Artikel Pilihan

Ingin Pohon Jeruk Cepat Berbuah? Coba Metode Pikung Ini

Pohon Jeruk

Salah satu kendala yang sering dihadapi orang yang memiliki pohon jeruk adalah buah yang tidak kunjung muncul. Umumnya, pohon jeruk akan berbuah setelah berumur 2 sampai 3 tahun. Jeruk siam akan berbuah saat umur 2 atau 3 tahun, sedangkan pohon jeruk keprok berbuah saat usianya 4 tahun.

Jenis pohon jeruk memang berpengaruh terhadap waktu pertumbuhan buah jeruk. Namun, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar jeruk cepat berbuah. Salah satu caranya adalah dengan metode pikung atau pijat Lengkung. Metode yang satu ini telah terbukti bisa membuat pohon lebih cepat berbuah. 

Metode Pijat Lengkung Pada Pohon Jeruk 

Pohon Jeruk
Sumber: agromaret.com

1. Apa Itu Metode Pijat Lengkung? 

Metode pijat lengkung atau metode pikung merupakan salah satu metode yang sering digunakan untuk mempercepat pertumbuhan buah jeruk pada pohon jeruk. Teknik ini sering digunakan pada tanaman jeruk keprok yang pertumbuhannya lebih lama dibandingkan jeruk siam. 

Metode ini cocok dilakukan pada pohon jeruk yang belum juga berbuah, meski telah melewati umur yang seharusnya. Metode yang satu ini tidak membutuhkan banyak peralatan, anda hanya membutuhkan waktu yang tepat saja ketika akan melakukannya. Sesuai namanya, anda hanya perlu melakukan sebuah pijatan dan lengkungan pada salah satu cabang. 

2. Cara Melakukan Metode Pijat Lengkung 

Melakukan metode pikung atau pijat lengkung sangatlah mudah dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda hanya membutuhkan keterampilan dan hati-hati dalam melakukannya. 

Anda harus melengkungkan bagian cabang pohon jeruk yang agak sedikit layu sampai timbul bunyi. Namun, jangan sampai patah. Inilah letak kesulitan metode pijat lengkung atau pikung ini sehingga anda membutuhkan kesabaran. 

Selain itu, ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Sebelum melakukan metode yang satu ini, anda harus rutin memberikan pupuk kepada tanaman ini setidaknya 3 bulan sebelum anda akan melakukan metode pijat lengkung ini. 

Kalau anda sudah siap, anda harus melengkungkan bagian cabang yang telah mulai layu dimulai dari bagian bawah pohon, perlahan naik ke bagian atas. 

3. Pasca Metode 

Metode tersebut memang sangat mudah dan simpel untuk dilakukan. Namun, metode pijat lengkung ini belum selesai sampai anda melengkungkan cabangnya saja. Anda juga harus melakukan pemantauan setelah melakukan pelengkungan. 

Selama 2 sampai 3 bulan pertama setelah melakukan metode yang satu ini terhadap pohon jeruk, anda tidak perlu menyiram tanaman ini. Jangan khawatir kalau pohon yang anda miliki akan layu. 

Tidak adanya aliran air untuk tanaman ini akan membuatnya mencari nutrisi yang lain, terutama ketika cabangnya telah dibengkokkan. Setelah 2 sampai 3 bulan, barulah anda boleh menyiram tanaman ini lagi. 

4. Faktor Penentu Keberhasilan 

Meski telah banyak bukti yang mengatakan metode ini berhasil membuat pohon jeruk berbuah lebih cepat, nyatanya tidak semua metode ini berhasil dilakukan. Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilannya. 

Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan metode pijat lengkungan ini terhadap pertumbuhan buah jeruk, antara lain adalah komposisi pupuk yang anda berikan. Seperti yang diketahui, kalau pohon jeruk membutuhkan unsur hara yang tepat agar bisa menghasilkan buah yang berkualitas. 

Ada tiga unsur hara penting yang dibutuhkan pohon jeruk dalam jumlah yang banyak, yaitu nitrogen, phosphor, dan kalium. Ketiga unsur hara tersebut harus diberikan kepada tanaman ini dengan seimbang dan rutin. 

Faktor yang satu ini sangat menentukan karena terjadi perubahan bentuk dari pohon jeruk, yang semula lurus dalam proses pertumbuhan atau vegetatif menjadi lengkungan dalam proses produksi atau generatif. 

5. Bukti Keberhasilan 

Metode Pijat Lengkung Ada beberapa bukti dari keberhasilan metode pikung atau pijat lengkung yang dilakukan. Kebanyakan metode pijat lengkung dilakukan kepada pohon jeruk keprok yang memang membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. 

Bukti keberhasilan ini dikatakan langsung Balitbangtan atau Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pada hasil percobaan metode pijat lengkung yang dilakukan Balitbangtan, sebuah pohon jeruk keprok mampu tumbuh berbuah saat baru berumur 2,5 tahun. Buahnya juga tidak sedikit, bisa berbuah sampai 25 kilogram setiap bulannya. 

Cara Lain Agar Pohon Jeruk Cepat Berbuah 

Selain metode pikung atau pijat lengkung yang dapat anda lakukan, ada beberapa hal lain juga yang bisa anda lakukan untuk memastikan pohon jeruk cepat berbuah. Salah satu caranya adalah memastikan kalau perawatan yang anda lakukan telah benar. 

Perawatan yang benar dilakukan dengan cara menyiram pohon jeruk secara rutin setiap hari, memberikan pupuk setiap bulan, dan memotong bagian yang telah layu. Pastikan juga kalau tidak ada hama yang menyerang tanaman ini. Beberapa hama dapat menyebabkan proses pembuahan jadi berjalan lambat. Kalaupun berbuah, buahnya jadi cepat busuk. 

Pohon Jeruk
Sumber: ilmudasar.id
Selain itu, anda harus membiarkan sinar matahari menyinari pohon jeruk karena sinar matahari merupakan komponen yang penting untuk pertumbuhan tanaman ini. Sinar matahari membantu proses pernapasan. 

Proses pernapasan yang lancar akan memberikan beberapa tambahan unsur hara yang penting untuk pohon jeruk. 

Itulah sekilas tentang metode pijat lengkung atau pikung yang bisa anda lakukan agar pohon jeruk cepat berbuah. Semoga bermanfaat ya.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Pohon Jeruk Cepat Berbuah? Coba Metode Pikung Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel