Artikel Pilihan

Kisah Pohon Tabebuya yang Sulap Surabaya Serasa Jepang

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Bisa dibilang, saat ini warga Surabaya sedang berbahagia layaknya seorang juara merasakan kemenangan paripurna. Betapa tidak, kini masyarakat Kota Pahlawan itu mulai merasakan candu menikmati kecantikan pohon tabebuya yang semakin hari semakin tumbuh subur di tiap sudut kota.

Bahkan, sebagian besar dari mereka berharap, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini membuat taman khusus yang ditanami lebih banyak tabebuya. Menurut mereka, keberadaan pohon tabebuya belum merata karena hanya ada di sekitaran jalan-jalan protokol Kota Surabaya.

Baca juga : Anti Gagal, Ini Tips Menanam Pohon Tabebuya di Rumah

Oleh sebab itu, masyarakat Surabaya berharap dan menginginkan Risma membuat taman khusus tabebuya dengan harapan ketika berbunga nanti akan tampak lebih indah. Apalagi, ketika bunga berwarna-warni tersebut jatuh berguguran. Tentu akan menjadi pemandangan indah yang mengingatkan kita akan pesona Negeri Sakura, Jepang.




Penduduk Kota Surabaya sepakat, keindahan tabebuya akan jadi pesona dan daya tarik tersendiri di mata para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Perlu Anda ketahui, Pemerintah Kota Surabaya sengaja membudidayakan tabebuya di dua kota, yaitu Malang dan Kediri sejak tahun 2010 silam. Pada akhirnya, pohon yang berasal dari Brazil itu pun dibawa kembali ke Surabaya untuk mempercantik tata kotanya.

Hingga saat ini, penanaman tabebuya masih terus berlangsung di beberapa titik sepanjang jalan dan trotoar di pusat Kota Surabaya. Pemilihan tanaman tabebuya ini memang sengaja untuk memperindah pedestrian jalan dan juga berfungsi untuk memperindah kota.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: beritalima.com
Pihak Pemkot Surabaya percaya, bahwa untuk menanam pohon bukan semata pohon hijau saja. Namun, perlu juga memperhatikan sisi artistiknya. Tabebuya dinilai selain artistik juga memiliki keindahan khas tersendiri yang jadi daya pikatnya. Apalagi, sepintas tanaman ini mirip dengan bunga sakura yang ada di Jepang. Padahal faktanya, tabebuya berasal dari hutan hutan tropis, Amazon di Brazil.

Tercatat, sudah lima tahun Pemkot Surabaya sukses membudidayakan tanaman yang memiliki bunga berwarna kuning, putih, dan merah muda ini. Bulan November jadi bulan yang tepat untuk menikmati keindahan tabebuya di berbagai sudut Kota Surabaya. Sebab, di bulan ini merupakan periode bunga tabebuya bermekaran.

Pohon tabebuya dikenal memiliki struktur ranting yang rindang, tidak terlalu tinggi, dan berfungsi untuk penyerapan karbon serta polusi dari kendaraan. Pemkot Surabaya memilih tabebuya karena dari segi kualitas bunganya selain menarik, pohon ini juga cepat tumbuh besar dan mampu bertahan dengan keadaan iklim atau cuaca apapun. Untuk perawatannya pun tidaklah sulit, hanya setiap empat bulan sekali harus diberi pupuk organik yang berasal dari pengomposan sampah.

Trik Mendapatkan Bibit Pohon Tabebuya Bagi Warga Surabaya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: klikjatim.com
Apabila Anda adalah warga Surabaya dan ingin memiliki pohon tabebuya, maka tak perlu bingung lagi. Pasalnya, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya rupanya telah menyediakan ratusan bibit tabebuya secara gratis.

Hendri Setianto, selaku Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan PJU DKRTH Kota Surabaya mengatakan, saat ini DKRTH telah melakukan pembibitan terhadap tabebuya. Totalnya ada sekitar 500 bibit pohon tabebuya yang dibudidayakan di Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya.

Pohon tabebuya tidak sulit untuk ditanam dan dirawat

Hendri mengungkapkan, untuk menanam pohon tabebuya ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu menyiram dan memberinya pupuk secara rutin layaknya tanaman pada umumnya. Hanya saja, bunga-bunga tabebuya mekar di saat-saat tertentu, yaitu sekitar bulan Oktober hingga November.

Baca juga : Kenali Ciri Pohon Tabebuya yang Mirip dengan Pohon Sakura

Syarat mendapatkan pohon tabebuya gratis

Apabila Anda ingin mendapatkan pohon ini secara gratis, Anda hanya perlu mengajukan surat ke DKRTH. Namun, perlu diingat, yang bisa mengajukan permohonan ini hanyalah pihak RT/RW ataupun sekolah.

Meski demikian, banyak juga warga yang akhirnya membeli sendiri bibit pohon tabebuya hingga ke Kota Malang. Mereka beramai-ramai menanam pohon ini di pekarangan rumah sehingga saat musim bunga mekar, suasana Jepang pun sontak hadir di depan rumah tanpa perlu bersusah payah pergi ke Jepang.

Ada lebih dari 2500 pohon tabebuya di Surabaya

Hendri melanjutkan, saat ini di Surabaya terdapat empat jenis pohon tabebuya, yaitu Handroanthus Cryshotrichus, Handroanthus Impetiginosus, Handroanthus Heptaphyllus, dan Tabebuia Rosea. Masing-masing spesies ini memiliki bunga dengan warna kuning, ungu, merah muda, dan juga putih. Untuk keseluruhan pohon, ada lebih dari 2500 pohon yang tersebar di seluruh penjuru Kota Surabaya.

Pohon tabebuya memiliki banyak kelebihan





Pohon tabebuya adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang ingin menanam pohon. Pasalnya, selain memiliki bunga yang indah, tabebuya juga merupakan penyerap gas karbon terbaik. Pohonnya memiliki ketahanan yang baik, perakarannya kuat, dan memiliki daun yang lebat.

Nah, itu tadi sekilas informasi untuk Anda tentang kisah di balik pohon tabebuya yang mampu mengubah Kota Surabaya layaknya Jepang. Tertarik untuk berlibur ke Surabaya saat tabebuya mekar nanti?

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Kisah Pohon Tabebuya yang Sulap Surabaya Serasa Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel