Artikel Pilihan

Tidak Diduga, Daun Pohon Jati Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

ciri ciri pohon jati

Pohon jati (Tectona grandis) adalah jenis tumbuhan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman yang banyak dimanfaatkan kayunya itu memang menjadi primadona bagi masyarakat.

Kayu jati dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk konstruksi rumah, konstruksi kapal, untuk membuat kusen dan daun pintu, jendela, dan juga untuk furniture di rumah, hotel maupun restoran-restoran.

Kayu jati juga bernilai tinggi saat diolah menjadi kerajinan ukir-ukiran. Kita pun tentu sudah sangat sering mendengar bahwa di Kabupaten Jepara produk olahan kayu jati menjadi unggulan daerah dan diekspor ke luar negeri.
ciri ciri pohon jati
sumber : google.com

Manfaat kayu jati, orang sudah banyak yang paham dan mengetahui. Namun mengenai pemanfaatan daun jati dalam bidang kesehatan tentu belum banyak yang mengetahuinya. Nah, ternyata para peneliti telah berusaha membuktikan manfaat yang terkandung pada daun pohon jati ini. Apa sajakah manfaatnya bagi kesehatan manusia? Ulasannya akan dipaparkan pada artikel di bawah ini.


Kandungan zat antioksidan pada Daun Jati

Untuk mengetahu manfaat daun pohon jati maka langkah pertanamanya adalah mengetahui dan memahami zat-zat yang terkandung pada daun pohon jati. Dua orang peneliti dari Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, yaitu Iis Ismawati dan Lia Marliani, melakukan kajian terhadap kandungan pada daun daun. Penelitian diberi judul Telaah Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan dari Daun Jati Merah (Tectona grandis) dan Daun Jati Putih (Gmelia arborea).

Penelitian itu berangkat dari pengamatan peneliti bahwa lingkungan tempat kita beraktivitas saat ini banyak mengandung polusi. Polusi yang disebabkan oleh sinar ultraviolet, asap rokok, kendaraan, pola makan yang salah, dan gaya hidup menimbulkan terbentuknya radikal bebas dalam tubuh kita.

Baca Juga :

Radikal bebas ini dalam jangka waktu lama akan terakumulasi dalam tubuh dan mengakibatkan gangguan pada metabolisme sel-sel tubuh. Gangguan metabolisme berakibat tubuh menjadi tidak sehat, gampang capek dan mudah sakit.

Untuk mengatasi radikal bebas ini diperlukan antioksidan untuk menghambat proses kerusakan sel tubuh dan timbilnya penyakit degeneratif. Di dalam tubuh manusia secara alami sudah terdapat senyawa antioksidan ini, yaitu senyawa yang bisa menetralkan radikal bebas. Senyawa-senyawa yang secara alami sudah terdapat pada tubuh antara lain : enzom SOD (Superoksida dismutase), glutation, dan katalase.

 Asupan antioksidan yang diperoleh tubuh dari luar berasal dari makanan dengan kandungan vitamin C, Vitamin E dan Vitamin A, betakaroten, flavonoid, bilirubin, dan albumin. Bahan makanan yang kaya antioksidan berasal dari rempah-rempah, biji-bijian, buah-buahan, sayur-mayur hijau, sayuran berwarna kuning seperti wortel.

Secara umum dikenal ada dua macam jati, yaitu jati merah, yang merupakan pohon jati yang banyak dibudidaya masyarakat dengan nama ilmiah Tectona grandis dan jati putih yang disebut juga Gmelina arborea Roxb. Keduanya termasuk dalam famili lamiaceae. Tanaman yang tergolong dalam suku atau famili lamiaceae ini secara teoritis memiliki efek kandungan kimia flavonoid sehingga bisa diduga memiliki ekstrak daunnya memiliki efek antioksidan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jati mengandung senyawa aktif antioksidan.Senyawa aktif antioksidan tersebut diduga fenol dan flavonoid karena pada pengujian sampel ekstraksi alkohol terbentuk spot berwarna hitam saat disemprot.
ciri ciri pohon jati
sumber : google.com

Secara tradisional sebagian kecil masyarakat ternyata sudah mengenal pengobatan yang menggunakan bahan ekstrak daun jati. Jenis penyakit yang biasanya diatasi dengan daun jati ini antara lain cacingan, pengencer dahak (ekspektoran) saat batuk atau asma, bronkhitis, disentri, diabetetes, sakit kepala dan pembengkakan.

Daun Jati untuk Mengurangi Sesak Napas

Daun jati mengandung senyawa ekspektoran yang bisa digunakan untuk mengurangi penderitaan akibat sakit asma. Penelitian ini dilakukan oleh Goswami et al., (2010) dengan model binatang. \

Daun jati untuk mengatasi Cacingan Kandungan senyawa piperazine citrate diduga menjadi penyebab daun ini bisa untuk menekan pertumbuhan cacing patogen yang ada dalam saluran pencernaan.


Daun Jati untuk Melawan Radikal Bebas

Kandungan senyawa fenol dan flavonoid dalam daun jati bisa digunakan untuk mengurangi radikal bebas yang masuk atau terbentuk di dalam tubuh manusia. Radikal bebas yang ada dalam tubuh bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Daun Jati membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Senyawa hydrauchloric yang bisa diekstrak dari daun jati telah dicobakan pada hewan percobaan tikus, dan hasilnya ekstrak daun jati mempercepat penyembuhan sel-sel yang rusak.

Demikianlah beberapa manfaat ekstrak daun jati yang bisa untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Walaupun demikian informasi dalam artikel ini belumlah lengkap karena belum ada cara pemafaataannya dan dosisnya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tidak Diduga, Daun Pohon Jati Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel