Artikel Pilihan

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Pohon Basil Untuk Kesehatan

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan pohon basil, pohon basil ini memiliki daun yang hampir mirip dengan daun kemangi. Bahkan mungkin dari rasa, bentuk, dan aromanya memiliki kemiripan. Yang mungkin membedakan kedua daun ini adalah teksturnya.

Pohon basil memiliki daun yang teksturnya lebih tebal daripada pohon daun kemangi. Mungkin biasanya kita mencicipi daun dari pohon basil di beberapa jenis makanan seperti misalnya pizza, salad, atau ayam rica-rica. Membayangkannya saja sudah lapar ya, namun tahukah Anda bahwa daun basil ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga : 9 Manfaat Daun Pohon Bidara bagi Kecantikan Kulit

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda semua mengenai kandungan nutrisi dan manfaat daun pohon basil untuk kesehatan tubuh. Sehingga Anda tidak lagi mengabaikan daun pohon basil. Berikut merupakan ulasan pentingnya yang harus Anda ketahui.




Kandungan Nutrisi dalam Daun Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Pohon basil memiliki nama latin ocimum basil, yang memiliki tekstur yang hampir mirip dengan daun kemangi. Dan biasanya daun dari pohon basil ini digunakan untuk membuat rasa makanan menjadi lebih kuat.

Namun ternyata daun basil ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, pohon basil ini juga digunakan untuk herbal karena kaya kandungan nutrisi. Berikut merupakan kandungan nutrisi yang bisa kita temukan di dalam daun pohon basil :
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Iron
  • Mangan
  • Kalsium
  • Potassium
  • Anti bakteri
  • Anti inflamasi
  • Antioksidan
Karena memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, maka banyak masyarakat yang memanfaatkan daun basil ini sebagai salah satu obat-obatan herbal alami. Karena daun basil ini sangat mudah didapatkan, Anda bisa membeli daun pohon basil di supermarket. Atau mungkin Anda bisa menanam pohon basil di rumah, karena pohon basil sangat mudah untuk ditanam.

Manfaat Daun Basil untuk Kesehatan

Kali ini kami akan mengajak Anda secara lengkap mengetahui kandungan nutrisi dan manfaat daun pohon basil untuk kesehatan. Ternyata banyak sekali ya kandungan nutrisinya, sekarang ketahuilah juga manfaat pohon basil untuk kesehatan tubuh manusia :

Baca juga : Bibit Pohon Gaharu Unggul Dan Berkualitas

1. Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Salah satu jenis gangguan kesehatan yang mungkin sering kita alami adalah gangguan pada pencernaan. Tentu saja ketika kita mengalami masalah pencernaan rasanya akan sangat tidak nyaman. Mungkin jika selama ini kita hanya menemukan daun pohon basil sebagai hiasan makanan Italia, ternyata daun basil ini bisa digunakan untuk membantu Anda mengatasi gangguan pencernaan.

Biasanya ketika mengalami masalah pencernaan, perut kita akan terasa sakit dan tidak nyaman, misalnya saja ketika kita salah makan. Anda bisa memanfaatkan satu setengah sendok teh dari daun basil yang membantu Anda meringankan begah dan rasa sakit pada perut Anda. Silahkan dicoba di rumah ya! Anda bisa membuat ramuan teh dari rebusan daun pohon basil.

2. Membantu mengatasi pilek dan batuk

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: straitstimes.com
Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami pilek atau batuk? Tidak usah khawatir bingung harus minum obat apa, Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan daun pohon basil saja. Selain bisa membantu untuk meringankan masalah pencernaan, daun basil ini juga ternyata bisa membantu untuk mengatasi batuk serta pilek.

Anda bisa membuat ramuan teh daun basil yang bisa membantu melegakan, ramuan dari daun basil ini bisa memberikan efek menenangkan dan menghangatkan sehingga bisa membantu melegakan pilek dan batuk yang Anda atau keluarga Anda alami.

3. Membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan

Yang selanjutnya, daun pohon basil ini juga membantu Anda untuk mengurangi efek dari peradangan dan juga pembengkakan. Menurut studi, daun basil ini bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan hingga 73% dalam waktu perawatan hanya 1 hari.




Hal ini menunjukkan bahwa daun basil mengandung anti inflamasi dan sangat baik untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Jika Anda memiliki radang sendi maka Anda bisa mengkonsumsi ramuan yang Anda buat dari basil. Cukup minum sekali sehari supaya gejalanya berkurang.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai kandungan nutrisi dan manfaat daun pohon basil untuk kesehatan. Ternyata banyak sekali manfaat yang diberikan daun pohon basil untuk kita. Anda bisa mulai menanam pohon basil di rumah, penanamannya sangat mudah sehingga bisa Anda lakukan sendiri. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Pohon Basil Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel