Artikel Pilihan

Fakta Tentang Pohon Mangga yang Mengejutkan

Pohon Mangga
Pohon mangga merupakan tanaman yang paling populer di Indonesia bahkan dunia. Ada banyak sekali jenis pohon mangga, yang baru-baru ini terkenal adalah mangga alpukat, yang merupakan kawin silang dari 3 jenis mangga. Buah mangga juga sering dijadikan bahan untuk membuat berbagai macam makanan. 

Apakah anda tahu suka makan buah mangga? Tahukan anda kalau Indonesia bisa menghasilkan 1.6 juta ton buah mangga dalam setahun? Berapa banyak pohon mangga yang dibutuhkan untuk menghasilkan buah mangga sebanyak itu? Masih ada banyak lagi fakta soal pohon dengan nama latin Mangifera indica ini bagi anda, seorang pecinta mangga. 

Fakta Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

1. Berasal Dari India 

Buah mangga sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Masyarakat Indonesia bahkan sudah sangat dekat dengan buah ini. Di Cina dan Thailand, ada banyak sekali olahan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan dasar mangga. 

Karena sangat terkenal di berbagai negara, bisakah anda menebak dari mana asal pohon mangga? Tanaman yang satu ini berasal dari India. Menurut data, India merupakan penghasil buah mangga tertinggi di dunia dengan 13 juta ton setiap tahunnya. 

Tanaman ini dipercaya telah berada di India sejak 5 ribu tahun yang lalu dengan nama man-gas. Nama tersebut diambil dari bahasa Tamil. Menurut sejarah, pohon mangga ini tumbuh dengan subur di sungai Indus. 

2. Punya Warna Kulit yang Beragam 

Ada banyak sekali jenis buah mangga, mulai dari mangga alpukat hingga mangga arumanis. Buah mangga terdiri atas tiga bagian, yaitu kulit, daging buah, dan biji. Hampir semua daging buah mangga berwarna kuning, sedangkan bijinya berukuran agak besar. 

Warna kulit buah mangga yang paling umum adalah hijau atau kuning. Namun, ternyata buah mangga memiliki warna kulit yang beragam tergantung dari jenisnya. Ada mangga yang memiliki kulit berwarna ungu hingga merah. 

Salah satu mangga yang memiliki warna ungu adalah mangga osteen yang mulai dikembangkan di Florida sejak tahun 1935 lalu. 

3. Kaya Vitamin C 

Buah apa yang kaya vitamin C? Anda pasti langsung terbayang dengan buah jeruk. Buah yang paling kaya akan vitamin C adalah jeruk seperti sudah tertanam di dalam pikiran orang Indonesia, tetapi fakta berkata lain. 

Ternyata buah mangga mengandung vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk. Mangga mengandung 122 mg vitamin C, sedangkan jeruk mengandung 83 mg vitamin C saja. Perbedaannya cukup jauh antara kedua buah tersebut. 

Selain vitamin C, buah mangga juga lebih unggul karena mengandung lebih banyak zat lainnya, seperti vitamin A, magnesium, dan kalium sehingga lebih sehat dikonsumsi dan memberikan nutrisi yang lebih lengkap. 

4. Pohon yang Beracun 

Buah mangga memang sangat lezat, meski rasanya masih asam. Namun, anda juga harus berhati-hati ketika memakan mangga karena buah ini ternyata bisa menjadi buah yang beracun. 

Racun itu bukan berasal dari dalam buah mangga, melainkan dari getah yang suka menempel di kulit mangga. Getah tersebut bernama urushiol dan memiliki warna yang bening. Anda harus membersihkannya sebelum memakan buah mangga kalau tidak ingin terjadi iritasi pada kulit. 

Bukan hanya buahnya saja, bagian pohon mangga yang lain juga bisa menyebabkan anda keracunan. Kalau anda membakar daun atau batang pohonnya, usahakan menghindari asap pembakaran tersebut karena bisa membuat mata dan kulit menjadi terinfeksi. 

Hal ini disebabkan karena ada kandungan jamur yang beracun di sekujur tubuh pohon mangga dan akan menguap ketika anda membakarnya. 

5. Mangga Muda Cocok Untuk Ibu Hamil 

Ibu yang hamil pasti selalu mencari mangga muda karena rasanya yang asam. Bukan hanya karena rasanya, ternyata mangga muda memang sangat baik untuk ibu hamil karena berbagai kandungan serta manfaatnya. 

Mangga yang masih muda mengandung vitamin B6 yang berguna untuk membuat tingkat imun tubuh jadi meningkat. Vitamin yang satu ini juga bisa mengatasi mual yang sering dialami oleh ibu hamil. 

Mangga muda tidak hanya cocok untuk ibu hamil. Selain fungsinya untuk mengatasi mual, ternyata buah ini juga bisa mengatasi kecemasan pada pagi hari atau morning sickness. 

Kandungan kalium yang masih sangat tinggi saat muda juga membut buah ini bisa mengatasi tekanan darah tinggi serta mengatur detak jantung. 

6. Mangga Terbesar 

Ada satu mangga yang tercatat dalam buku rekok sebagai mangga terbesar dan terberat. Mangga tersebut berasal dari Filipina dan dimiliki oleh dua pasangan bernama Sergio dan Maria Socorro Bodiongan. Mangga ini tumbuh hingga seberat 3,4 kg, dimana mangga normalnya tumbuh hingga 1 kg saja. 


Persebaran Pohon Mangga di Berbagai Negara 

Pohon mangga tersebar di berbagai penjuru dunia. Pohon yang satu ini biasanya tumbuh di daerah dengan iklim tropis, seperti Indonesia, Florida, dan Hawaii. India merupakan negara pertama ditemukannya pohon yang satu ini. 

Thailand, China, Meksiko, Pakistan, Filipina, Brasil, Vietnam, dan Nigeria juga merupakan negara yang memiliki banyak pohon mangga. 
Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

Itulah fakta menarik tentang pohon mangga yang harus anda ketahui. Fakta mana sajakah yang sudah anda ketahui sebelumnya?

Belum ada Komentar untuk "Fakta Tentang Pohon Mangga yang Mengejutkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel