusuk. Saat buah jeruk busuk, lalat buah akan datang dan menjadikannya sarang. 

Untuk mengusir kedua hama tersebut, anda bisa menggunakan pestisida alami. Proses penyiraman dan pemupukan yang benar juga dapat mengusir hama yang sering menganggu. 

Kapan Pohon Jeruk akan Panen? 

Setelah menanam pohon jeruk, anda pasti menunggu hasilnya. Setiap jenis pohon memiliki waktu panen yang berbeda-beda. Seperti jeruk keprok yang panen saat berumur 4 tahun atau jeruk siam yang panen saat berumur 2 sampai 3 tahun. 

Cara memanen buah jeruk juga harus anda perhatikan agar nutrisi dari buah ini tidak terganggu serta melukai pohon jeruk. Waktu yang paling tepat untuk memetik buah jeruk adalah pada pagi hari. 

Pemetikan yang benar dilakukan dengan memotong tangkai buah sejauh 2 mm. Tujuannya agar tangkai pohon jeruk tidak ada yang rusak. 
Pohon Jeruk
Sumber: penjagarumah.com
Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan jika ingin menanam pohon jeruk dalam pot. Pastikan anda melakukannya dengan benar.


Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Menanam Pohon Jeruk Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel