Artikel Pilihan

Teknik Efektif Merawat Pohon Tabebuya Agar Tidak Cepat Layu

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Bagi Anda yang hobi berkebun, aktivitas dan cara merawat tanaman bisa jadi kegiatan yang paling asyik untuk dilakukan. Bayangkan saja, mulai dari membeli benih, menanam, hingga merawat, pasti ada kepuasan tersendiri yang dirasakan.

Namun, apa jadinya jika hobi berkebun malah membawa stres karena tanaman sering layu dan tidak berkembang dengan baik. Apalagi untuk tanaman yang mungkin sedang Anda nantikan buah maupun bunganya seperti pohon tabebuya.

Frustasi, sedih, dan putus asa bisa saja membuat Anda akhirnya berpikir untuk meninggalkan hobi tersebut. Padahal, masalah tanaman yang layu bisa diatasi dengan mudah. Mungkin saja, cara Anda yang salah dalam merawat tanaman tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara merawat tanaman, khususnya pohon tabebuya agar bisa tetap tumbuh subur sehingga Anda pun bisa memperoleh berbagai manfaatnya.




5 Tips Bermanfaat Agar Pohon Tabebuya Tidak Cepat Kering dan Layu

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: morningchores.com

Melakukan teknik penyiraman air dengan cara yang benar

Pada dasarnya, cara merawat tanaman tergantung pada jenis tanaman itu sendiri. Termasuk diantaranya teknik penyiraman air dengan cara yang benar. Jadi, agar Anda semakin tanggap dalam merawat tanaman, sebaiknya cari tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milik Anda.

Baca juga : Sempat Dianggap Gulma, Ini Kelebihan Pohon Tabebuya yang Mendunia

Seperti halnya tabebuya, pohon satu ini memiliki ketahanan hidup yang luar biasa sehingga tidak memerlukan terlalu banyak air. Namun, Anda tetap harus memperhatikan asupan air dan pupuk ketika tabebuya masih berupa bibit.

Ketahuilah, penyiraman air yang terlalu sedikit biasanya akan menyebabkan tabebuya menjadi kering hingga akhirnya mati. Sebaliknya, jika disiram terlalu banyak air malah akan menyebabkan pembusukan pada akar.

Beri asupan sinar matahari secara langsung dan merata

Teknik berikutnya setelah memberikan air adalah dengan mengekspos tabebuya di bawah sinar matahari secara langsung dan merata. Anda pasti tahu bukan, tanaman membutuhkan sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis.

Bahkan, tanaman yang diletakkan di dalam rumah juga memerlukan sinar matahari secara langsung sesekali. Namun, seperti halnya manusia, sinar matahari yang berlebihan bisa jadi salah satu penyebab tanaman kering, terbakar, dan layu.

Begitu juga dengan pohon tabebuya yang mungkin saat ini sedang Anda rawat di rumah. Prinsipnya, teknik merawat tabebuya dengan bantuan sinar matahari paling ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan eksposurnya. Saat masih berupa bibit, tabebuya hanya memerlukan paparan sinar matahari kurang lebih 1 – 2 jam saja.

Menjaga kualitas tanah yang digunakan

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pohon tabebuya terserang hama dan penyakit adalah dengan menjaga kualitas tanahnya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara memberikan nutrisi organik, seperti kompos alami secara rutin.

Potong bagian tanaman tabebuya yang kering atau mati

Jika Anda menemukan bagian pohon tabebuya yang sudah terlanjur terserang penyakit atau kering dan mati, maka Anda harus segera memotong serta memangkasnya. Teknik satu ini bertujuan agar penyakitnya tidak menyebar ke bagian lain yang masih hidup, karena penyakit pada tanaman tergolong sangat cepat menyebar.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan pengecekan secara rutin terhadap pohon tabebuya dan tanaman lainnya. Perhatikan secara seksama apakah ada bagian yang sudah mulai layu, kering, atau bahkan mati. Apabila ada, segera potong menggunakan alat pemotong khusus tanaman. Melalui teknik satu ini, dijamin pohon tabebuya Anda masih bisa bertahan dan kembali hidup segar serta tumbuh subur.

Menjaga kebersihan area tanaman

Teknik merawat pohon tabebuya agar tidak cepat kering dan layu berikutnya adalah menjaga kebersihan di sekitar taman, pot, dan tanaman itu sendiri. Hindari adanya tumpukan sampah, terutama kaleng, plastik, dan bahan-bahan yang tidak bisa terurai dengan baik.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: google.com
Hentikan juga kebiasaan membuang puntung rokok ataupun bekas air minum seperti, teh, kopi, atau soda ke dalam area taman dan pot. Sebab, hal tersebut bisa merusak tanaman.




Berikan perhatian dan kasih sayang juga sebagai bagian dari teknik merawat tanaman milik Anda. Misalnya, memangkas bagian yang tumbuh tidak teratur, membersihkan patahan dahan, atau membuang sisa kotoran dan debu yang tidak seharusnya berada di sana.

Bagaimana, cukup mudah bukan teknik merawat pohon tabebuya agar tidak cepat kering dan layu? Semoga informasi ini bisa membantu Anda.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Teknik Efektif Merawat Pohon Tabebuya Agar Tidak Cepat Layu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel