Artikel Pilihan

Beberapa Penyebab Pohon Jeruk Susah Tumbuh

Pohon Jeruk

Kebutuhan akan buah jeruk yang tinggi membuat pohon jeruk banyak ditanam oleh petani. Setidaknya ada 15 jenis pohon jeruk yang bisa ditanam, beberapa yang paling sering dijumpai adalah jeruk nipis, jeruk Sunkist, jeruk limau, jeruk purut, dan masih ada banyak lagi. Cara menanam dan merawat semua jenis jeruk tersebut juga tidak jauh berbeda.

Anda juga bisa menanam pohon jeruk sendiri kalau sangat suka memakan buah jeruk dan malas membelinya. Namun, ada beberapa kendala yang mungkin akan anda hadapi. Salah satunya adalah buah yang tidak kunjung tumbuh. Untuk mengatasi permasalahan ini, anda harus tahu beberapa penyebabnya terlebih dahulu. 

Penyebab Pohon Jeruk Tidak Menumbuhkan Buah 

Pohon Jeruk
Sumber: bibitbunga.com

1. Bibit yang Belum Siap 

Langkah pertama yang paling penting ketika akan menanam pohon jeruk adalah mencari bibitnya. Pastikan anda mencari bibit yang berkualitas dan telah siap berbuah. Gunakan juga metode pengambilan bibit yang telah terbukti menghasilkan buah. 

Jika anda asal mencari bibit, kemungkinan besar anda bisa mendapatkan bibit yang belum cukup umur untuk berbuah hingga akhirnya pohon jeruk yang anda tanam akan lama berbuah. 

Karena itu, anda harus pastikan terlebih dahulu asal bibit tersebut. Lihatlah pohon yang akan anda ambil bibitnya. Pastikan kalau berbuah dengan rutin dan terawat dengan benar. 

Selain itu, ambil bibit tersebut menggunakan metode cangkok, pucuk sambung, atau okulasi yang telah terbukti membuat pohon lebih cepat berbuah. 

2. Tidak Ada Pembuahan 

Penyebab selanjutnya adalah tidak adanya pembuahan yang terjadi pada pohon jeruk. Pembuahan merupakan proses yang penting agar pohon ini bisa berbuah. Tanpa adanya pembuahan, buah yang kaya akan vitamin C ini tidak akan pernah muncul. 

Proses pembuahan umumnya memerlukan angin untuk membawa serbuk sari dari bunga atau serangga yang akan menjatuhkan serbuk tersebut di sekitar tempat pohon untuk berbuah. Penyebab yang satu ini sering terjadi kalau anda menanam pohon jeruk di tempat yang tertutup, seperti rumah kaca. Tempat seperti rumah kaca jarang sekali dimasuki angin atau serangga sehingga jarang terjadi proses pembuahan. 

Bila memang anda menanam di tempat yang tertutup, anda harus membantu proses pembuahan pada tanaman ini. Proses pembuahan secara manual bisa anda lakukan dengan cara sering menggoyangkan beberapa cabang pohon agar serbuk sari jatuh dan berpindah. 

3. Perawatan yang Salah 

Pohon jeruk memerlukan perawatan yang intensif, seperti penyiraman setiap hari, pemberian pupuk setiap bulan, dan pemangkasan bagian yang telah rusak secara rutin. Untuk menghasilkan buah yang berkualitas, tanaman ini membutuhkan air dan pupuk. 

Dari air dan pupuk, tanaman dengan nama latin Citrus ini akan mendapatkan unsur hara yang berfungsi untuk menumbuhkan buah jeruk yang berkualitas. Karena anda jarang menyiram atau memberikan pupuk, bukan tidak mungkin pohon ini jadi jarang berbuah. 

Jika anda telah melakukan kesalahan yang satu ini, mulailah rutin merawat pohon jeruk yang anda miliki. Jangan lupa untuk selalu menyiram dan memberikan pupuk. Perhatikan juga setiap bagiannya. 

4. Tidak Terkena Sinar Matahari 

Salah satu kebutuhan pohon jeruk adalah sinar matahari. Sinar dari matahari dapat membantu proses pernapasan pada semua tanaman, tidak terkecuali dengan tanaman yang satu ini. 

Tanpa sinar matahari, tanaman ini tidak akan bisa tumbuh sehat dan normal, apalagi berbuah dengan lebat. Karena itu, tanamlah pohon jeruk di tempat yang akan terkena sinar matahari setiap harinya. 

Kalau anda menggunakan teknik tabulampot, selalu pindahkan pot tanaman ini ke tempat yang terkena sinar matahari. Pohon jeruk harus terkena sinar matahari setiap hari setidaknya selama 5 jam. 

5. Suhu yang Ekstrem 

Pohon jeruk tidak boleh tinggal di iklim yang terlalu panas atau dingin. Tanaman ini juga tidak bisa tinggal di daerah yang terlalu tinggi. Setidaknya, pohon yang satu ini dapat tumbuh di iklim dengan suhu 20 derajat sampai 30 derajat celcius. Tanaman yang satu ini juga hanya bisa tinggal paling tinggi 400 meter dari permukaan laut. 

Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat bunga yang baru tumbuh menjadi mati. Selain itu, daun jeruk juga tidak akan bisa bertahan lama hingga akhirnya rontok. 

Jika cuaca tempat anda menanam pohon jeruk memang sangat ekstrem, anda harus menggunakan rumah kaca untuk menanamnya atau metode tabulampot agar bisa menyimpan tanaman ini di dalam ruangan. 

Cara Menanam Pohon Jeruk 

Selain mengetahui penyebab buah jeruk tidak tumbuh, anda juga harus mengetahui cara menanam pohon jeruk dengan benar. Cara penanaman yang salah juga merupakan salah satu penyebab tanaman ini tidak bisa tumbuh. 

Pertama, anda harus menyiapkan media tanam terlebih dahulu. Lubangi media tanam tersebut berukuran 30 cm atau sesuaikan dengan bibit yang anda miliki. Berikan pupuk ke lubang media tanam tersebut. 

Kalau sudah, tanam bibit pohon jeruk dan langsung siram begitu anda selesai menanamnya. Setelah itu, anda harus mulai rajin menyiram dan memberikan pupuk secara rutin. 

Kira-kira, apa yang menyebabkan pohon jeruk anda tidak tumbuh? Kalau sudah tahu penyebabnya, anda bisa mengatasinya dengan benar. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Penyebab Pohon Jeruk Susah Tumbuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel