Artikel Pilihan

Efek Positif dan Negatif Kacang Arab untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ciri Ciri Kacang Arab

Kacang arab merupakan salah satu jenis camilan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dengan harga cukup terjangkau membuat kacang arab jadi pilihan camilan yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi dengan pengolahannya yang terbilang mudah, bisa langsung dimakan, dipanggang, ataupun direbus.

Sama seperti jenis kacang-kacangan lain yang jadi sumber protein nabati, kacang arab pun memiliki segudang manfaat bagi tubuh, terutama kecantikan kulit. Meski demikian, terlalu banyak mengonsumsi kacang arab juga pasti akan menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan.

Efek Positif Kacang Arab Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: maebells.com
Berikut ini beberapa efek positif kacang arab bagi kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui :




Kacang arab membantu memperbaiki kolagen dan sel-sel kulit

Sebagian besar orang beranggapan, bahwa kacang jadi pemicu timbulnya jerawat di wajah, termasuk kacang arab. Padahal faktanya, kacang arab tidak mengandung nutrisi yang memicu jerawat pada wajah.

Justru faktor-faktor seperti, stres, radikal bebas, paparan debu, dan penggunaan makeup adalah pemicu utama munculnya jerawat membandel.Perlu Anda ketahui, kacang arab dan beberapa jenis kacang lainnya justru mengandung asam amino tinggi, kalsium, zat besi, vitamin E, dan lemak yang baik untuk tubuh.

Baca juga : Jenis-jenis Pohon Peneduh Jalan

Semua kandungan tersebut memiliki peranan masing-masing untuk kesehatan dan juga kecantikan. Seperti asam amino dalam kacang arab yang justru membantu memperbaiki kolagen dan sel kulit. Sementara kandungan vitamin E mampu membantu kulit terhindar dari penuaan dini.

Kacang arab membantu memperlambat proses penuaan kulit wajah

Kacang arab diketahui mengandung vitamin C dan vitamin K yang memiliki peranan penting untuk memperlambat proses penuaan kulit. Bahkan, vitamin C yang terkandung di dalamnya mampu menjaga kulit agar tetap cerah merona. Oleh sebab itulah, banyak orang mulai mengonsumsi kacang arab ini agar tetap memiliki kulit yang sehat memesona.

Kacang arab membuat kulit cerah bersinar

Kacang arab juga mengandung serat, asam lemak esensial, dan protein yang penting untuk kecantikan. Dengan adanya zat-zat tersebut, kacang arab disinyalir mampu mengurangi peradangan pada jerawat yang membandel sekaligus menjadikan kulit tampak lebih bercahaya dari hari ke hari. Jadi, mulai saat ini jangan pernah lagi beranggapan bahwa mengonsumsi kacang akan membuat jerawat bermunculan, ya!

Efek Negatif Mengonsumsi Kacang Arab Terhadap Kesehatan

Ciri Ciri Kacang Arab
Sumber: media.self.com
Nah, setelah Anda mengetahui manfaat kacang arab untuk kecantikan kulit, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja efek negatif jika terlalu banyak mengonsumsi kacang yang berasal dari daratan Mediterania ini. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini :

Baca juga : Fosil Pohon Pinus Tertua Ditemukan, Usianya Ratusan Juta Tahun

Kacang arab memicu asam urat

Asam urat jadi salah satu jenis penyakit yang paling umum menyerang orang berusia lanjut. Meski demikian, bukan tidak mungkin penyakit satu ini juga menyerang para generasi muda yang masih berumur produktif.

Nah, salah satu penyebab munculnya asam urat adalah mengonsumsi kacang arab secara berlebihan. Kandungan senyawa purin di dalam kacang arab, seperti pada kacang kedelai dan kacang merah mampu memicu munculnya asam urat.

Kacang arab memicu timbulnya masalah pada sistem pencernaan

Masalah kesehatan berikutnya akibat konsumsi kacang arab yang berlebihan adalah gangguan pada sistem pencernaan. Umumnya, perut akan terasa kembung jika Anda memakan kacang arab secara berlebihan. Kondisi ini disebabkan oleh senyawa tanin dan phytates yang membuat kacang jadi lebih sulit dicerna oleh tubuh dan selanjutnya memicu munculnya gas di perut.

Kacang arab meningkatkan berat badan





Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi kacang arab. Pasalnya, kacang arab yang dimakan secara berlebihan justru bisa membuat berat badan Anda naik seketika. Meski kacang arab memang menjadi salah satu bahan makanan yang baik untuk diet, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, tubuh akan mengalami penumpukan kalori yang menyebabkan meningkatkan timbunan lemak. Apalagi, jika Anda tidak menerapkan pola hidup sehat dan jarang berolahraga.

Nah, itu tadi beberapa efek positif negatif mengonsumsi kacang arab untuk kesehatan sekaligus kecantikan kulit yang perlu Anda ketahui. Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan kalau kacang memicu jerawat hanyalah mitos belaka. Namun perlu Anda ingat, mengonsumsi makanan yang berlebihan juga tidak akan pernah baik untuk kesehatan.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Efek Positif dan Negatif Kacang Arab untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel