Artikel Pilihan

Begini Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kering

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Apabila Anda termasuk menyukai suasana asri nan hijau, maka Anda pastinya akan mencoba untuk menanam 1-2 jenis tanaman di rumah. Memiliki tanaman yang sehat dan tumbuh sempurna, pasti jadi keinginan semua pembudidaya tanaman.

Namun sayangnya, ada beberapa kondisi yang justru membuat tanaman terlihat tidak sehat dan menunjukkan gejala kekeringan, bahkan layu. Kondisi seperti ini pastinya membuat Anda jadi cukup khawatir dan was-was, bukan?

Baca juga  : Tak Hanya Indah, Pohon Tabebuya Menyimpan 9 Fakta Menarik

Apalagi, jika yang mengalami kekeringan dan layu adalah tanaman kesayangan atau tanaman yang telah dinantikan buah serta bunganya. Seperti misalnya, pohon tabebuya yang hanya berbunga sekali dalam setahun.




Kondisi seperti ini memang seringkali terjadi, terutama pada bibit tanaman baru. Oleh sebab itu, coba lakukan cara-cara berikut ini untuk menyelamatkan bibit pohon tabebuya yang mengalami kekeringan agar bisa tumbuh seperti sedia kala.

Trik Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya dari Kekeringan

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: aloepeacelilypoorroots.com


Memeriksa kondisi bibit tabebuya dan media tanamnya

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kondisi bibit tabebuya beserta media tanamnya. Hal ini penting dilakukan agar Anda mengetahui penyebab tanaman ini mengalami gejala kekeringan sehingga hampir mati.

Beri air secukupnya

Dari berbagai faktor yang ada, salah satu penyebab utama bibit tabebuya mengalami kekeringan hingga akhirnya mati adalah kurangnya asupan air. Hal ini menyebabkan, bibit tabebuya tidak bisa berfotosintesis dan kemudian mengering. Oleh sebab itulah, tindakan paling tepat adalah memberinya air dengan ukuran yang pas.

Beri sinar matahari secukupnya

Penyebab lain yang membuat bibit tabebuya mengering, layu bahkan mati, selain pengairan adalah kurangnya pencahayaan atau sinar matahari. Oleh sebab itu, agar bibit tabebuya kesayangan Anda bisa kembali tumbuh secara optimal adalah dengan memberikan pencahayaan yang cukup.

Baca juga : Mengulik Potensi Bisnis Di Balik Budidaya Pohon Tabebuya

Ketahuilah, tanaman yang kekurangan cahaya tidak bisa melakukan fotosintesis sehingga tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh. Jadi jangan heran, bila bibit tabebuya akan kering, layu, bahkan mati jika terus-menerus berada di tempat yang jauh dari jangkauan sinar matahari.

Pindahkan ke media tanam yang baru

Salah satu trik membuat bibit tabebuya Anda bisa tumbuh kembali dan tampak sehat adalah dengan cara memindahkannya ke dalam media tanam yang baru. Metode yang dikenal dengan sebutan repotting ini menjadi cara paling tepat dan efektif. Pasalnya, bisa jadi media tanam yang Anda gunakan sebelumnya, ternyata mengandung jamur dan bakteri berbahaya sehingga menyebabkan pertumbuhan bibit tabebuya terganggu.

Bersihkan bibit pohon tabebuya dari hama dan penyakit

Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah serangan hama dan penyakit tanaman pada bibit tabebuya Anda. Oleh karenanya, Anda wajib melakukan pembersihan pada bibit tabebuya tersebut. Cara yang bisa Anda lakukan, sebagai berikut:

  • Memotong bagian bibit tabebuya yang mengalami gejala kekuningan.
  • Apabila ada bagian tanaman yang membusuk, segera potong dan buang.
  • Beri larutan fungisida atau insektisida yang disemprotkan pada tanaman.

Simpan bibit tabebuya di dalam ruangan

Penyebab bibit tabebuya mengering dan layu berikutnya adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari tersebut justru membuat tanaman mengalami kekeringan dan akhirnya mati.

Panas matahari juga bisa membuat daun bibit tabebuya terbakar sehingga jaringan yang lainnya pun mengering. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat tanaman tersebut mengalami kematian. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal tersebut pindahkan tanaman ke area yang lebih teduh, seperti di dalam rumah ataupun greenhouse.

Beri pupuk dan perawatan yang lebih intens





Penyebab lain yang bisa membuat bibit tabebuya Anda hampir mati adalah kekurangan unsur hara. Hal ini yang membuatnya tidak bisa tumbuh optimal hingga pada akhirnya mengalami krisis dan mati. Jadi sebaiknya, beri pupuk dan rawat tanaman tersebut dengan lebih intensif agar kondisinya tetap terjaga dengan baik.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: google.com
Itu tadi beberapa cara merawat bibit tabebuya yang mengalami kekeringan. Tentunya, hal ini bisa membantu Anda untuk menyelamatkan kehidupan tanaman tersebut dan membuatnya kembali tumbuh dengan optimal. Pada dasarnya, tanaman yang dirawat dan dipelihara dengan intensif bakal tumbuh serta berkembang secara optimal. Jadi, selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Menyelamatkan Bibit Pohon Tabebuya yang Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel