Artikel Pilihan

Pohon Kopi Arabika

ciri ciri pohon kopi arabika

Halo, para pecinta kopi! Pastinya kalian sudah tidak asing lagi kan dengan foto di atas? Ya foto di atas merupakan pohon kopi arabika yang menjadi primadona para petani dan pecinta kopi. Hal ini dikarenakan lebih dari 65% perdagangan kopi dunia didominasi oleh kopi arabika.. Di artikel kali ini kita akan menggali lebih dalam seluk beluk seputar pohon kopi arabika, mulai dari asalnya hingga jenis - jenisnya.

Asal Pohon Kopi Arabika

Pohon kopi ini berasal dari Ethiopia, Afrika. Di negara tersebut kopi menjadi komoditas utama. Bahkan Ethiopia menjadi negara di Afrika terbesar yang memasok stok kopi arabika di dunia. Di habitat asalnya, pohon ini tumbuh di bawah kanopi hutan tropis yang rimbun dan berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Karakteristik Pohon Kopi Arabika

ciri ciri pohon kopi arabika
Sumber : wikipedia.com
Tinggi pohon arabika berkisar 2 - 3 meter, seperti tanaman perdu. Batangnya berdiri tegak dan bentuknya membulat. Pohon arabika mempunyai percabangan yang banyak. Warna daunnya hijau mengkilap seperti ada lapisan lilinnya.

Warna daun yang telah tua adalah hijau gelap. Bentuk daunnya memanjang dengan ujung daun yang meruncing dan struktur tulang daunnya menyirip. Bunga pada pohon arabika tumbuh pada ketiak daun.

Bunganya berwarna putih dan bisa melakukan penyerbukan sendiri, serta tidak ada perbedaan antara bunga jantan dan bunga betina. Buah dari pohon kopi ini bentuknya bulat memanjang seperti telur puyuh dan berwarna hijau yang kemudian berubah menjadi merah terang ketika matang. Tekstur dari buah kopi arabika lebih halus.

Kandungan kafein dari buah kopi arabika hanya sekitar 0.8% - 14% saja. Lebih rendah daripada jenis kopi lainnya. Akar dari pohon kopi ini berjenis akar tunjang yang dalam. Tujuannya adalah untuk menopang pohon agar tidak gampang roboh dan bisa bertahan pada kondisi kekeringan.

Kondisi Agar Arabika Tumbuh Maksimal

ciri ciri pohon kopi arabika
Sumber : wikipedia.com
Pada ketinggian 1000 - 2000 mdpl, pohon kopi arabika bisa tumbuh dengan maksimal. Curah hujan yang cocok untuk jenis tanaman ini adalah berkisar 1200 - 2000 mm per tahun. Pohon ini tidak tahan pada temperatur yang di bawah 4 derajat celcius. Sehingga suhu lingkungan yang sangat cocok bagi pohon ini adalah 15 - 14 derajat celcius.

Tanah yang disukai oleh pohon kopi arabika adalah tanah yang kaya akan kandungan bahan organik. Sebab dapat digunakan untuk sumber nutrisi dan menjaga kelembapan. Tingkat keasaman yang cocok untuk pohon ini berkisar 5,5 - 6 pH. Pohon kopi arabika biasanya berbunga di akhir musim hujan. Namun, sebelumnya pohon ini membutuhkan periode kering selama 4 - 5 bulan dalam setahun terlebih dahulu.


Varietas Pohon Kopi Arabika

Di Indonesia terdapat banyak varietas kopi arabika. Daya tumbuh dan daya adaptasi setiap varietas berbeda - beda. Berikut merupakan beberapa varietas unggul yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian melalui Puslit Koka.

Baca Juga :

1. Andung sari-1

Varietas ini memiliki tingkat produktivitas sekitar 350 kg/ha. Mulai dapat berbunga ketika berumur 15-24 bulan. Varietas ini rentan terhadap serangan karat daun apabila ditanam di ketinggian kurang dari 900 mdpl. Namun varietas ini cukup tahan jika ditanam di daerah yang kurang subur.

2. USDA 762

Produktivitas varietas ini mencapai 800-12000 kg/ha. Varietas ini mulai dapat berbunga pada umur 32-34 bulan. Varietas ini agak tahan terhadap penyakit karat daun.

3. S 795

Varietas ini memiliki tingkat produktivitas sekitar 1000-1500 kg/ha pada kepadatan tanam 1600-2000 pohon per hektar. Mulai dapat berbunga pada umur 15-24 bulan. Jika ditanam di ketinggian lebih dari 1000 meter dpl, varietas ini agak tahan terhadap serangan karat daun.

4. Sigarar Utang

Tingkat produktivitasnya mencapai 1500 kg per hektar. Varietas ini mempunyai keistimewaan bisa berbuah terus menerus mengikuti pola sebaran hujan.

Varietas ini memiliki ukuran biji yang besar, rentan terhadap hama bubuk buah dan nematoda, akan tetapi cukup tahan dengan karat daun. Disarankan menanam varietas ini pada ketinggian di atas 1000 meter dpl.


Hasil Akhir Pengolahan Buah Kopi Pohon Arabika

Kopi dari pohon arabika ini mempunyai cita rasa yang khas, aroma yang kuat, sifat kekentalan ringan hingga sedang, dan tingkat keasaman yang tinggi. Kandungan kafeinnya sekitar 0,8 - 1,5 %, lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis robusta.

Namun dari segi harga, kopi arabika lebih unggul (lebih tinggi). Hal ini disebabkan karena jangkauan rasa yang dimiliki kopi arabika lebih luas. Maksudnya setiap varietas pohon kopi yang ditanam di tempat berbeda, maka akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Sehingga cita rasa dari kopi pohon arabika ini lebih unik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Kopi Arabika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel