Artikel Pilihan

Alasan Anda Harus Memiliki Alat-Alat Bonsai

Bonsai
Setidaknya ada 10 jenis alat-alat bonsai yang diciptakan untuk memudahkan pemilik bonsai untuk merawat bonsai. Sebagai pemilik pohon bonsai, tentunya anda juga harus memiliki alat-alat bonsai. Peralatan tersebut setidaknya bisa membantu anda membuat bonsai menjadi lebih indah dan mengurangi risiko kesalahan dalam perawatan.

Harga alat-alat bonsai tersebut beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Memang bukan harga yang murah karena kualitasnya yang bagus. Banyak sekali orang keberatan untuk membeli peralatan bonsai tersebut karena merasa boros. Kalau anda masih ragu juga untuk membelinya, mungkin anda membutuhkan alasan. 

Kenapa Harus Membeli Alat-Alat Bonsai? 


1. Membantu Perawatan 

Alasan pertama anda harus membeli alat-alat bonsai adalah untuk membantu anda merawat tanaman bonsai. Alat-alat ini dibuat dengan alasan untuk membantu memudahkan pekerjaan anda. 

Ada tang, gunting, pisau, dan gergaji yang seperti gergaji pada umumnya. Namun, dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dan bentuknya disesuaikan dengan pohon bonsai agar anda lebih mudah menggunakannya. 

Ada pula meja putar yang berguna untuk memutar tanaman bonsai saat anda sedang merawatnya. Karena anda harus merawat semua bagian bonsai, anda akan kesulitan jika harus bergerak atau mengubah posisi bonsai. Itulah alasan meja putar bonsai diciptakan. 

Tas peralatan khusus alat-alat bonsai juga diciptakan agar anda mudah menyimpan barang tersebut. Risiko barang tersebut hilang atau rusak akan lebih kecil jika anda menyimpannya di tas peralatan khusus ini. 

2. Mengurangi Risiko Kesalahan 

Kalau anda menggunakan gunting biasa dengan ukuran pada umumnya, anda akan kesulitan memotong daun atau ranting bonsai. Bisa saja anda salah memotong dan membuat pohon bonsai menjadi rusak. 

Begitu juga fungsi dari peralatan lain yang dimodifikasi menjadi kecil berguna untuk mengurangi kesalahan saat anda sedang ingin memperindah tanaman bonsai. Sekali terjadi kepada tanaman bonsai, akan sangat sulit untuk memperbaikinya. 

Meja putar khusus bonsai juga dibuat agar mengurangi risiko kerusakan pada bonsai dan juga badan anda. Meja putar ini sudah dirancang khusus agar mudah memindahkan posisi bonsai dan menjaga postur badan anda tetap stabil. 

Kalau anda sering memutar posisi bonsai, tanaman itu lebih berisiko untuk rusak karena kesalahan dalam posisi pemindahan. Tanaman bonsai yang berat bisa membuat anda lelah saat terus memindahkan posisinya. 

3. Membantu Membentuk Bonsai 

Anda pasti tahu kalau tanaman bonsai merupakan tanaman hias yang memiliki nilai seni tinggi. Salah satu hal yang membuat bonsai sangat disukai adalah bentuknya yang bisa diubah untuk menambah nilai seninya. 

Alat-alat bonsai diciptakan untuk membantu anda membentuk bonsai sesuai dengan imajinasi. Tanpa adanya peralatan bonsai, seperti kawat bonsai, anda akan kesulitan membuat bentuk yang indah. 

Anda bisa saja menggunakan tali, tetapi hasilnya kurang maksimal. Anda juga bisa menggunakan kawat biasa. Namun, tanaman berisiko untuk rusak karena terlalu kuat. 

Selain itu, ada juga Penggaruk tanah yang berguna untuk meratakan tanah yang menggumpal dan menyingkirkan tanaman yang mengganggu. Penggaruk tersebut sudah dibuat sesuai dengan ukuran tanah pada pot bonsai. Anda bisa saja menggantinya dengan peralatan lain. Namun, akan lebih sulit melakukannya. 

Alat-alat bonsai lain yang digunakan untuk memperindah bentuk bonsai adalah pemahat bonsai. Benda ini wajib sekali anda miliki kalau ingin membentuk bonsai dengan nilai seni yang tinggi. 

4. Meringankan Kerja Anda 

Tujuan akhir dari alat-alat bonsai diciptakan adalah meringankan kerja anda saat sedang merawat, memotong, atau membentuk tanaman bonsai. Bila anda tetap menggunakan peralatan yang bukan untuk bonsai, pekerjaan anda akan semakin sulit. 

Pekerjaan anda semakin sulit karena anda menggunakan benda yang terlalu besar hingga membuat bonsai berisiko rusak. Anda harus benar-benar teliti bila menggunakan alat pada umumnya sebagai pengganti alat-alat bonsai. 

Jika tanaman bonsai memiliki risiko rusak yang sangat besar, anda akan kesulitan membuat tanaman bonsai yang indah. Akhirnya, percuma anda menanam bonsai kalau hasil akhirnya tidak menjadi indah. 

Baca juga : Pohon Kopi Arabika


Alat-Alat Bonsai yang Bisa Diganti 

Kawat Bonsai
Sumber: bonsaistar.com
Walaupun anda wajib memiliki alat-alat bonsai. Namun, bukan berarti tidak ada sama sekali alat yang bisa diganti fungsinya dengan alat lain. Dengan catatan anda benar-benar tidak bisa membeli alat tersebut, anda bisa mengganti fungsi dari beberapa peralatan bonsai. 

Anda bisa mengganti tas peralatan khusus bonsai dengan kotak atau tas kecil. Pastikan anda menyimpan tempat yang aman agar alat-alat bonsai tidak hilang. Meski tetap ada kekurangannya, yaitu anda kesulitan menemukan alat yang anda inginkan dan alat berisiko lebih cepat rusak. Namun, hal ini masih bisa ditolerir. 

Meja putar bonsai juga bisa diganti dengan meja putar khusus makanan. Namun, pastikan bonsai tidak akan jatuh saat anda memutar mejanya. Kalau tidak memiliki meja makanan, anda bisa meletakkan di meja biasa. Anda yang akan berputar mengelilingi bonsai. Asalkan badan anda tidak masalah untuk terus bergerak, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Anda harus mengurangi memutar pot bonsai secara paksa karena anda malas bergerak. 
Pisau Bonsai
Sumber: pinterest.com
Apakah anda sudah membeli alat-alat bonsai? Kalau belum anda harus segera membelinya, kecuali alat yang masih bisa digantikan fungsinya dengan barang lain.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Anda Harus Memiliki Alat-Alat Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel