Artikel Pilihan

Jenis Pupuk Organik Cair Untuk Pertumbuhan Pohon Pinang

Pada artikel sebelumnya telah dibahas pupuk organik padat beserta contoh pupuk yang bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan pohon pinang. Pupuk organik cair merupakan jenis pupuk yang berwujud cair, tingkat kelarutan terhadap air tinggi dan dapat membawa unsur hara makro dan mikro yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk organik lebih ramah lingkungan daripada menggunakan pupuk anorganik. Adapun beberapa jenis pupuk organik yang bisa digunakan oleh petani untuk memelihara pohon pinang pada suatu lahan perkebunanan adalah sebagai berikut :

1. Pupuk Organik Cair (POC): Urine Sapi

Didalam urine sapi terkandung unsur hara berupa N (1,00%), P (0,50%), K (1,50%) dan berbagai bahan organik lainnya yang berguna untuk memperbaiki struktur tanah. Selain unsur hara, pada urine sapi juga terdapa zat pengatur tumbuh seperti IAA.

Urine sapi bisa dimanfaatkan sebagai pupuk secara langsung maupun tidak langsung. Urine sapi yang diberikan ke tanaman hingga pada batas tertentu dapat mempengaruhi proses pemanjangan sel dan dapat mencegah serangahan hama pengganggu dikarenakan aromanya yang khas.

Dengan demikian urine sapi juga dapat digunakan sebagai pengendali hama tanaman. Ketika urine sapi diaplikasi ke pohon pinang sebagai pupuk cair, pohon pinang memberikan respon yang baik. Pohon pinang yang diberikan pupuk cair dari urine sapi memiliki jumlah daun yang lebih banyak dan diameter batang yang lebih besar daripada ketika tidak ditambahkan pupuk cair tersebut.

ciri ciri pohon pinang

2. Pupuk Organik Cair (POC): TOP G2

Pupuk organik cair jenis ini merupakan pupuk yang terbuat dari bahan organik pilihan yaitu dari hewan maupun tumbuhan dan tidak berasal dari limbah buangan. TOP G2 ramah lingkungan karena tidak mengandung zat racun maupun mikroorganisme seperti bakteri atau jamur yang patogen bagi kesehatan.

 Pupuk ini diproduksi khusus dalam pabrik berdasarkan formulasi yang telah disusun rapi dengan memanfaatkan Bioteknologi yang memiliki tingkat presisi tinggi melalui proses fermentasi dan ezimik. TOP G2 mengandung zat pengatur tumbuh dari kelompok Zeatin dan Giberelin (GA3).

Selain itu pupuk ini juga mengandung berbagai 14 macam unsur hara esensial, 17 macam asam amino, vitamin dan berbagai bentuk mikroflora. Pupuk TOP G2 juga cepat terserap oleh tanaman untuk membantu proses peningkatan terserapnya unsur hara. TOP G2 memiliki peranan daalam merehabilitasi tanah, meningkatkan dan mempertahankan kualitas kesuburan lapisan tanah yang telah diolah.

Baca Juga :

 Ada beberapa keuntungan dari menggunakan pupuk ini yaitu spesifikasi isi kandungannya lengkap, memperbaiki kualitas tanah, ramah lingkungan, tidak beracun dan merangsang proses pertumbuhan akar tanaman. Ketika Pupuk G2 diaplikasikan ke bibit pohon pinang, menghasilkan pengaruh yang nyata dimana semakin tinggi konsentrasi yang diberikan maka semakin besar pengaruh nya terhadap tinggi tanaman.

Selain terhadap tinggi, respon juga ditunjukkan oleh diameter batang dan jumlah helai daun yang muncul. Namun respon tersebut tergantung dari banyak tidaknya unsur hara mikro yang sudah terpenuhi di dalam batang pohon pinang.
ciri ciri pohon pinang
Sumber: pupukvitamintopg2.blogspot.com

3. Pupuk Organik Cair (POC): Kulit Buah Pisang

Kulit pisang adalah sampah jenis organik yang sangat mudah diperoleh dipasaran dan faktanya sampah ini belum terkelola dengan baik. Oleh karena itu kulit pisang berpotensi diolah menjadi pupuk organik demi mengurangi masalah sampah yang menumpuk dan sebagai sumber pencemaran lingkungan.

Pupuk ini jika diberikan dengan dosis tertentu ke tanaman, maka tanaman tersebut akan mengalami pertumbuhan dengan melihat parameter tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah cabang. Saat pupuk ini diaplikasikan ke pohon pinang, respon yang ditunjukkan adalah pertambahan tinggi yang semakin meningkat, rasio tajuk akar dan berat kering biji yang mengalami peningkatan.

Tajuk akar mengalami peningkatan disebabkan oleh prose tumbuh akar, sehingga ketika unsur hara yang terserap sudah mencukupi maka proses metabolisme akan meningkat. Proses translokasi hasil fotosintesis menuju akar akan besar, sehingga menyebabkan sistem perakaran berkembang.

Dengan demikian pertumbuhan tajur akar akan meningkat pula. Semakin tinggi konsentrasi yang diberikan maka pertambahan tinggi dan rasio tajuk akar semakin meningkat pula (Yuliani, 2018).

Itulah ulasan mengenai pupuk organik cair untuk pertumbuhan pohon pinang. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis Pupuk Organik Cair Untuk Pertumbuhan Pohon Pinang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel