Artikel Pilihan

Harga dan Cara Budidaya Pohon Tabebuya di Indonesia

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Pohon tabebuya yang sempat bermekaran di beberapa kota di Indonesia sempat menjadi pusat perhatian masyarakat. Pohon yang kerap disamakan dengan pohon sakura ini pun akhirnya mulai diburu dan diperjualbelikan. Tentu saja, ini jadi peluang bisnis bagi para pelaku usaha dan jasa tanaman karena tingginya permintaan akan bibit tabebuya itu sendiri.

Harga Bibit Pohon Tabebuya di Indonesia

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: amazon.com
Berdasarkan data di lapangan, harga bibit pohon tabebuya di Indonesia cukup bervariasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harganya, seperti ukuran dan juga warna bunganya. Berikut ini perkiraan harga bibit tabebuya yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya :

  • Bibit tabebuya dengan ukuran 1 – 1,5 meter dibanderol dengan harga sekitar Rp 150.000 – Rp 500.000 per pohon.
  • Bibit tabebuya dengan ukuran 2 – 3 meter dibanderol dengan harga sekitar Rp 300.000 – Rp 800.000 per pohon.
  • Bibit tabebuya dengan ukuran di atas 4 meter dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.300.000 – Rp 2.500.000 per pohon.

Harga di atas hanya berlaku untuk spesies tabebuya yang lebih sering ditemui di jalanan kota, seperti Handroanthus Chrysotrichus yang berwarna kuning.




Baca juga : Selain Cantik, Pohon Tabebuya Memiliki Beragam Manfaat

Jika Anda ingin bibit pohon tabebuya dengan bunga berwarna merah muda layaknya sakura, maka Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Pasalnya, untuk bibit spesies Tabebuia Rosea dengan tinggi 1 meter bisa dibanderol hingga Rp 4.000.000 per pohon.

Cara Budidaya Pohon Tabebuya

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: wikimedia.org
Setelah mengetahui harga bibit pohon tabebuya di atas dan Anda jadi ragu karena harganya yang masih di atas rata-rata, sebaiknya tanam saja tabebuya dari bijinya. Selain mudah, cara inipun tergolong murah dan pantas untuk dicoba. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa cara berikut ini sebelum mulai membudidayakan pohon tabebuya sendiri di rumah :

Pastikan memilih biji terbaik

Pilih biji terbaik dengan cara mengambil biji yang telah tua. Biasanya, biji ini terjatuh dari pohon dengan sendirinya. Kemudian, keringkan di bawah sinar matahari dan simpan selama satu bulan.

Berikutnya, lakukan penyemaian dengan media tanah bercampur kompos. Saat bibit sudah tumbuh sekitar 1 meter, maka pindahkan ke lahan yang lebih luas seperti halaman atau pekarangan rumah.

Buat lahan tanaman dengan ukuran yang pas

Lahan tanam permanen bisa Anda buat dengan ukuran 30 – 50 sentimeter. Tempatkan bibit tabebuya secara tegak lurus, lalu timbun dengan tanah dan kompos. Pastikan untuk memadatkan tanah agar tanaman tidak gampang roboh. Jangan lupa sirami sebanyak dua kali sehari.

Hentikan penyiraman saat bibit tabebuya sudah mencapai 10 meter

Pohon tabebuya tidak perlu disiram lagi ketika sudah mencapai tinggi sekitar 10 meter karena tanaman ini telah mampu mencari sumber air sendiri di dalam tanah. Sementara pemupukannya bisa dilakukan 3 bulan sekali agar bunga tabebuya bisa tumbuh maksimal dengan warna-warni cemerlang.
 

Cara Memilih Bibit Pohon Tabebuya Bagi Pemula

Tahukah Anda, hampir semua pohon tabebuya tidak bisa tumbuh cepat dan instan. Artinya, jika Anda ingin menanam pohon ini, sebaiknya pilih bibit yang unggul dan berkualitas agar hasil kerja Anda tidak sia-sia.

Baca juga :  Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Masalahnya, sekitar 80% orang yang baru memulai hobi bercocok tanamnya tidak tahu mana bibit pohon yang baik untuk ditanam. Lantas, bagaimana cara memilih bibit tabebuya terbaik? Simak ulasannya berikut ini :

Memastikan bibit tanaman sehat

Langkah pertama dalam memilih bibit pohon tabebuya yang dijual di pasaran adalah memastikan bibit tanaman tersebut benar-benar sehat. Sebab, untuk menghasilkan pohon tabebuya yang berbunga lebat dan indah, tentu saja kondisinya harus baik. Anda bisa melihat kondisi tanaman, mulai dari batang, daun, dan juga akarnya jika memungkinkan.

Pilih bibit pohon tabebuya yang masih muda

Bukan hanya sehat, Anda juga harus bisa memastikan bahwa bibit tabebuya yang Anda beli merupakan bibit yang masih muda. Pasalnya, bibit tanaman muda tidak berisiko terkena serangan hama dan penyakit sehingga nantinya bisa tumbuh dengan subur.

Beli bibit pohon tabebuya di tempat terpercaya





Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan saat ingin membeli bibit tabebuya adalah tempat pembelian bibit tersebut. Pastikan, tempat Anda membeli merupakan tempat terpercaya untuk meminimalkan risiko penipuan. Misalnya, jenis spesies tabebuya yang dijual tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Padahal, Anda sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Demikian informasi seputar harga dan budidaya serta cara terbaik memilih pohon tabebuya yang tak pernah kehilangan pamornya. Bagaimana, apakah Anda sudah semakin yakin untuk menanam tabebuya sendiri di rumah?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Harga dan Cara Budidaya Pohon Tabebuya di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel