Artikel Pilihan

Cara Menanam Pohon Mangga Dengan Mudah Hingga Panen

Pohon Mangga
Kalau anda sangat suka makan buah mangga, kenapa tidak menanam pohon mangga sendiri di pekarangan rumah anda? Menanam pohon mangga tidaklah sulit. Selain itu, perawatan untuk tanaman ini juga sangat gampang. Namun, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi agar tanaman ini bisa tumbuh dengan optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas. 

Pastikan anda telah memiliki pekarangan yang luas agar pohon mangga tidak menabrak benda yang ada di sekitar rumah anda. Pastikan juga kalau anda tinggal di dataran yang rendah karena pohon yang satu ini lebih bagus jika tinggal di dataran tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut. Jika anda sudah memenuhi syarat tersebut, anda telah siap menanam pohon ini. 

Cara Mudah Menanam Pohon Mangga 

Pohon Mangga
Sumber: 99.co

1. Siapkan Lahan 

Langkah pertama akan anda mulai dengan menyiapkan lahan untuk menanam pohon mangga ini terlebih dahulu. Tanah yang baik untuk tanaman ini adalah tanah gembur dengan kandungan humus yang banyak hingga tanah yang lempung. 

Anda juga harus memastikan kalau tanah tersebut tanah yang netral. Jika anda menanam di tanah yang asam atau basa, pohon ini tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Persiapkan media tanam ini dengan maksimal agar pohon mangga bisa berbuah dengan lebat. 

Jika anda sudah menemukan tanah yang cocok untuk menanam pohon mangga, gali tanah hingga ukuran 1 meter dengan kedalaman yang sama. Kalau ingin menanam lebih dari 1 pohon, berikan jarak sekitar 6 meter. 

Setelah menggali tanah, biarkan dulu selama satu bulan dengan tujuan untuk menghilangkan racun pada tanah. Setelah satu bulan, campurkan dengan pupuk. Diamkan lagi selama 2 minggu. 

2. Proses Penanaman 

Setelah anda selesai menyiapkan media tanam untuk pohon ini, anda bisa masuk dalam proses penanaman. Sebelumnya, anda sudah harus memiliki bibit pohon mangga yang baik. Jika belum tahu cara memilih bibit yang berkualitas, anda bisa mencari informasi tersebut di internet. 

Bibit mangga biasanya dibungkus dengan plastik polybag. Lepaskan plastik tersebut hingga tidak ada yang menempel di akar. Kemudian gali lagi lahan yang telah anda siapkan sebelumnya hingga mencapai ukuran 20 cm dari atas leher akar. 

Letakkan ke bibit ke dalam tanah hingga dan tutup kembali lubang tersebut. Tekan tanah tersebut saat kembali menutup lubangnya agar tetap kokoh dan mampu menahan bibit tersebut. Pastikan kalau anda menanam ditempat yang sering terkena sinar matahari karena tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak. 

3. Pemberian Pupuk 

Begitu selesai menanam pohon mangga, segera berikan pupuk. Anda bisa memberikan pupuk kandang. Pupuk dibutuhkan oleh tanaman ini agar bisa tumbuh dengan subur serta menghasilkan buah yang lebat. Selain ketika selesai menanam, anda perlu memberikan pupuk pada saat tertentu. 

Pada awal musim hujan, berikan pupuk dengan cara di dalam tanah dengan cara gali lubang di sekitar pohon mangga dan taburkan pupuk. Setelah itu, tutup kembali tanah tersebut. 

Anda juga harus memberikan pupuk saat berusia 2 sampai 5 tahun dengan dosis 30 kg setiap tahunnya. Sedangkan saat berusia 6 sampai 15 tahun, tambahkan dosisnya hingga 60 kg. 

4. Pemangkasan 

Seiring dengan pertumbuhannya, ada beberapa bagian dari pohon mangga yang harus anda pangkas agar menghasilkan buah yang banyak. Pada usia 1 tahun, pangkaslah batang dari permukaan tanah sebanyak 50 cm. 

Tepat pada usia 2 tahun, akan ada beberapa tunas yang tumbuh. Jaga tunas tersebut agar tidak mati. Saat setelah masuk pada masa panen, akan ada tunas dan cabang yang kering dan mati. Pangkas bagian tersebut agar bagian yang baru segera tumbuh. 

Pangkas juga bagian cabang yang tumbuhnya ke arah bawah. Cabang seperti ini bukanlah cabang produktif yang akan menghasilkan banyak daun serta buah. 

5. Masa Panen 

Masa-masa panen merupakan saat-saat yang pastinya anda tunggu. Pada saat ini, anda bisa menikmati buah mangga yang sangat enak dari proses awal anda menyiapkan lahannya. 

Dengan perawatan yang benar, pohon mangga akan panen dalam kurun waktu antara 90 hari sampai 120 hari dari awal berbunga. Untuk mengambil buahnya, potonglah bagian pangkal batangnya. Namun, jangan sampai melukai bagian cabangnya. Anda perlu peralatan yang tajam dan kuat untuk mengambil buah mangga ini. 


Jenis Pohon Mangga yang Manis 

Setelah mengetahui cara menanam pohon mangga hingga masa panen, kini anda harus memilih untuk menanam salah satu jenis mangga. Tujuan anda menikmati mangga adalah ingin mendapatkan rasanya manis. 

Ada beberapa jenis mangga yang manis, yaitu mangga arumanis, mangga alpukat, mangga madu, mangga apel, mangga manalagi, dan masih banyak lagi. 

Setiap jenis pohon mangga tersebut memiliki ciri-ciri yang hampir sama, yaitu bisa tumbuh dari 8 meter hingga 20 meter, memiliki daun yang lonjong dengan ujung yang runcing. Daun mangga rata-rata tumbuh hingga sepanjang 45 cm dengan lebar 7 cm. 

Apakah anda sudah mulai menanam pohon mangga? Kalau belum, sebaiknya anda segera menanamnya. Anda juga sudah tahu cara menanam pohon tersebut dengan mudah, mulai dari menyiapkan lahan hingga masa panen.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pohon Mangga Dengan Mudah Hingga Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel