Artikel Pilihan

Pohon Mangga yang Terkenal Menghasilkan Buah yang Manis

Pohon Mangga
Mangga merupakan salah satu buah favorit di Indonesia sehingga banyak pohon mangga bisa ditemukan. Tidak hanya di lahan perkebunan, anda juga menemukan pohon mangga di pekarangan rumah karena memang tanaman ini bisa tumbuh dengan mudah. Tanaman ini bahkan tidak perlu diberikan perawatan khusus untuk bisa tumbuh. 

Di Indonesia, ada beberapa jenis mangga yang terkenal manis. Setiap pohon mangga jenis ini panen, buahnya pasti akan diburu. Setiap jenis mangga juga memiliki ciri-ciri yang hampir mirip sehingga memang agak sulit membedakannya. Anda harus mengetahui setiap ciri-ciri pohonnya terlebih dahulu kalau ingin menanamnya. 

Pohon Mangga dengan Buah yang Manis 

Pohon Mangga
Sumber: Pertanianku.com 

1. Mangga Alpukat 

Pohon mangga pertama yang sangat terkenal lezat di Indonesia adalah mangga alpukat. Buah yang satu ini memiliki daging berwarna orange yang terlihat sangat manis, sedangkan kulitnya berwarna hijau cerah. Sekali melihat tampilan buah ini, anda pasti akan langsung ngiler. 

Pohon mangga alpukat lebih cocok hidup di dataran rendah dengan iklim yang tropis. Pohon ini perlu disinari cahaya matahari sepanjang hari. Kalau perawatan yang anda lakukan benar, pohon ini akan lmenghasilkan buah yang lebih besar serta lebih manis. 

2. Mangga Arumanis 

Dari namanya, telah tersirat kalau mangga ini memiliki rasa yang manis. Mangga arumanis memang menjadi salah satu jenis mangga yang difavoritkan oleh orang Indonesia. 

Ukuran buah ini juga cukup besar, tetapi bagian bijinya sangat kecil. Selain rasanya yang manis, aroma yang dimiliki juga sangat harum. Itulah asal usul nama Arumanis diberikan. 

Pohon mangga arumanis bisa tumbuh hingga 6 meter dengan ukuran daun yang cukup besar, yaitu sepanjang 45 cm. Bentuk daunnya lonjong dan runcing. Kulit buah mangga arumanis ditutupi oleh lapisan lilin. 

3. Mangga Apel 

Kalau anda perhatikan, buah mangga yang satu ini memang sangat mirip dengan buah apel karena warna kulitnya yang merah serta bentuknya yang bulat. Meski begitu, warna dagingnya tetap kuning hingga orange. 

Mangga apel juga memiliki aroma yang sangat harum. Rasanya akan sangat manis ketika sudah masak. Namun, sangat asam saat masih muda. Ciri-ciri pohonnya hampir mirip seperti pohon mangga arumanis. 


4. Manga Golek 

Mangga golek merupakan salah satu jenis mangga yang terpanjang karena bisa tumbuh hingga 17 cm dengan bentuk yang runcing. Satu buah mangga golek bisa tumbuh hingga 0,5 kg. Buah mangga yang satu ini tidak memiliki serat dan berwarna kuning. 

Pohon mangga golek mampu tumbuh hingga 9 meter dengan daun yang lonjong dan mampu tumbuh hingga 24 cm, sedangkan lebar daunnya sekitar 6 cm. Kalau anda perhatikan, daun ini memiliki tulang daun yang berjumlah 24 pasang. 

5. Mangga Madu 

Rasanya yang manis membuat mangga ini diberikan nama mangga madu. Mangga yang satu ini biasanya tumbuh di India, Florida, Hawaii, Afrika Selatan, serta Indonesia. 

Jika anda menemukan pohon mangga setinggi 10 meter dengan tajuk 13 meter, bisa jadi itu adalah pohon jenis mangga madu. Daun pada pohon ini berbentuk lonjong dan agak melipat. Panjangnya sekitar 22 cm dan lebarnya 5 cm. Pohon ini memiliki daun yang sangat jarang. 

6. Mangga Manalagi 

Mangga ini hampir mirip dengan mangga madu karena ukurannya yang sama. Namun, anda bisa melihat perbedaannya pada pohon yang menghasilkan buah ini. Pohon mangga manalagi biasanya tumbuh hingga 8 meter dan memiliki mahkota dengan diameter 12 meter. 

Bentuk daunnya lonjong dan runcing, sedangkan bagian pangkalnya lebih besar. Daun pohon ini dapat tumbuh hingga 25 cm dengan lebar 7 cm. Perbedaan daun pohon ini dengan pohon mangga lainnya adalah permukaan daun pohon ini bergelombang. 

7. Mangga Gedong Gincu 

Mangga gedong gincu memiliki ciri-ciri berwarna merah pada pangkalnya, sedangkan bagian ujungnya berwarna kuning agak hijau. Mangga yang satu ini berasal dari Cirebon. 

Tanaman mangga gedong gincu mungkin merupakan pohon mangga tertinggi karena bisa tumbuh hingga 25 cm dengan warna batang cokelat hingga abu-abu. Daunnya berseling, tunggal, dan tampak kaku dengan warna yang agak merah. 

8. Mangga Indramayu 

Seperti namanya, mangga ini berasal dari Indramayu dan merupakan mangga lokal terkenal yang sering diimpor keluar negeri. Kelebihan dari mangga ini adalah aromanya yang sangat menyengat, rasanya yang sangat manis, serta bentuk buahnya yang berbeda. Daging buahnya lumayan berserat dengan kandungan air yang cukup banyak. 

9. Mangga Pakel 

Ketinggian pohon mangga pakel bisa sekitar 20 meter. Jika anda merawatnya dengan benar, pohon ini bisa tumbuh hingga 25 meter. Daun lonjong dengan panjang sekitar 42 cm, sedangkan lebarnya 17 cm. Daun ini memiliki bagian yang sangat runcing dengan permukaan yang bergelombang. 

10. Mangga Kweni 

Pohon mangga kweni juga sangat tinggi, yaitu sekitar 20 meter. Bentuk buahnya yang lonjong memiliki ujung bulat. Buah ini bisa tumbuh hingga seberat 350 gram. Daunnya agak bergelombang dengan panjang 25 cm. 
Pohon Mangga
Sumber: Ilmubudidaya.com

Itulah 10 buah mangga yang memiliki rasa yang manis. Anda tertarik untuk menanam pohon mangga yang mana? .

Belum ada Komentar untuk "Pohon Mangga yang Terkenal Menghasilkan Buah yang Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel