Artikel Pilihan

Berbagai Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Bagi kebanyakan orang, 'cemara/conifer' dan 'pohon pinus' adalah sama. Ada beberapa alasan untuk ini, karena keluarga pinus adalah keluarga konifer terbesar dan yang kita sebut pinus dan cemara semua anggota keluarga pinus.

Jadi, apa sebenarnya pohon cemara itu? Ada berapakah jenis cemara (spruces) dari semua pohon yang ada? Apa bedanya dengan pinus dan tumbuhan runjung lainnya? Dan apa saja 10 jenis pohon cemara yang paling menarik untuk taman rumah dan lanskap?

Ciri Ciri Pohon Cemara

Cara termudah untuk membedakan spruces semak dari cemara adalah cara kerucut biji matang yang terdapat di pohon. Dalam spruces (spesies Picea) kerucut biji matang menggantung dari cabang dan akan jatuh utuh dari pohon sementara di pohon cemara (spesies Abies), kerucut dewasa berada pada posisi tegak di cabang-cabang dan akan hancur daripada jatuh utuh.



Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: conifersociety.org
Ujung daun berbentuk jarum juga merupakan faktor pembeda. Jarum pinus (spesies Pinus) tumbuh dalam bundel (fascicles) dari 1 hingga 5 jarum, sementara spruces dan cemara menempel satu per satu.

Orang-orang dengan penglihatan yang tajam juga akan melihat bahwa jarum cemara melekat pada cabang dengan pasak kecil (pulvinus), sementara jarum cemara melekat langsung ke batang dengan apa yang tampak seperti semacam cangkir hisap.

Baca juga : Cara Menanam Benih Italian Cypress (Cupressus sempervirens)

Cemara Oriental

Spruces cemara dapat berupa semak, pohon kecil, atau pohon yang sangat besar. Pemilik rumah rata-rata harus fokus pada pilihan katai dan miniatur yang lebih cocok ke lanskap rumah. 'Emas Awal' Picea orientalis yang digambarkan di atas, misalnya, tingginya sekitar 6 kaki (2 m) setelah 10 tahun, memiliki jarum yang tertib rapi, halus dan menarik, dengan cabang yang sedikit meruncing berbentuk kerucut biji.

Cemara Oriental (Picea orientalis 'Skylands')

Jenis Cemara Oriental (Picea orientalis 'Skylands') ini banyak terdapat di Kebun Botani Mendocino Coast. Picea orientalis 'Skylands' adalah pohon cemara oriental lainnya; fitur khasnya adalah dedaunan emasnya yang indah. 'Skylands' harus dilindungi dari matahari sore yang panas pada hari-hari musim panas terpanjang atau akan terbakar.

Jika 'Skylands' menjadi terlalu besar untuk kebun Anda, ada pilih "Skylands seedling" yang disebut 'Firefly' yang menampilkan dedaunan emas yang sama, tetapi tumbuh lebih lambat dan tetap lebih kecil.

Cemara Colorado (Colorado Spruce)

Jenis Picea pungens (Colorado blue spruce) 'Lucretia' dan Colorado blue spruce (Picea pungens) mungkin banyak dibenci daripada jenis konifer lainnya. Itu karena pohon-pohon liar yang tumbuh di alam menjadi sangat besar! Sayangnya, terlalu banyak pengembang dan penanam tanpa disadari menanam spesimen kecil dan muda tepat di depan rumah.

Hanya dalam beberapa tahun pohon-pohon menjulang tinggi di atas rumah dan menutupi jendela. Namun, ada banyak varietas cemara ini yang warnanya menakjubkan di lanskap.
Lihatlah bagaimana Picea menyengat 'Lucretia', yang banyak terdapat di alam dengan daun ungu dari semak asap (Cotinus) di latar belakang.

'Lucretia' tumbuh hanya beberapa inci setahun, dan dapat dengan mudah dipangkas menjadi bentuk semak yang menarik.

Cemara Pugens (Picea pungens)

Jika Anda menginginkan bentuk pohon cemara yang lebih tradisional, pertimbangkan kultivar seperti Picea pungens 'Fat Albert', yang memiliki bentuk kerucut yang diasosiasikan oleh kebanyakan orang dengan konifer, meskipun dalam ukuran yang jauh lebih kecil daripada raksasa asli. Albert memiliki tinggi sekitar 10 sampai 15 kaki (3 sampai 5 m) setelah 10 tahun berada di lanskap, dan sesuai dengan namanya, lebar di dasarnya.

Baca juga : 6 Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang

Ciri Ciri Pohon Cemara
Sumber: conifersociety.org

Cemara Colorado Emas

Ada lagi jenis cemara yang dikenal dengan spruces Colorado yang tumbuh dengan cara yang unik, yang dapat meningkatkan pemangkasan, seperti picea pedas 'Pendula'. Jenis ini menghasilkan beberapa biji kerucut yang cukup istimewa, menyaingi Picea orientalis yang dikenal sebagai cemara emas.




Cemara Biji Kerucut (Picea Pungens 'Pendula')

Ada juga spruces Colorado yang memiliki jarum emas atau krim baru, seperti Picea pungens 'Gebelle's Golden Spring'. Jenis ini biasanya tumbuh lebih lambat dari pada pohon jenis. Pertumbuhan baru mereka sangat mencolok seperti bunga musim hujan dimanapun.

Jadi, bagi Anda penggemar cemara, jangan lupa untuk memahami berbagai karakteristik cemara yang ada di lingkungan Anda agar bisa maksimal dalam pertumbuhan dan perawatan.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Jenis Pohon Cemara yang Harus Diketahui Setiap Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel