Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Merawat Pohon Basil yang Ditanam Outdoor

Pohon yang memiliki nama latin Ocimum basilicum ini merupakan salah satu jenis pohon yang banyak digemari oleh orang-orang karena memang memiliki banyak sekali benefit. Mulai dari digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan dan juga dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan manusia.

Sekarang ini banyak orang yang melakukan budidaya pohon basil di rumah mereka, alasannya adalah karena pohon basil ini merupakan salah satu jenis pohon yang sangat mudah untuk ditanam baik secara indoor maupun outdoor. Panennya juga cepat, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai bagaimana cara merawat pohon basil yang ditanam outdoor. Penasaran kan? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Hal yang Harus Diketahui Tentang Penanaman Pohon Basil

Ciri Ciri Pohon Basil

Sebelum anda tahu bagaimana cara merawat pohon basil ketika anda menanamnya di luar ruangan, maka anda harus mengetahui terlebih dulu beberapa hal mengenai penanaman pohon basil. Pohon basil ini menghasilkan daun yang subur jika ditanam secara outdoor, terutama ketika musim panas tiba. Menghasilkan daun yang mengkilap sehingga sangat baik untuk anda campurkan pada masakan anda.




Baca juga : Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Pohon Waru dan Waru Landak

Jika anda ingin mendapatkan rasa terbaik dari daun pohon basil maka anda bisa memanen daunnya sebelum tanaman tersebut berbunga. Selain itu ketika anda ingin menanam pohon basil maka anda juga harus memperhatikan suhu dari lingkungan sekitar, supaya tidak terlalu panas dan juga terlalu dingin karena bisa mempengaruhi pertumbuhan dari pohon basil.

Cara Merawat Pohon Basil yang Ditanam Outdoor

Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber: google.com
Jika anda tertarik untuk menanam pohon basil dan kebetulan memiliki lahan atau pekarangan di rumah, maka kami menyarankan supaya anda menanam pohon basil secara outdoor saja bersama jenis tanaman lainnya seperti misalnya tomat. Bagaimana cara merawat pohon basil yang ditanam outdoor? Berikut merupakan beberapa tips jika anda ingin menanam pohon basil outdoor :

1. Tanamlah pohon basil di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, karena supaya bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak daun maka pohon basil ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tempatkan pohon basil ini di tempat dimana ia bisa mendapatkan sinar matahari 6 hingga 8 jam per harinya. Pilihlah tempat yang kering seperti di dekat dinding yang menghadap ke selatan sehingga bisa memanfaatkan sinar matahari tersebut.

2. Untuk mendapatkan basil yang berkualitas maka tentu saja tanah tempat anda menanam pohon basil haruslah lembab selalu. Oleh karena itu pastikan supaya anda menanamnya di tanah yang lembab dan juga gembur sehingga ia bisa tumbuh dengan subur. Siramlah pohon basil sekali dalam seminggu, anda harus menyiram sekitar 1 inch air.

Ketika sedang musim hujan, maka pohon basil tidak membutuhkan irigasi tambahan karena ketika hujan deras maka tanah tempat anda menanam pohon basil akan lembab hingga kedalaman 6 inci. Selalu periksa tanah tempat anda menanam pohon basil, jika tanahnya kering anda bisa menyiramnya dengan air.
Ciri Ciri Pohon Basil
Sumber : google.com

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Waru India (Thespesia populnea) Di Alam Liar

3. Kemudian jika pohon basil anda sudah setidaknya memiliki 4 set daun maka anda harus menjepit atau memotong ujung daun pohon basil tersebut. Cara untuk memanen pohon basil sangatlah mudah karena hanya anda perlu memotong batangnya seperti biasa saja. Anda harus melakukan pemangkasan ketika pohon basil anda sudah dewasa, yaitu setidaknya dua minggu sekali. Sehingga pohon basil anda bisa menghasilkan daun yang rimbun dan bagus.

4. Untuk membuat pohon basil anda tumbuh dengan subur maka anda bisa juga menambahkan pupuk. Kami menyarankan supaya anda menambahkan pupuk yang dilarutkan dalam air yang bisa meningkatkan kualitas dari pohon basil anda. Anda bisa menambahkannya ke tanah sesuai dengan takaran dari paket pupuk yang anda beli. Atau anda juga bisa menambahkan pupuk kompos.




Pertanyaan anda mengenai bagaimana cara merawat pohon basil yang ditanam outdoor? Apakah sudah terjawab? Sebenarnya untuk menanam pohon basil ini bisa dimana saja ya, anda bisa melakukannya secara indoor maupun outdoor, asal terdapat cahaya matahari yang cukup sekitar 6 hingga 8 jam, kemudian tanah yang digunakan juga gembur dan subur.

Namun jika anda memiliki lahan di luar ruangan maka anda bisa menanam ini secara outdoor saja. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat!

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Merawat Pohon Basil yang Ditanam Outdoor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel