Artikel Pilihan

Manfaat Menanam Pohon Tabebuya Bagi Lingkungan Sekitar

Ciri Ciri Pohon Tabebuya

Bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan, seperti di ibu kota, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya polusi. Penyebab timbulnya polusi ini dikarenakan banyaknya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor yang berlalu-lalang di jalanan.

Bisa Anda bayangkan, setiap satu kendaraan bermotor tersebut menghasilkan zat adiktif atau emisi gas buang sekitar 9 ml yang setara dengan 2 bungkus asap rokok. Tentu saja, hal ini sangat berbahaya bagi siapa saja yang menghirupnya.

Baca juga : Sempat Dianggap Gulma, Ini Kelebihan Pohon Tabebuya yang Mendunia

Namun sayangnya, demi kelancaran pembangunan infrastruktur di pusat kota, pepohonan yang ada di pinggir jalan pun perlahan ditebang oleh pihak kontraktor. Padahal, penanaman pohon di pinggir jalan termasuk hal yang paling penting untuk dilakukan saat ini.




Selain untuk memperlancar penyerapan air ke dalam tanah, pohon seperti tabebuya juga bisa mencegah tersumbatnya saluran air atau selokan. Namun, bukan berarti Anda harus menanam pohon yang besar sekaligus di pekarangan rumah. Cukup bibitnya saja dulu agar bisa berkembang dengan sendirinya.

9 Manfaat Menanam Pohon Tabebuya Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: aces.edu
Ada banyak sekali manfaat menanam pohon, apalagi untuk jenis pohon tertentu seperti tabebuya. Bukan hanya sekadar indah dan cantik secara visual, nyatanya pohon tabebuya juga memiliki banyak sekali manfaat bagi lingkungan, seperti berikut ini.

1. Menjadikan udara lebih segar

Pohon tabebuya merupakan salah satu penyaring udara di muka bumi. Dengan daun dan batangnya, tabebuya mampu menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen yang mampu membantu kita untuk bernapas.

Di beberapa kota besar, pohon tabebuya sengaja ditanam untuk menyerap gas polusi yang dihasilkan kendaraan seperti, ozon, karbon monoksida, dan nitrogen oksida. Bukan hanya itu saja, debu dan asap lainnya pun juga bisa disingkirkan dengan mudah oleh tabebuya.

2. Menjaga kesehatan mental

Tinggal di sekitar area pepohonan yang rindang, terbukti baik untuk kesehatan mental. Mendekatkan diri dengan alam pun bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan mengurangi stres yang Anda rasakan setelah disibukkan dengan rutinitas harian.

3. Membantu meminimalkan paparan sinar UV

Di negara tropis seperti Indonesia, paparan sinar matahari sangat berlimpah. Hal ini menyebabkan tingginya risiko paparan sinar ultraviolet yang memungkinkan terjadinya kanker kulit. Pohon tabebuya mampu mengurangi paparan sinar UV-B sebanyak 50% dan menurunkan risiko Anda terkena dampak tersebut.

4. Mengurangi dampak perubahan iklim

Salah satu faktor utama terjadinya perubahan iklim adalah terlalu banyak kadar karbon dioksida di udara. Pohon tabebuya bisa membantu mengurangi kadarnya secara signifikan dan melepas oksigen ke udara dengan jumlah berlimpah. Jadi bisa dikatakan, selain mencegah terjadinya perubahan iklim, pohon peneduh seperti tabebuya juga telah membantu kita bertahan hidup.

5. Mencegah terjadinya polusi air

Ketika terjadi hujan lebat, air yang turun ke bumi berisiko membawa polutan berbahaya, seperti nitrogen dan fosfor. Jika tidak ada pohon, maka polutan tersebut akan langsung mengalir ke laut tanpa melalui proses penyaringan apapun.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus)

6. Menambah jumlah cadangan air tanah

Pohon tabebuya bisa melindungi air yang disimpan di dalam tanah agar tidak terlalu cepat mengalami penguapan sehingga cadangan air tanah tetap terjaga. Selain itu, pohon seperti tabebuya hanya membutuhkan sekitar 15 galon air untuk bertahan selama sepekan. Namun, pohon-pohon ini bisa memberikan kita cadangan air tanah sebanyak 200 – 400 galon air.

7. Menjaga populasi makhluk hidup di bumi

Satu batang pohon tabebuya bisa menjadi rumah dari puluhan bahkan ratusan jenis makhluk hidup. Mulai dari burung, serangga, jamur, reptil, hingga jenis tumbuhan lainnya. Tanpa adanya pohon seperti tabebuya, tentu saja berbagai makhluk hidup tersebut bakal kehilangan rumah maupun habitatnya.

8. Mencegah terjadinya banjir

Mencegah banjir merupakan tanggung jawab kita semua sebagai makhluk di muka bumi. Salah satu upaya pencegahannya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mulai menanam pohon, setidaknya di halaman rumah sendiri. Selain itu, studi menyebutkan bahwa menanam pohon di area bantaran sungai bisa mengurangi ketinggian air banjir hingga 20%.

Jadi, tak ada salahnya untuk menanam pohon tabebuya di area pekarangan rumah sebagai salah satu tindak pencegahan banjir. Bahkan, Anda bisa mendapat manfaat lain, yaitu pemandangan alami dari bunga-bunga tabebuya yang tampak indah ketika memasuki periode waktu mekarnya.

9. Mencegah terjadinya erosi tanah





Erosi tanah bisa menyebabkan terjadinya bencana longsor. Pasalnya, pada tanah yang gersang dan lapang tanpa pohon, hujan lebat bisa memberikan tekanan yang cukup besar langsung ke dasar tanah. Namun, jika ada pohon besar layaknya tabebuya, maka tekanan dari hujan tersebut bisa tersaring dengan baik sehingga risiko longsor menjadi lebih rendah.
Ciri Ciri Pohon Tabebuya
Sumber: static.apdnews.com
Demikian beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menanam pohon tabebuya di sekitar lingkungan tempat tinggal. Semoga informasi ini bisa menginspirasi Anda untuk ikut berkontribusi dalam upaya pencegahan pemanasan global yang kian memburuk.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Manfaat Menanam Pohon Tabebuya Bagi Lingkungan Sekitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel