Artikel Pilihan

Mengintip Keindahan Pohon Tabebuya yang Viral di Dunia Maya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Biasanya, musim penghujan selalu diidentikkan dengan banjir, tapi tidak di Surabaya. Di Kota Pahlawan ini justru sedang diliputi keindahan bernuansa Jepang dari pohon tabebuya yang tumbuh di sepanjang jalan.

Para pengguna jalan pun pastinya dimanjakan dengan pemandangan warna-warni bunga dari pohon bernama latin Chrysotricha ini. Memang benar, tabebuya yang berasal dari Brazil ini tengah berbunga seiring dengan musim hujan yang datang di setiap tahunnya.

Penduduk Surabaya yang melintas di jalan-jalan utama kota, khususnya di bulan September hingga November akan dimanjakan dengan keindahan tabebuya yang bermekaran. Sekilas, bunga ini tampak seperti bunga sakura khas Jepang yang bisa ditemui hampir di semua kawasan jalanan kota. Mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Diponegoro, hingga Adityawarman.




Pihak Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya mengatakan, meski berasal dari Brazil, tapi pohon tabebuya yang ada di Surabaya telah diadaptasikan sesuai iklim Indonesia.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Sejak 10 tahun lalu, tepatnya 2010, Pemkot Surabaya memang telah menanam aneka spesies tabebuya yang memiliki beragam warna bunga. Di antaranya ungu, putih, merah muda, merah dan juga kuning. Bibit pohon ini sengaja dibeli dari Kota Malang, Jawa Timur.

Menurut DKRTH Surabaya, tujuan penanaman pohon tabebuya ini tak lain sebagai tanaman pelindung, untuk menyerap polusi, dan memberikan keindahan tata kota. Selain itu, perawatan tabebuya juga tergolong mudah. Cukup disiram dan dipupuk seperti tanaman peneduh pada umumnya. Ditambah lagi, pohon tabebuya memiliki ketahanan hidup super kuat dan akarnya tidak akan merusak pedestrian.

Jika sedang memasuki musim berbunga, Surabaya akan terlihat begitu mempesona karena tabebuya seolah ingin menyemarakkan suasana di pagi maupun malam hari. Bahkan, guguran bunganya pun seolah menambahkan warna yang menarik di sepanjang perjalanan.

Suasana romantis layaknya sedang berada di Jepang ini pun tak dilewatkan begitu saja oleh para penduduk Surabaya maupun wisatawan yang memang sengaja datang karena pesona tabebuya. Mereka berbondong-bondong melihat tabebuya dari jarak dekat dan mengambil foto terbaiknya. Bahkan, beberapa dari mereka mengaku sangat senang dengan suasana Kota Surabaya ketika tabebuya bermekaran.

Pohon Tabebuya Tak Lepas dari Peran Wali Kota Surabaya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: lensaindonesia.com
Harus diakui, keberadaan pohon tabebuya di Surabaya ini tak lepas dari peran serta Wali Kota Surabaya, yakni Tri Rismaharini. Wali Kota perempuan pertama di Surabaya ini memang telah dikenal sejak lama sangat getol melakukan berbagai macam cara penghijauan di ibu kota Jawa Timur ini.

Kota Surabaya yang dulu dikenal sebagai kota besar bercuaca super panas, kini telah berubah. Sejak menjabat pertama kali menjadi wali kota, Risma—begitu panggilannya, telah menggalakkan penanaman ribuan pohon dan tanaman di taman sejak menjabat sebagai kepala dinas.

Baca juga : Sempat Dianggap Gulma, Ini Kelebihan Pohon Tabebuya yang Mendunia

Kiprahnya sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dulu telah dikenal dengan berbagai manuvernya untuk mempercantik taman-taman di Surabaya. Tangan dinginnya pun tak segan menggusur berbagai bangunan yang berada di jalur hijau untuk dijadikan taman penyejuk kota.

Saat ini di Surabaya, penduduk maupun wisatawan yang melintasi jalan protokol akan dapat menikmati salah satu maha karya dari sang wali kota. Bukan hanya bunga dari pohon tabebuya, tapi juga ada berbagai jenis tanaman anggrek yang sengaja ditempelkan di pohon besar sehingga menambah kecantikan tiap sudut kota.

Pemkot Surabaya Tawarkan Bibit Pohon Tabebuya Secara Gratis Kepada Warganya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: bestcutslawncare.com
Pihak DKRTH Kota Surabaya pernah mengatakan, pohon tabebuya yang tersebar di berbagai jalan protokol ini sebanyak lebih dari 2.500 pohon. Untuk menambah kecantikan kota, pemkot pun menawarkan bibit pohon ini untuk ditanam secara gratis kepada para warga Surabaya. Namun, pengajuan kepemilikan pohon tersebut tak bisa diperoleh secara individu karena ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi.




Adapun syarat yang diajukan oleh Pemkot Surabaya agar warganya bisa memiliki pohon tersebut, antara lain mengajukan surat permohonan kepada DKRTH. Permohonan tersebut wajib dilakukan oleh perangkat RT atau RW maupun institusi, seperti sekolah.

Kini, DKRTH tengah melakukan pembibitan terhadap tanaman tabebuya ini. Totalnya ada sekitar 500 bibit tabebuya yang dibudidayakan di Kebun Bibit, Wonorejo, Surabaya. Bibit-bibit pohon tabebuya ini baru akan ditanam setelah memiliki diameter batang sekitar 8 sentimeter.

Demikian informasi tentang pohon tabebuya untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengintip Keindahan Pohon Tabebuya yang Viral di Dunia Maya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel