Artikel Pilihan

Ciri-Ciri Pohon Pisang yang Harus Anda Ketahui

Pohon Pisang
Kalau anda perhatikan di pekarangan rumah atau kebun sering kali tumbuh pohon pisang. Tidak mengherankan karena pohon pisang memang mudah tumbuh di mana saja. Tanaman dengan nama latin Musa ini bahkan menghasilkan buah yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Data menyebutkan kalau hampir 46% buah yang dimakan orang Indonesia adalah buah pisang. 

Anda mungkin telah mengetahui bentuk fisik dari pohon pisang. Namun, apakah anda mengetahui ciri-ciri detail dari tanaman yang satu ini? Jangan hanya memakan buahnya saja, anda juga harus mengetahui ciri-ciri dari pohonnya. Meski banyak jenisnya, tetapi pohon ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama. 

Mengetahui Ciri-Ciri Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com


1. Akar 

Semua tanaman pasti memiliki akar yang berfungsi untuk menyerap makanan dari tanah, begitu juga dengan pohon pisang. Tanaman yang satu ini memiliki akar serabut, tetapi tidak berakal tunggal. Tanaman yang memiliki akar seperti ini biasanya disebut tanaman monokotil. 

Akar yang berwarna cokelat ini biasanya akan tumbuh ke samping hingga tampak di permukaan tanah. Pertumbuhan akar ini ke samping bisa mencapai 5 meter. Karena pertumbuhannya yang ke samping ini lah yang membuat pohon pisang tidak cocok ditanam di daerah dengan angin yang kencang. 

Akar menyamping tidak akan kuat menahan batang pohon yang terus digoncang. Pertumbuhan ke arah bawah akar ini bahkan tidak mencapai 2 meter. 

2. Batang 

Karena akarnya tidak terlalu kuat menahan batangnya, batang pohon ini juga tidak bisa tumbuh terlalu tinggi. Pada umumnya, pohon pisang memiliki tinggi sekitar 1 meter sampai 3 meter. 

Pohon yang satu ini memiliki batang dengan bentuk yang bulat silindris dan memiliki beberapa lapisan. Tidak seperti pohon pada umumnya, pohon pisang memiliki dua batang yang terdiri atas batang utama dan batang semu. 

Batang asli pohon ini beradap di panggal dan biasanya tertanam di bawah tanah, sedangkan batang palsu berada di atas tanah dan berdiri panjang. Disebut sebagai batang palsu karena hanya terdiri atas pelepah daun. Jadi, selama ini anda hanya melihat batang palsunya saja. 

Kalau pohon kebanyakan memiliki batang yang kuat, pohon pisang memiliki batang yang agak lunak dan tidak memiliki kambium. Batangnya berwarna hijau muda dan sedikit kecokelatan. 

3. Daun 

Sebagian orang pasti sudah mengetahui bentuk daun dari pohon pisang karena merupakan bagian yang paling menonjol dan juga sering digunakan sebagai bungkus makanan. 

Daun pisang memiliki bentuk yang bulat dan agak memanjang dan lebar. Daun ini juga memiliki tulang yang terbuat dari pelepah. Bagian ujung daun yang satu ini agak tumpul, sedangkan bagian tepinya rata. 

Kandungan air dalam daun pisang ini cukup banyak karena daun pisang memiliki rongga yang cukup besar. Inilah alasan kenapa anda harus menyiapkan air yang cukup banyak jika ingin menanam pohon pisang. 

Daun pisang memiliki warna hijau tua kalau umurnya sudah tua. Namun, akan berwarna hijau muda kalau masih muda. 

4. Bunga 

Seperti pohon lainnya yang berbuah, pohon pisang juga memiliki bunga yang letaknya berbeda. Bunga betina terletak di pangkal, sedangkan bunga jantan berada di bagian tengah pohon. 

Kalau anda pernah melihat ada bagian menonjol di dekat buah pisang dan orang-orang menyebutnya jantung pisang, itulah bunga pisang. Bunga ini bisa dibilang sebagai bunga yang semu karena tidak benar-benar berfungsi seperti bunga pada umumnya. 

Bunga pada pohon pisang umumnya berwarna merah yang agak gelap. Namun, beberapa jenis memiliki bunga dengan warna kuning atau ungu. Dalam satu pohon, ada banyak bunga yang bisa tumbuh. 

5. Buah dan Biji 

Anda pasti telah mengenal sekali ciri-ciri dari buah pisang karena merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh rakyat Indonesia. Buah pisang akan tumbuh dalam bentuk satu sisir di dekat jantung atau bunganya. 

Buah pisang berbeda-beda tergantung jenisnya, tetapi umumnya panjang dan agak melengkung dengan warna hijau hingga kuning. Warna dagingnya yang paling umum adalah kuning. 

Buah ini memiliki biji yang berukuran sangat kecil dan bisa anda makan. Kalau biji buah lain bisa digunakan sebagai bibit generatif, biji buah pisang tidak bisa digunakan sebagai bibit dengan cara penanaman yang sama. 


Manfaat Setiap Bagian Pohon Pisang 

Jika anda memiliki pohon pisang, pastilah manfaat utamanya untuk memakan buahnya. Buah pisang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Selain enak karena memiliki rasa yang manis, buah pisang juga kaya akan nutrisi dan bisa mengobati berbagai penyakit. 

Selain buahnya, ada banyak bagian lain juga yang bisa anda manfaatkan. Bagian batang misalnya, Bagian batang dari pohon pisang bisa dimanfaatkan untuk dimakan. Karena terdiri atas daun dan pelepah pisang, batangnya bisa dimasak. 

Selain itu, anda pasti sering melihat bungkus makanan yang menggunakan daun pisang. Daun yang berbentuk lebar ini memang cocok sebagai pembungkus makanan. 

Jantung pohon pisang juga sering dijadikan bahan masakan, bahkan ada beberapa daerah yang menjadikan jantung pisang sebagai makanan pokok. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Itulah ciri-ciri pohon pisang yang harus anda ketahui. Memakan buah pisang memang menyenangkan. Namun, jangan sampai tidak mengetahui karakteristik pohonnya.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-Ciri Pohon Pisang yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel