Artikel Pilihan

Rahasia Membuat Pohon Tabebuya Cepat Tumbuh Besar

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Setiap jenis tanaman memiliki proses pertumbuhan yang berbeda-beda, termasuk pohon tabebuya. Subur atau tidaknya tabebuya, nyatanya memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jika melihat tanaman tumbuh dengan subur, lalu berbunga lebat dan tepat waktu, pasti jadi kepuasaan tersendiri bukan?

Namun, bagaimana jika misalnya pohon tabebuya yang Anda tanam justru sulit untuk tumbuh. Tentu Anda akan kecewa, terlebih jika tanaman tersebut pada akhirnya mati begitu saja. Ada banyak sekali yang harus Anda perhatikan saat menanam tabebuya. Pemeliharaan yang tepat adalah salah satu jawaban untuk membuat pohon tabebuya Anda bisa tumbuh dengan cepat.

Berbagai Faktor yang Memengaruhi Pohon Tabebuya Cepat Tumbuh Besar

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: staticflickr.com
Berikut ini beberapa faktor yang paling menentukan cepat atau lambatnya perkembangan tanaman tabebuya :

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)




Faktor internal

Ada beberapa faktor internal yang turut berpengaruh pada pertumbuhan suatu pohon tabebuya, antara lain:

1. Gen

Gen merupakan substansi pembawa sifat dari induk yang diwariskan pada keturunannya atau bibit dari tanaman itu sendiri. Gen ini bisa memengaruhi ciri tanaman. Mulai dari warna bunga, tinggi tanaman, dan lain sebagainya. Tanaman tabebuya yang memiliki sifat paling unggul di dalam pertumbuhan serta perkembangannya, maka tanaman tersebut bakal tumbuh lebih cepat dan berbunga tepat waktu.

Apabila ditanam dalam media yang sangat subur dan sesuai dengan kondisinya, maka tabebuya tersebut akan tumbuh sempurna dengan bunga luar biasa lebat. Sebaliknya, apabila media tanam yang digunakan tandus, serta kondisi lingkungan kurang memadai, maka bisa dipastikan tabebuya tersebut akan mengalami beberapa masalah pertumbuhan.

2. Hormon

Hormon merupakan zat yang berfungsi untuk mengontrol sistem kerja tanaman. Meski kadar hormon hanya sedikit, tapi tetap saja hormon berpengaruh besar terhadap pertumbuhan pohon tabebuya yang Anda tanam.

Faktor eksternal

Selain faktor internal, tentu saja ada faktor eksternal juga yang berpengaruh pada pertumbuhan pohon tabebuya, di antaranya:

1. Nutrisi

Nutrisi merupakan sumber makanan paling penting yang dibutuhkan oleh tabebuya. Misalnya, unsur hara dan juga mineral. Hampir semua tanaman, mendapatkan nutrisi melalui proses fotosintesis yang dibantu oleh sinar matahari, karbon dioksida, dan air yang kemudian diolah menjadi sumber makanan.

Meskipun makanan tidak berperan secara langsung terhadap proses fotosintesis, namun makanan tersebut sangat berguna untuk tumbuh kembang tabebuya. Seperti halnya tanaman yang kekurangan pupuk, tak lama kemudian pasti layu dan bahkan mati. Hal tersebut disebabkan karena pupuk kaya akan zat hara atau sumber nutrisi penting bagi tanaman.

Baca juga : Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

2. Suhu

Suhu merupakan salah satu penunjang pertumbuhan dan perkembangan pohon tabebuya. Seperti halnya padi, jika penanamannya dilakukan saat musim kemarau atau dengan suhu serta udara yang tinggi, maka panennya bisa lebih cepat ketimbang padi yang ditanam saat musim hujan atau saat suhu serta udara rendah. Hal itu disebabkan karena seluruh proses tumbuh kembang tanaman sangat dipengaruhi oleh suhu. Mulai dari fotosintesis, penguapan, penyerapan air, dan pernapasannya.

3. Cahaya

Cahaya adalah hal terpenting yang dibutuhkan oleh pohon tabebuya untuk melakukan proses fotosintesis dengan sempurna. Namun sisi negatif dari cahaya adalah bisa membuat pertumbuhan tabebuya jadi terhambat karena cahaya mampu merusak keberadaan hormon auksin pada tanaman. Jika diperhatikan lebih seksama, tanaman kecambah akan lebih cepat tumbuh jika diletakkan di tempat gelap tanpa cahaya.

Namun, tanaman satu ini justru terlihat lebih pucat dengan warna menguning dan tampak lemah akibat kekurangan cahaya. Jadi kesimpulannya, peletakan tanaman terhadap cahaya harus disesuaikan. Begitu juga dengan tabebuya yang membutuhkan cahaya dari sinar matahari untuk mendukung proses fotosintesisnya.

4. Air dan kelembaban

Faktor terpenting berikutnya adalah air dan kelembaban udara. Dua hal ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang pohon tabebuya Anda. Jika tabebuya kekurangan air, maka pertumbuhannya bisa jadi terhambat. Begitu juga dengan kelembaban yang sangat penting untuk perpanjangan sel tanaman dan mempertahankan stabilitas dari bentuk sel tanaman itu sendiri.

5. Tanah





Tanah merupakan media tanam yang ternyata juga berpengaruh pada perkembangan pohon tabebuya. Ketahuilah, kondisi tanah yang optimal adalah tanah yang memiliki kandungan nutrisi dan juga unsur hara yang cukup. Selain itu, kesuburan tanah juga ditentukan dari lingkungan sekitarnya. Mulai dari air, suhu, kandungan mineral, dan lain sebagainya.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: pinterest.com
Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempercepat pertumbuhan pohon tabebuya yang mungkin saat ini sedang Anda tanam di pekarangan rumah. Terapkan cara-cara tersebut dengan seksama agar tabebuya bisa menjulang dan berbunga lebat sesuai perkembangannya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Rahasia Membuat Pohon Tabebuya Cepat Tumbuh Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel