Artikel Pilihan

Beberapa Jenis Pohon Jeruk Unggul yang Cocok Anda Tanam

Pohon Jeruk

Ada banyak sekali jenis pohon jeruk yang menghasilkan berbagai jenis buah jeruk. Setiap pohon jeruk tersebut menghasilkan buah jeruk dengan ciri-ciri yang berbeda. Pada umumnya, buah jeruk berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki kulit yang tebal, dan berukuran kecil hingga besar. Namun, ada beberapa jeruk yang berbentuk lonjong, hingga seperti jari.

Dalam menanam tanaman buah, tentulah anda mengharapkan hasil buah yang bagus dan cepat. Dari banyaknya jenis pohon jeruk tersebut, ada beberapa yang merupakan unggulan dan menghasilkan buah dalam waktu yang cepat. Selain cepat, buahnya juga bagus dan sehat tanpa perawatan yang ribet. 

Berbagai Jenis Pohon Jeruk Unggulan 

Pohon Jeruk
Sumber: wikifarmer.com

1. Pohon Jeruk Keprok Siem 

Jeruk keprok siem memiliki warna yang agak hijau kekuningan dengan tekstur kulit yang licin. Dagingnya didominasi dengan rasa yang manis dan agak sedikit asam. Buah ini sering dimakan secara langsung. 

Pohon jeruk keprok siem sering dibudidayakan pada pekarangan rumah karena proses penanamannya yang mudah dan tentu saja buah yang cepat tumbuh. Tanaman yang satu ini memang salah satu jenis jeruk unggulan dan dapat tumbuh tanpa musiman. 

Jika anda ingin menanam pohon jeruk keprok siem, carilah tanah dengan tekstur gembur yang mengandung banyak air. Pohon yang satu ini sangat cocok dengan tanah yang mengandung banyak air agar pertumbuhannya semakin baik. Satu lagi keunggulan pohon ini, yaitu tidak terpengaruh terhadap iklim sehingga anda bebas menanamnya kapan saja dan dimana saja. 

2. Pohon Jeruk Dekopon 

Jeruk dekopon merupakan salah satu jenis jeruk yang berasal dari Jepang sehingga sering disebut sebagai sumo citrus. Alasan lainnya nama tersebut diberikan adalah bentuknya yang mirip dengan pemain sumo. 

Bentuk jeruk ini memang agak unik, yaitu bulat besar. Namun, ada tonjolan di bagian atasnya. Warnanya seperti warna jeruk pada umumnya, yaitu kuning agak hijau. Buah ini menghasilkan rasa yang manis. 

Pohon jeruk dekopon bisa menjadi salah satu tanaman yang ditanam di pekarangan rumah karena mudah berbuah dan cepat beradaptasi dalam lingkungan. Pohon yang satu ini bisa ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. 

Pohon jeruk yang satu ini juga tidak terpengaruh dengan iklim dan suhu. Orang mengira tanaman ini bisa tinggal di Indonesia karena iklim yang tidak jauh berbeda dengan di Jepang sehingga jeruk dekopon ini mudah beradaptasi. 

Satu buah jeruk dekopon mampu tumbuh hingga seberat 0.5 kilogram. Jika cara menanam anda bagus, satu buah jeruk dekopon bisa tumbuh dengan berat mencapai 1,3 kg. 

3. Pohon Jeruk Bali 

Jeruk bali atau jeruk pamelo madu memiliki kulit yang berwarna hijau dan daging yang berwarna agak murah. Bulir jeruknya cukup besar dengan rasa yang manis. Jeruk yang satu ini juga terkenal dengan ukuran yang sangat besar, bisa mencapai berat 1 kg untuk 1 buahnya. 

Kandungan air dalam jeruk bali yang begitu banyak membuat anda harus menanam pohon jeruk bali di tanah yang kaya akan air. Meski begitu, pohon jenis jeruk ini cukup mudah dirawat dan lebih cocok hidup di dataran rendah. 

4. Jeruk Pamelo Merah 

Kalau jeruk pamelo madu adalah jeruk bali, berbeda lagi dengan jeruk pamelo merah. Jeruk yang satu ini berasal dari Thailand. Jeruk pamelo merah sangat mirip dengan pamelo madu. Perbedaannya hanya pada warna merah pada jeruk pamelo merah ketika sudah masak. 

Jika anda suka dengan buah jeruk yang besar, menanam pohon jeruk pamelo merah cocok untuk anda karena satu buahnya dapat tumbuh hingga 20 cm dengan berat 3,5 kg. 

Pohon jeruk pamelo merah juga berbuah tanpa memandang musim serta mudah dirawat karena iklim di Thailand hampir mirip dengan iklim di Indonesia. 

5. Pohon Jeruk Nagami 

Satu lagi jenis jeruk yang berasal dari Jepang, yaitu jeruk nagami. Jeruk yang satu ini memiliki bentuk yang agak berbeda dengan jeruk pada umumnya. Kalau jeruk biasanya berbentuk bulat, jeruk ini berbentuk agak lonjong. Kalau kulit jeruk biasanya tidak bisa dimakan, kulit jeruk ini bisa langsung dimakan. 

Kelebihan dari pohon jeruk nagami adalah buahnya yang bisa terus berbuah, meski bukan pada musimnya. Selain itu, anda juga bisa langsung memakan jeruk ini tanpa membuang kulitnya terlebih dahulu. 

Cara Merawat Pohon Jeruk 

Meski pohon jeruk di atas merupakan pohon unggulan yang bisa berbuah setiap saat tanpa musiman, tetap saja anda harus merawatnya dengan benar. Pohon ini tidak akan menghasilkan buah kalau anda salah dalam perawatannya. Pada kasus yang buruk, tanaman ini bisa mati. 

Karena itu, anda juga harus tahu cara perawatan yang benar untuk tanaman ini. Perawatan untuk setiap jenis pohon jeruk pada umumnya sama, yaitu butuh disiram setiap hari, diberikan sinar matahari, dan diberikan pupuk. 

Anda harus menyiram pohon jeruk setidaknya sekali sehari, meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari setidaknya 5 jam dalam sehari, dan memberikan pupuk setidaknya sebulan sekali. 
Pohon Jeruk
Sumber: infobuah.com
Jadi, dari beberapa pohon jeruk unggulan yang bisa terus berbuah, jenis jeruk manakah yang anda pilih?

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Jenis Pohon Jeruk Unggul yang Cocok Anda Tanam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel