Artikel Pilihan

Yuk Mengenal Pohon Basil Lebih Dekat Lagi

Biasanya ketika kita makan makanan Italia, seperti Pizza contohnya. Terkadang dilengkapi dengan daun basil. Nah daun pohon basil ini merupakan jenis daun yang hampir mirip dengan daun kemangi, hanya berbeda pada teksturnya dan diberikan pada makanan tujuannya adalah untuk membuat aroma makanan jadi lebih kuat.

Tahukah Anda jika daun pohon basil ini selain digunakan dalam dunia kuliner, yaitu untuk menambah cita rasa sebuah makanan jadi lebih strong juga digunakan sebagai obat herbal. Karena banyak yang tidak bisa membedakan daun basil dan kemangi, maka kali ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal bagaimana daun pohon basil itu.

Baca juga : Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini

Mengenal Pohon Basil atau Selasih

Ciri Ciri Pohon Basil

Yang pertama, kita akan mengenal terlebih dahulu bagaimana pohon basil. Sehingga Anda yang mungkin belum pernah melihat pohon basil secara langsung mengetahui bagaimana deskripsi tanaman yang satu ini. Pohon basil sendiri dikenal juga sebagai selasih, basilikum, atau tlasih yang memiliki genus Ocimum.

Tanaman ini dimanfaatkan daunnya, bijinya, dan bunganya sebagai rempah-rempah dan juga sebagai penyegar. Yang perlu Anda ketahui bahwa tanaman ini memiliki bau dan rasa yang khas, Terkadang ada daun basil yang mempunyai rasa langu, harum, maupun manis. Rasa dan bau itu tergantung dari kultivanya. Bahkan di beberapa lokasi tertentu ada pohon basil yang bisa membuat mabuk. Banyak sekali jenis basil yang tersebar di Asia Tenggara.




Keanekaragaman Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: myvegpatch.com
Setelah tahu bagaimana deskripsi pohon basil, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk lebih mengenal Pohon basil lebih dekat lagi. Yaitu akan mengajak Anda untuk mengetahui keanekaragaman pohon basil. Orang Eropa sendiri secara tradisional mengenal pohon basil sebagai basil atau sweet basil yang mereka gunakan sebagai rempah yang diwariskan dari zaman Yunani Kuno.

Baca juga : 9 Manfaat Daun Pohon Bidara bagi Kecantikan Kulit

Kemudian orang India menyebutnya sebagai tlasi atau tulasi. Di Melayu sendiri, nama selasih atau basil diambil melalui bahasa Sansekerta. Di Thailand, Basil dikenal sebagai horapa dan mangklak. Itulah berbagai penyebutan pohon basil di berbagai negara yang ada di dunia.

Penggunaan Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: images-na.ssl-images-amazon.com
Setelah mengetahui keanekaragaman pohon basil, maka selanjutnya kami akan mengajak Anda untuk tahu juga mengenai penggunaan pohon basil. Mengingat jika di Indonesia ini belum terlalu familiar penggunaan basil. Berikut adalah beberapa penggunaan pohon basil yang harus Anda ketahui :

1. Sebagai bahan tambahan masakan

Yang pertama, karena bisa menambah aroma masakan menjadi lebih kuat maka daun pohon basil ini biasanya digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Seperti di negara Cina, Thailand, dan terutama di Italia yang menjadikan basil sebagai penyedap utama masakan. Di Italia sendiri, basil biasanya dikeringkan dan dijadikan sebagai salah satu bahan untuk membuat saus pesto khas Genoa. Kemudian di Indonesia sendiri bijinya digunakan untuk tambahan minuman penyegar.


2. Sebagai obat-obatan herbal

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan tambahan masakan saja. Daun pohon basil ini ternyata sejak jaman dahulu sudah dipercaya menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit, oleh karena itu dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Daun pohon basil ini dipercaya bisa menyembuhkan peradangan atau pembengkakan, menurunkan demam, bisa membantu untuk mengurangi stress dan juga depresi, membantu menyembuhkan batuk dan pilek, sebagai antioksidan yang tinggi, sebagai anti penuaan dini.

Selain itu, daun basil juga bisa mengatasi masalah pencernaan, bahkan studi akhir-akhir ini mengatakan bahwa basil terbukti bisa mencegah kanker. Biasanya cara penggunaannya sebagai obat herbal cukup direbus dan dijadikan sebagai teh, diminum rutin untuk membantu menyembuhkan gejala yang dialami.

3. Sebagai sarana ibadah





Mungkin ini menjadi fakta unik yang belum banyak diketahui oleh orang-orang termasuk Anda. Namun pohon basil juga digunakan untuk ibadah di Eropa. Ibadah di gereja Kristen Ortodoks melibatkan pohon selasih di sebagian kebaktiannya. Biasanya tanaman pohon basil diletakkan di sejumlah titik pada gereja.

Ternyata daun dari pohon basil bisa memberikan banyak manfaat untuk manusia. Mulai dari untuk menambah cita rasa masakan hingga bisa digunakan untuk obat herbal. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa menambah wawasan Anda!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Yuk Mengenal Pohon Basil Lebih Dekat Lagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel