Artikel Pilihan

Manfaat Luar Biasa Kacang Arab Bagi Ibu Hamil

Ciri Ciri Kacang Arab

Setiap ibu hamil sudah pasti harus mengonsumsi makanan bergizi guna memenuhi kebutuhan gizi janin yang dikandungnya. Ada banyak jenis makanan yang bisa dijadikan pilihan asupan menu harian ibu hamil, termasuk kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang yang paling direkomendasikan adalah kacang arab.

Mengenal Kandungan Kacang Arab

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: healthyfood.com
Kacang arab mengandung lemak nabati, karbohidrat, protein tinggi, kolin, folat, fosfor, mangan, selenium, dan zat besi. Tak hanya itu saja, kacang arab juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang menjadikannya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil guna memenuhi kebutuhan harian yang membantu kesehatan tubuh.

Tak hanya itu saja, kacang arab juga mampu membantu tubuh Anda untuk meningkatkan fungsi kerja jantung serta mencegah terjadinya serangan penyakit jantung koroner. Anda pasti tahu, seorang ibu hamil sangat membutuhkan asupan protein dalam jumlah cukup banyak.




Hal ini disebabkan karena setiap makanan atau asupan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil juga akan diberikan kepada janin. Tentu saja, nutrisi yang diserap dari makanan tersebut untuk membantu tumbuh kembangnya selama dalam kandungan. Nah, nutrisi tersebut bisa diperoleh dari kacang arab yang kaya akan gizi dan nutrisi cukup berlimpah.

Baca juga : Ketahui Persebaran Pohon Waru di Seluruh Dunia

Manfaat Kacang Arab untuk Janin dan Ibu Hamil

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: verywellfit.com
Karena memiliki kandungan gizi dan juga nutrisi cukup berlimpah, jangan heran jika kacang arab disebut memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk menjaga kehamilan. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang diketahui ada pada kacang arab dan memang baik untuk kesehatan ibu hamil sekaligus janin yang dikandungnya :

Kacang arab sebagai sumber mineral bagi ibu hamil

Perlu Anda ketahui, bahwa mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai bentuk aktivitas sel dan juga otot-otot tubuh. Tak hanya itu saja, kandungan mineral juga mampu menunjang kinerja organ tubuh agar bisa bekerja lebih baik lagi.

Untuk memperoleh semua manfaat tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi kacang arab selama masa kehamilan. Hal ini bertujuan untuk membantu tubuh memenuhi asupan mineral, baik untuk ibu atau bahkan janin di dalam kandungan.

Kacang arab mampu mencegah ibu hamil dari risiko diabetes

Sebenarnya, ibu hamil sangat rentan terhadap risiko diabetes meskipun terkadang penyakit satu ini bisa sembuh setelah proses persalinan. Namun, hal ini tentu saja berisiko terhadap bayi yang ada di dalam kandungan.

Oleh sebab itulah, Anda sebagai ibu harus lebih berhati-hati dalam menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jangan sampai makanan tersebut memicu risiko diabetes yang senantiasa mengintai.

Baca juga : Siapa Sangka, Fungsi Daun Pohon Waru Untuk Kecantikan Ini Bisa Diandalkan

Nah, salah satu jenis makanan yang paling cocok untuk menghindari penyakit diabetes pada ibu hamil adalah kacang arab. Pasalnya, kacang arab memiliki kandungan gula cukup rendah sehingga makanan ini tidak akan menyebabkan munculnya risiko diabetes selama masa kehamilan.

Kacang arab merupakan camilan yang mengenyangkan bagi ibu hamil

Umumnya, ibu hamil cenderung sering merasa lapar. Hal ini disebabkan karena janin di dalam kandungan menyerap semua sari makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.Dan kacang arab ternyata mampu memberikan sejumlah cadangan energi yang Anda butuhkan selama menjalani masa kehamilan sehingga Anda tidak mudah merasa lapar. Dengan demikian, kacang arab sangat cocok Anda jadikan sebagai pilihan makanan atau camilan sehat semasa hamil.

Kacang arab mampu memenuhi kebutuhan folat janin di dalam kandungan

Kandungan folat yang ada di dalam kacang arab ternyata juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan janin. Di mana, kandungan folat ini memiliki peranan cukup penting guna mendukung pertumbuhan serta perkembangan otot serta bagian sumsum tulang belakang janin yang Anda kandung.

Kacang arab membantu mempertahankan struktur dan kekuatan tulang ibu hamil

Tak bisa dipungkiri, ibu hamil rentan mengalami masalah pada tulang akibat adanya tekanan dari berat kandungan. Kacang arab disebut mampu membantu para ibu hamil untuk mempertahankan struktur dan kekuatan tulang. Hal ini disebabkan karena kacang arab kaya akan zat besi, kalsium, fosfat, mangan, seng, magnesium, dan vitamin K.




Sementara vitamin K berperan cukup penting untuk kesehatan tulang karena meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium dalam urin. Itulah sebabnya, asupan vitamin K yang rendah seringkali dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Siapa sangka, di balik bentuknya yang mungil, ternyata kacang arab menyimpan banyak manfaat luar biasa bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsinya sebagai alternatif lain makanan sehat dalam menu harian selama masa kehamilan.

Baca juga :


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Luar Biasa Kacang Arab Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel