Artikel Pilihan

Ciri-ciri Pohon Jati yang Berkualitas Baik

ciri ciri pohon jati

Bagi kita di Jawa dan Indonesia pohon Jati tentu bukanlah tanaman yang asing. Tanaman ini menghasilkan kayu yang berkualitas bagus dan banyak digunakan utuk berbagai keperluan. Kayu jati sangat kuat jika untuk konstruksi rumah, dan karena kekuatan dan uletnya ini seringkali pula digunakan pada konstruksi jembatan.

Kalau kita lihat di rumah-rumah kayu tradisional yang tersebar di kawasan pedesaan di Pulau Jawa, rumah limasan atau joglo kuno sebagian besar menggunakan bahan dari kayu jati. Ini menjadi bukti bahwa kayu jati memang berkualitas baik untuk bahan bangunan.

Lalu timbul pertanyaan, bagaimanakah ciri-ciri pohon Jati yang bisa menghasilkan kayu berkualitas baik? Sebelum kita mengenail ciri-ciri pohon Jati yang bagus, maka kita perlu sedikit mengenal tempat hidup pohon jati ini. Lalu tanah sebagai media tumbuh tanaman Jati harus bersifat netral, pH 7, tapi masih ditoleransi jika pHnya 4.5-7.

Jati suka tempat kering, dan tidak menyukai tempat yang tergenang air. Karena genangan air menyebabkan tumbuhnya fungi atau jamur yang akan mudah membusukkan perakaran.


Mulai dari Pembibitan

Pohon yang baik tentu dimulai dari klon tanaman yang baik dan unggul. Pada saat pembibitanpun harus diperhatikan perawatannya karena pada fase ini seedling jati rentang terhadap beberapa penyakit. Jenis-jenis penyakit yang biasanya menyerang tanaman jati yang masih kecil antara lain penyakit bercak daun atau leaf spot disease. Penyakit ini disebabkan oleh mikroorganisme Phomopsis sp., Colletotrichum gloeosporioides, Alternaria sp., dan Curvularia sp.
ciri ciri pohon jati
sumber : google.com


Habitus

Ketinggian pohon jati yang pernah tercatat ada yang setinggi 40 meter. Tentu pohon raksasa setinggi ini bisa berumur 100 tahun atau lebih. Pohon dengan usia di atas 30 tahun akan memiliki lingkar batang lebih dari 2 meter. Namun menjumpai pohon yang sangat tinggi sekarang ini sudah sangat jarang. Bekas pokok batang pohon jati yang bertunas bisa tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan bibit yang berasal dari biji. Tunas yang tumbuh dari pokok batang ini dalam waktu 3 tahun saja bisa mencapai ketinggian 6-10meter dengan garis tengah batang 15 cm atau lebih.
ciri ciri pohon jati
sumber : google.com

Pada areal budidaya pohon jati umumnya batangnya lurus dan tidak banyak cabang karena adanya pemeliraan saat awal-awal pertumbuhan. Batang yang lurus akan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan batang yang bengkok.

Baca Juga :

Namun bila kita lihat di hutan jati yang alami tidak terawat, akan banyak batang yang bengkok-bengkok. Sementara itu ada varietas jati yang batangnya berlekuk atau beralur dalam sehingga disebut jati blimbing. Varietas yang lain yaitu jati pring yang sekilas nampak berbuku-buku seperti batang pohon bambu.


Ciri-ciri pohon Jati yang berkualitas

Batang

Semakin besar batang pohon jati akan semakin dicari kolektor yang suka kayu jati. Karena kayu jati dari pohon yang bergaris lingkar besar dan berbatang lurus merupakan kayu yang bagus. Selain besar dan kelurusan kayu, pohon jati dinilai bagus bila cabangnya sedkit. Namun untuk mendapatkan kualitas premium ini tentu tidak mudah dan harus menunggu lama. Sebatang pohon jati raksasa di Kabupaten Blora dikabarkan ada yang berumur ratusan tahun dan lingkar batangnya tidak kurang dari pelukan 3 orang dewasa.

Daun

Bentuk daun pohon jati seperti bulat telur yang terbalik dengan ukuran yang besar. Sementara itu tangkainya pendek dan tebal. Ukuran daun ini akan berkurang jika pohon jati semakin tua. Sehingga salah satu cara untuk mengetahui tingkat umumr adalah dengan melihat daunnya. Pohon jati muda, di bawah umur 5 tahun, daunnya lebar dan berwarna hijau tua. Pada pohon yang tua daunnya mulai mengecil dan warnanya ke arah kuning-coklat. Daun yang muda berwarna kemerahan karena mengandung zat warna. Warna merah ini kerapkali dimanfaatkan sebagai pewarna kain pada teknik kain ecoprint.


Bunga

Pohon jati juga menghasilkan bunga, namun warnanya kecoklatan sehingga tidak menarik dan tidak banyak yang menyadari bahwa itu adalah bunga. Bunganya tergolong majemuk tersusun dalam malai berukuran 40 cm, berisi ratusan kuntum dalam tiap malai. Buahnya berbentuk bulat, berukuran 0.5-2.5 cm, berambut dan beriti tebal.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Pohon Jati yang Berkualitas Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel