Artikel Pilihan

Melihat Sejarah dan Asal-Usul dari Pohon Mangga

Pohon Mangga
Siapa yang tidak menyukai buah mangga? Sangat sedikit orang yang tidak menyukai buah dari pohon mangga atau Mangifera indica ini karena rasanya yang lezat. Indonesia bahkan tercatat sebagai penghasil mangga terbanyak di dunia dengan berat 1,6 juta ton setiap tahunnya. Jadi, wajar kalau anda menemukan banyak pohon mangga. 

Dalam setahun, pohon mangga bisa berbuah sampai tiga kali. Buah mangga tidak hanya dinikmati di Indonesia saja. Negara-negara lain, seperti Thailand, China, dan Meskiko juga merupakan penghasil mangga terbesar di dunia. Melihat buah mangga yang tersebar di beberapa negara, pernahkah kamu tahu asal-usul dan serajah pohon ini? 

Sejarah Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

1. Asal Negara Pohon Mangga 

Pohon mangga bisa tinggal di iklim yang tropis dan terbesar hampir di banyak negara, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, China, Meksiko, Brasil, Nigeria, dan Pakistan. 

Negara-negara tersebut bukanlah asal asli dari pohon yang satu ini. Pohon mangga ditemukan pertama kali di India sejak 5 ribu tahun yang lalu. Orang India menyebut buah ini dengan bahasa Tamil, yaitu man-gas. 

India memang memiliki iklim yang cukup panas dan sesuai dengan karakteristik pohon ini. Sejarah juga mencatat kalau lembah Sungai Indus merupakan tempat pertama yang membuat pohon ini tumbuh dengan subur. 

2. Ke Asia Tenggara 

Perkembangan zaman akhirnya membuat buah ini terbang ke berbagai dunia. Asia Tenggara merupakan tempat pertama yang menjadi persinggahan pohon mangga. Antara tahun 1400 sampai 1450, para pedagang India membawa buah ini ke Malaysia hingga ke Filipina. 

Buah ini akhirnya ditanam di Filipina, tepatnya di Kepulauan Sulu, Mindanau, dan Pulau Lizon. Buah mangga mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1600 dan ditanam di Kepulauan Maluku 5 tahun kemudian. 

Kepulauan Maluku yang berbatasan langsung dengan Pulau Sulawesi ternyata merupakan tempat pertama kali pohon mangga ditanam di Indonesia. Sejak saat itulah buah mangga jadi terkenal di seluruh Indonesia dan mulai ditanam di berbagai daerah. 

3. Masuk ke Eropa 

Buah mangga memiliki perjalan hingga akhirnya masuk ke negara-negara bagian barat. Buah yang kaya vitamin C ini bahkan baru masuk ke Eropa pada abad ke 18. Tempat pertama yang menjadi persinggahan pertama buah ini adalah Lisabon, ibu kota dari Portugal. 

Kisahnya hampir sama seperti cara mangga masuk ke Asia Tenggara, yaitu dibawa oleh pedagang dari India. Negara tetangga Portugal, yaitu Spanyol juga membawa buah mangga sendiri dari Filipina. 

Spanyol membawa pulang buah ini pada tahun 1870. Inggris juga ikut membawa pulang buah yang memiliki rasa manis ini pada tahun 1890. Inggris juga merupakan negara pertama yang menanam pohon mangga di rumah kaca. 

4. Dibawa ke Afrika 

Buah mangga bisa sampai ke Afrika karena dibawa oleh bangsa Portugis. Sejarah mencatat kalau bangsa Portugis membawa buah mangga dari India ke Afrika Timur. Dari Afrika Timur, pohon mangga menyebar ke Afrika Barat atau tepatya Somali hingga akhirnya ditanam di Kepulauan Canari. 

Sejak dibawa oleh bangsa Portugal ke Afrika Timur, buah yang satu ini telah terkenal di seluruh Benua Afrika hingga akhirnya Nigeria bisa menjadi salah satu negara penghasil buah mangga terbesar di dunia. Nigeria menjadi satu-satunya negara dari Benua Afrika yang mampu menghasilkan 734 ribu ton mangga setiap tahunnya. 

5. Masuk Ke Meksiko 

Bibit pohon mangga juga menyebar dan masuk ke negara Meksiko. Tidak ada catatan sejarah tentang bagaimana buah ini bisa masuk ke negara tersebut, selain catatan tahunnya. Buah mangga masuk ke Meksiko pada tahun 1779. 

6. Ke Amerika Serikat 

Seperti Eropa, mangga juga masuk ke Amerika Serikat pada abad ke 18, tepatnya tahun 1833. Negara bagian Amerika Serikat yang menjadi tempat masuknya mangga adalah Florida. Iklim tropis di Florida bisa membuat pertumbuhan pohon mangga lebih optimal. 

Bibit pertama yang ditanam di Florida tersebut diambil dari Meksiko. Melihat buah mangga yang begitu digemari, Amerika Serikat mencoba untuk menanam lebih banyak pohon mangga lagi. 

Amerika Serikat mencoba mengambil 35 bibit yang didapatkan dengan cara okulasi langsung dari India. Sayangnya, semua bibit tersebut mati. Tidak menyerah, mereka mengambil bibitnya lagi. Namun, dengan cara sambung lengkung. Cara ini berhasil higgga akhirnya pohon ini semakin tersebar di Amerika Serikat. Florida dan California merupakan penghasil mangga terbesar di Amerika Serikat. 


Fakta Unik Pohon Mangga 

Selain sejarah dan asal-usulnya, anda juga pasti ingin mengetahui fakta menarik tentang pohon mangga. Fakta yang jarang orang ketahui tentang tanaman ini adalah bagian daun dan batangnya bisa menyebabkan anda keracunan jika membakarnya. 

Hal ini disebabkan karena ada jamur di bagian pohon mangga tersebut. Selain itu, anda juga pasti kaget mengetahui fakta kalau kandungan vitamin C pada buah mangga lebih banyak dibandingkan buah jeruk. 

Buah jeruk memang terkenal sebagai buah yang kaya akan Vitamin C. Namun, ternyata mangga mengandung 110 mg vitamin C, dibanding jeruk yang hanya mengandung 88 mg saja. 
Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

Itulah sejarah dan asal-usul dari pohon mangga yang harus anda ketahui. Ternyata pohon yang satu ini memiliki perjalanan panjang untuk mengelilingi dunia.

Belum ada Komentar untuk "Melihat Sejarah dan Asal-Usul dari Pohon Mangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel