Artikel Pilihan

Cara Pemupukan Pohon Tabebuya yang Baik dan Benar

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Pemupukan adalah suatu proses untuk memperbaiki atau memberikan tambahan unsur-unsur hara pada tanah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan pada tanaman.

Pemupukan penting untuk dilakukan demi memperbaiki kondisi tanah, memberikan nutrisi pada tanaman, meningkatkan kesuburan tanah, dan memperbaiki kualitas dan kuantitas tanaman. Bukan hanya itu saja, pemupukan juga sangat berperan dalam memastikan keberhasilan produksi tanaman itu sendiri.

Baca juga : Anti Gagal, Ini Tips Menanam Pohon Tabebuya di Rumah

Dengan begitu, selain harus mengetahui jenis-jenis pupuk dan proses penyerapannya, Anda juga wajib tahu serta memahami cara menggunakan pupuk untuk tanaman, khususnya pohon tabebuya. Guna memperoleh hasil pemupukan yang memuaskan, Anda bukan hanya harus menggunakan takaran pupuk yang tepat saja. Tapi juga harus tahu cara bagaimana pemupukan pohon tabebuya yang baik dan benar sehingga tanaman tersebut menerima nutrisi dengan maksimal.




4 Langkah Pemupukan Pohon Tabebuya yang Benar

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: greensouq.ae


Menyesuaikan jenis pupuk yang digunakan

Poin yang harus Anda utamakan saat memupuk pohon tabebuya adalah menyesuaikan pupuk berdasarkan fase tumbuh kembang tanaman. Contohnya, pemberian pupuk yang mengandung unsur hara makro memang sangat dibutuhkan oleh tanaman setiap harinya.

Namun, pemberian pupuk yang mengandung unsur nitrogen setiap hari bisa membuat tumbuh kembang tabebuya menjadi lambat. Bahkan, fase vegetatif tanaman bakal enggan memasuki fase generatif.

Tentu saja, dampak yang akan terjadi adalah pohon tabebuya menjadi lebih rimbun tapi tidak kunjung berbunga. Oleh sebab itu, pada saat perubahan generatif terjadi, maka tanaman akan membutuhkan unsur hara fosfor yang bisa merangsang tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Posisi peletakan pupuk pada pohon tabebuya

Ingat, cara pemupukan harus diterapkan dengan baik dan benar. Untuk pupuk akar, Anda bisa memberikannya dengan cara dibenamkan di seluruh area media tanam. Buatlah lubang memanjang dengan posisi melingkari tanaman. Adapun jarak lubang yang digunakan kurang lebih sekitar 10 cm dengan ukuran kedalaman sekitar 7 – 10 cm.

Kemudian, taburkan atau siram pupuk ke area tersebut, lalu timbun kembali agar tidak terjadi penguapan. Cara ini dilakukan agar pupuk akar lebih mudah terserap dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah melarutkan pupuk ke dalam air, kemudian siramkan pada akar pohon tabebuya tersebut. Sementara untuk pupuk daun, Anda bisa melarutkannya terlebih dulu ke dalam air. Setelah itu, semprotkan pada daun-daun tabebuya.

Mengetahui kapan waktu yang tepat

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: dekhleonline.com
Pemupukan tak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus melakukannya di waktu yang tepat. Sebaiknya, lakukan pemupukan pada pagi hari sekitar pukul 10 atau di sore hari sekitar pukul 3. Sebab, di waktu pagi dan sore, terik matahari tidak terlalu menyengat sehingga mencegah terjadinya penguapan pada pupuk tersebut.

Namun, jika Anda ingin memupuk pohon tabebuya dalam jumlah banyak, maka pemberian pupuk harus dilakukan lebih pagi lagi. Pupuk daun juga harus diberikan saat pagi dan sore hari. Pasalnya, di waktu tersebut stomata daun akan terbuka dan siap menerima nutrisi dari pupuk yang Anda berikan.

Perhatikan dosis pupuk yang diberikan

Berikutnya adalah memperhatikan jumlah pupuk yang diberikan. Pastikan pemberian pupuk tersebut sudah sesuai dengan dosisnya. Ketahuilah, dalam pemberian pupuk, umur serta kondisi pohon tabebuya harus diperhatikan secara seksama. Sebab, ketika nanti terjadi ketidaksesuaian terhadap kebutuhan yang semestinya, maka bisa merugikan pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Apabila tabebuya yang Anda miliki masih berusia muda dan berukuran kecil, maka Anda boleh memberikan dosis pupuk sebanyak 10 – 15 gram per tanaman. Apabila tanaman berusia sedang, maka dosis pupuknya sebanyak 25 – 30 gram.

Ketika tanaman sudah cukup dewasa, maka pemupukan bisa diberikan dengan dosis 30 – 50 gram per tanaman. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan sejak pohon tabebuya berusia 2 bulan dan ketika usianya sudah menginjak 4 – 6 bulan, maka pupuk bisa ditambahkan lagi dengan penggunaan pupuk organik.

Dari cara-cara di atas bisa diketahui, pohon tabebuya bisa tumbuh subur dan cepat sesuai dengan pemupukan yang diberikan. Selain dengan pemupukan, Anda juga bisa mempercepat pertumbuhan tabebuya dengan pemberian hormon.




Tapi ingat, hormon ini bukanlah hara, namun bisa berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman. Hormon yang berasal dari tumbuhan itu sendiri disebut dengan hormon endogen. Sementara hormon yang dibuat oleh manusia adalah hormon eksogen.

Itu tadi sekilas informasi tentang cara pemupukan pohon tabebuya yang baik dan benar. Semoga informasi ini bisa cukup membantu Anda.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Cara Pemupukan Pohon Tabebuya yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel